Thursday, December 3, 2015

Emas, Reksadana, atau Properti?

Kepikir soal tabungan #umrah? Tabungan pendidikan? Sebenarnya terkait umrah dan pendidikan, daripada pakai ini-itu, akan lebih menguntungkan kalau pakai emas. Betul sekali, emas. Walaupun dalam jangka pendek nilai emas itu naik-turun, tapi dalam jangka panjang nilainya meningkat. Selalu meningkat.

Sebenarnya, mana sih yang lebih menguntungkan? Emas, reksadana, atau properti? Nggak bisa dijawab A atau B. Tergantung sikon keuangan masing-masing. Karenanya, saya menyarankan teman-teman untuk terlebih dahulu #investlah pada ilmunya. Terutama karyawan, belajarlah ilmu investasi, agar gaji nggak tergerus inflasi.

Siang ini, saya beserta tim memberikan training tentang emas dan reksadana syariah di Pejaten, Jakarta. Training ini, begitu diumumkan, langsung full. Alhamdulillah. Banyak follower yang minta agar training sejenis diadakan lagi. Berhubung jadwal saya cukup padat sampai April 2016, perlu dipikirkan alternatif solusi buat teman-teman. Mungkin berupa DVD atau berupa yang lain.

Sejatinya, emas bukan saja dianjurkan dalam Islam. Tapi juga diajarkan dalam Kristen dan Yahudi. Mata uang dari surga, sebut Robert Kiyosaki. Tak perlu berpikir jauh-jauh sampai ke Freeport, kita mulai saja dari diri kita. Rutin setiap bulannya puluhan ribu atau ratusan ribu rupiah, invest, insya Allah lama-lama hasilnya bisa berlimpah.

--- dari Ippho Santosa

No comments:

Post a Comment

Related Posts