Wednesday, March 26, 2014

Reputasi untuk Memajukan Karier


Mengendalikan arah karier bukanlah hal yang tidak mungkin. Yang kita perlukan adalah strategi yang cermat dan membangun reputasi. Berikut adalah tiga strategi karier yang bisa membantu kita mengontrol kemajuan karier.


1. Ambil kendali

Kebanyakan karier dibangun oleh sikap "mengiyakan". Jika mendapat panggilan kerja, Anda langsung berkata "iya." Jika atasan meminta Anda pindah ke cabang atau melakukan tugas lain, Anda juga langsung mengiyakan.

Selalu berkata "iya" tanpa mengecek apakah perubahan itu mendukung target karier bisa membuat tujuan Anda melenceng jauh. Dari pada langsung berkata "iya", tanyakan pada diri: apakah tugas baru itu akan mengasah kemampuan Anda.

Jika Anda mendapat panggilan kerja, lakukan juga penelitian mengenai job desc yang akan Anda hadapi. Dari sana, Anda bisa mengenali apakah pekerjaan ini sesuai dengan gol akhir yang ingin dicapai.


2. Miliki keahlian

Anda boleh saja menjadi orang yang serba bisa, tapi milikilah setidaknya dua keahlian khusus. Dengan memiliki spesialisasi khusus, Anda akan membangun reputasi yang kelak sangat berguna. Menjadi spesialis juga membuat Anda lebih menonjol.


3. Kelola konflik

Sulit menghindari konflik dalam hidup, termasuk dalam dunia kerja. Kita bisa saja tidak cocok atau berbeda pendapat dengan rekan kerja, atasan, atau bawahan. Tetapi yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana cara kita menangani konflik tersebut. Sikap objektif dan profesional yang bisa kita tunjukkan sangat berpengaruh pada perjalanan karier.

Sumber :
http://female.kompas.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts