Thursday, October 10, 2019

Daily Plan


Coach Kiat & kiat2nya
October 08, 2019

Kebanyakan orang yang sukses dalam hidup dan bisnisnya membuat perencanaan dalam hidup maupun bisnisnya, mereka membuat life plan dan business plan secara tertulis.

Perencanaan tidak hanya berupa perencanaan jangka panjang saja tetapi perlu dibagi menjadi perencanaan bulanan, mingguan dan harian.

Tanpa perencanaan dan tindakan jangka pendek maka perencanaan jangka panjang akan menjadi dokumen dan tumpukan lembaran kertas saja.

Mendaki gunung yang tinggi harus dimulai dari selangkah yang pertama, tanpa langkah kecil yang pertama semua itu mustahil untuk dilakukan karena kita tidak bisa melompat lompat atau bahkan langsung sampai ke puncak gunung kecuali naik helikopter.

Karena itu kita perlu punya buku agenda, bisa juga buku catatan lain, selembar kertas atau catatan di handphone kita.

Kegiatan yang sifatnya sudah rutin seperti makan, mandi, berangkat ke kantor, mengantar anak ke sekolah, dll. tentu tidak perlu dicatat, hanya kegiatan penting saja yang perlu dicatat agar tidak lupa dikerjakan.

Pengalaman saya dalam banyak sesi coaching menyatakan banyak orang mau ini, mau itu, punya ide ini dan itu, cuma sebatas di pikiran dan keluar dari mulut saja tetapi ditunda-tunda dan pada akhirnya tidak pernah menjadi kenyataan.

Ide itu harganya hanya 1% sebelum menjadi kenyataan karena sisanya yang 99% perlu kerja keras untuk mewujudkannya.

Buat Anda yang baru memulai, Anda bisa membuat daily plan yang sederhana sekedar to-do-list hari ini.

Buat yang sudah terbiasa, Anda bisa membuat daily plan yang lebih detail, misalnya menambahkan rencana keuangan, rencana belajar, dll.

Tulisan ini sangat sederhana, masalahnya ialah apakah Anda mau melakukannya atau tidak.

Selamat mencoba dan berlatih.


Sumber :
https://telegra.ph/Daily-Plan-10-08

Sumber foto :
https://www.teacherspayteachers.com/Product/Daily-Planner-and-Bullet-Journal-Planner-4292342

No comments:

Post a Comment

Related Posts