Monday, February 24, 2014

Coaching, Keluar dari Lapangan Olahraga


W. Timothy Gallwey adalah orang yang berjasa membawa konsep coaching (pelatihan) ini ke luar ranah olahraga. Pria kelahiran 1938 di San Francisco, California ini menulis buku berseri The Inner Game sejak 1970. Seri bukunya meliputi The Inner Game of Tennis. The Inner Game of Golf, The Inner Game of Music (bersama Barry Green), Inner Skiing and The Inner Game of Work.

Kata “inner” merujuk pada keadaan internal pemain, atau kalau meminjam ungkapan yang dipakai Gallwey, “Lawan di  dalam kepala seseorang sendiri jauh lebih dahsyat daripada lawan yang ada di seberang net itu.” Gallwey berpendapat bahwa bila seorang coach bisa membantu seorang pemain untuk mengeluarkan atau mengurangi hambatan internal terhadap kinerja mereka, maka kemampuan alami yang tak terduga itu akan mengalir keluar tanpa memerlukan banyak masukan teknis dari coach itu.

Gallwey merumuskan esensi dari coaching, yaitu membuka potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya sendiri dan bukan mau mengajarinya. Metode coaching yang diterapkan Gallwey sederhana namun komprehensif, dan metode itu bisa diterapkan pada hampir semua bidang, bukan hanya di olahraga.

Metode coaching ala Gallwey ini mulai dipakai di dunia pengembangan sumber daya manusia, untuk membantu seseorang (atau perusahaan) mencapai prestasi tertingginya. Pada 1970-an, metode coaching mulai dikenalkan ke dalam dunia bisnis, sampai pada 1990-an coaching berkembang dalam banyak bidan dan semakin populer sampai hari ini.


Sumber :
http://intisari-online.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts