Thursday, January 2, 2014

Skill para Konsultan


Seorang konsultan selain harus tekun dengan dunia keilmuan (agar kredibel), juga harus punya pijakan yang kuat dengan dunia praktek (agar praktikal). Kombinasi dua dunia tersebut memberikan ruang yang optimal bagi para konsultan manajemen untuk terus tumbuh – baik secara intelektual ataupun profesional.

Untuk itu seorang konsultan harus mempunyai beberapa skill, diantaranya yaitu:

Analytical thinking skills
Memiliki kecakapan analytical thinking skills yang ditopang dengan bekal ilmu pengetahuan yang mendalam dalam bidangnya karena tidak jarang muncul beragam masalah dan pertanyaan yang tidak terduga saat proses konsultasi. 

Tanpa bekal kecakapan untuk membentangkan analisa yang jernih, logis dan aplicable, seorang konsultan manajemen mungkin tak akan bisa menawarkan solusi yang optimal. 

Public speaking skills 
Skill yang harus dimiliki konsultan berikutnya adalah Public speaking skills. Dalam proses konsultasi, acapkali seorang konsultan harus memberikan workshop atau mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan klien. Sehingga paparan yang diberikan akan menjadi lebih sistematis, mudah dipahami, enak didengar, tanpa melupakan sense of humor.

Menyatukan berbagai pendapat saat konsultan memberikan saran, dengan fokus untuk mencapai tujuan bersama, dan menjadi jembatan para ahli sungguh merupakan tugas menantang yang membutuhkan keterampilan komunikasi tinggi.


Sumber :
http://tipsdankabarkita.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts