Monday, February 19, 2024

Mengupas Strategi Unggul dalam Pilpres 2024

Hasil Quick Count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah dirilis. Hasilnya, pasangan nomor 02 Prabowo - Gibran unggul dengan angka cukup signifikan yaitu mencapai 58%. Sementara pasangan 01 Anies - Muhaimin mencapai 25% dan pasangan 03 Ganjar - Mahfud berada di kisaran 17%.

Hampir semua lembaga survei mempunyai angka yang mirip.


Seharusnya hal ini tidak mengkagetkan jika melihat angka-angka survey pilpres sebelum-sebelumnya.

Misalnya dari survei Indikator Politik Indonesia periode 23 November – 1 Desember 2023, Prabowo-Gibran berhasil unggul dari Ganjar-Mahfud MD maupun Anies-Muhaimin, dimana Prabowo-Gibran berhasil memperoleh total dukungan sebesar 45,8 persen. Diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 25,6 persen dan Anies-Muhaimin 22,8 persen.

Kemudian menurut hasil survei LSI, pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berhasil meraih tingkat elektabilitas tertinggi dengan angka mencapai 47,0 persen. 


Sejumlah isu yang disebut antidemokrasi tidak terlalu berpengaruh dan bukan merupakan isu penting bagi banyak orang. Hal ini hanya dibicarakan dan menjadi kegelisahan kelompok kelas menengah berpendidikan yang kritis saja. 

Namun hal tersebut tidak dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat ekonomi bawah dan kelompok berpendidikan menengah ke bawah. Itulah mengapa film dokumenter Dirty Vote tidak mampu menjegal perolehan suara Prabowo-Gibran. Film itu dibuat oleh beberapa pakar, yang seperti menghakimi dan menghukum.

Yang terjadi pada masa lalu biarlah menjadi bagian dari masa lalu. Dan banyak yang memilih bahwa hal tersebut adalah urusan masa lalu dan lebih memilih untuk melihat ke depan.

Bagi mereka bisa makan dan punya tempat tinggal layak adalah persoalan nyata yang mereka hadapi setiap hari. Hidup sehat, berkecukupan, tidak berkekurangan akan menarik perhatiannya. Isu kesejahteraan merupakan basis bagi kelompok warga saat memberikan pilihan politik. Oleh karena itu kebanyakan masyarakat cenderung menyukai kontestan pemilu yang mereka anggap bisa segera menawarkan solusi atas persoalan ekonomi sehari-hari mereka.

Mereka akan menjauhi program yang rumit termasuk program keadilan yang lebih abstrak bagi mereka.


Relawan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menerapkan strategi senyap untuk memenangkan pasangan tersebut, meski bergerak senyap, rapi, masif namun langsung ke akar rumput, yaitu dengan selalu menyampaikan program yang diusung oleh pasangan calon nomor urut 2.

Dengan langsung bergerak ke lapisan masyarakat hingga tingkat bawah untuk mendulang suara, tanpa lupa untuk tidak melakukan cabut oyot atau pedot oyot. Yang artinya adalah tidak lupa pada Jokowi, cinta sama Jokowi, dan rata-rata masyarakat senang Pak Jokowi karena terbukti.

Sehingga banyak orang yang lebih memilih pemimpin yang bisa meneruskan kebijakan Presiden Jokowi untuk memajukan Solo dan Indonesia.

Hal ini juga terbaca dari survey kepuasan terhadap Presiden.

Temuan survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan sebesar 78,5 persen responden menyatakan puas terhadap pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Mayoritas publik merasa puas, yakni sebesar 78,5 persen. Dari angka tersebut, sebesar 10,4 persen merasa sangat puas. Tingginya kepuasan publik dan terjaga tetap stabil menjadi bukti keberhasilan pembangunan dan kebijakan yang dilakukan Jokowi.

Hasil dari lembaga survey yang lain juga demikian.

Temuan survei yang dilakukan Indometer menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi selama setengah tahun terakhir terjaga di atas 80 persen. Di antaranya sebanyak 10,0 persen bahkan menyatakan sangat puas soal kinerja Jokowi. Hal ini secara tidak langsung juga berarti pasangan capres - cawapres yang paling pro-keberlanjutan yang bakal dipilih oleh rakyat.

Hanya 17,1 persen yang merasa tidak puas, termasuk 0,8 persen yang menyatakan tidak puas sama sekali, dan sisanya 0,8 persen tidak tahu/tidak jawab. 

Ditarik dua tahun ke belakang, tingkat kepuasan terhadap Jokowi tidak pernah berada di bawah angka 75 persen. Bahkan sejak survei bulan Juni 2023, tingkat kepuasan stabil dan naik tipis pada kisaran 81-82 persen. 

Publik tentu akan lebih banyak memilih pemimpin berikutnya yang lebih kuat menjanjikan keberlanjutan. 

Jika kita lihat dari tiga kandidat capres-cawapres, maka hanya Prabowo-Gibran yang mengusung keberlanjutan. Prabowo-Gibran berkomitmen meneruskan kinerja pro rakyat yang sudah digagas Presiden Jokowi, misalnya penguatan di sektor kesehatan, seperti peningkatan di program BPJS Kesehatan.

Kemudian berkomitmen untuk mengakselerasi program hilirisasi dan industrialisasi yang saat ini sudah berjalan. Dan meningkatkan kesehatan dan menekan stunting dengan cara membagikan makan siang dan susu gratis kepada para pelajar di Tanah Air.


Secara de facto paslon ini didukung oleh presiden Joko Widodo (Jokowi), meski secara de jure alias legal formal, Jokowi selalu menyatakan netralitasnya dalam pelaksanaan kontestasi Pilpres 2024. Bayang-bayang Jokowi di paslon nomor 2 itu turut berpengaruh positif secara elektoral terhadap perolehan suara Prabowo-Gibran dalam kontestasi Pilpres 2024.

Perolehan suara Prabowo-Gibran khususnya di provinsi yang menjadi lumbung suara, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah tidak lepas dari peran Joko Widodo alias Jokowi. Jokowi sangat populer di wilayah ini.

Pada akhirnya, siapa pun yang menang, mari kita jadikan kemenangan ini harus menjadi kemenangan seluruh rakyat Indonesia.


Sumber :

https://timesindonesia.co.id/politik/486633/update-quick-count-pilpres-2024-prabowogibran-capai-58

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c6p9l1y7xglo

https://www.antaranews.com/berita/3966198/relawan-prabowo-gibran-terapkan-strategi-senyap-untuk-menang-di-solo

https://www.bisnis.com/read/20231216/638/1724525/survei-indometer-potret-tingkat-kepuasan-publik-terhadap-jokowi.

https://www.antaranews.com/berita/3306659/survei-cpcs-kepuasan-publik-terhadap-jokowi-capai-785-persen

https://radarsolo.jawapos.com/nasional/843636733/narasi-keberlanjutan-sudah-klop-dengan-prabowo-gibran

https://m.bisnis.com/amp/read/20240215/15/1741101/jokowi-effect-di-balik-kemenangan-prabowo-gibran-di-pemilu-2024

https://matakita.co/2024/01/20/survei-lsi-januari-2024-prabowo-gibran-unggul-47-persen-disusul-anies-muhaimin-232-persen-dan-ganjar-mahfud-md-217-persen/

No comments:

Post a Comment

Related Posts