Sunday, January 5, 2014

Antara Manager dan Leader


MANAGER adalah mereka yang berada di level middle management dan LEADER adalah mereka yang berada di posisi / hirarki puncak perusahaan, seperti direksi, komisaris, CEO, dlsbnya. 

Terkadang ada juga peserta pelatihan / seminar yang mengatakan MANAGER dan LEADER sama. Mari kita telaah lebih lanjut. 

MANAGER (manajer) adalah seseorang yang MENGELOLA dan MENGATUR SUMBER DAYA.Sumber daya tersebut dapat berupa uang, asset, orang, stok, metode kerja, dan waktu. 

LEADER (pemimpin) adalah orang yang menginspirasi dan memotivasi timnya untuk mencapai lebih. 

Seorang MANAGER belum tentu adalah seorang LEADER dan seorang LEADER tidak harus menduduki posisi atau jabatan tertentu. Anda adalah seorang MANAGER bisa jadi karena Anda ditunjuk / diangkat untuk menduduki posisi tersebut.

Tetapi anda menjadi seorang LEADER ketika pribadi, karakter, pengetahuan, dan keterampilan Anda dikenali dan diterima oleh mereka yang Anda pimpin. Sehingga bawahan Anda bukan lagi melakukan apa yang Anda minta hanya karena Anda adalah atasan mereka tetapi lebih kepada karena mereka menyukai dan respek terhadap Anda.

PENGARUH harus Anda peroleh lewat KEPEMIMPINAN Anda. Menurut John C. Maxwell, “KEPEMIMPINAN adalah tentang perilaku dan sikap Anda bukan titel. KEPEMIMPINAN adalah tentang PILIHAN atau KEPUTUSAN yang Anda buat bukan TEMPAT atau POSISI yang Anda miliki.” 

Orang-orang akan mengikuti LEADER yang mereka kagumi dan hormati. Demikianlah hukum alam bekerja. Untuk menjadi seorang GREAT LEADER, Anda perlu mengubah paradigma dari “Saya mau JABATAN di mana semua orang mengikuti saya” menjadi “Saya mau menjadi ORANG yang diikuti banyak orang”. 

Kebanyakan MANAGER merasa sudah berada di zona aman (take for granted), yaitu dengan posisi / jabatan yang dimiliki akan membuat bawahan mereka ‘patuh’ dan mengikuti mereka. Bisa saja bawahan ‘patuh’ dan mengikuti tapi ketika dilakukan karena terpaksa tentu tidak akan bertahan lama atau tidak akan efektif. 
Konsekuensi dari hal tersebut adalah Anda harus mengembangkan dan meng-upgrade kemampuan dir iAnda terus-menerus sehingga dapat terus menginspirasi dan memotivasi tim Anda untuk mencapai lebih. 

Sumber :
http://jamesgweesuccesscenter.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts