1.1 KONSEP DASAR ADMINISTRASI
Administrasi berasal dari kata Yunani "Ad" dan "ministrate" yang berarti pengabdian atau service atau pelayanan. Manusia ingin hidup bersama dengan membentuk suatu kelompok guna untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, hal ini yang menjadi landasan bahwa manusia adalah makhluk sosial dan tidak dapat hidup sendiri.
Selain itu, kata administrasi diambil pula dari kata "administrate" yang merupakan bahasa belanda yang artinya lebih sempit dan terbatas pada sebuah aktivitas ke-tata usahaan, yaitu kegiatan penyusunan dan pencatatan keterangan yang diperoleh secara sistematis, yang berfungsi mencatat hal-hal yang terjadi dalam organisasi sebagai bahan laporan bagi pimpinan, di dalamnya merupakan kegiatan tulis-menulis, mengirim, dan menyimpan keterangan dan dikaitkan pula dengan aktivitas administrasi perkantoran yang hanya merupakan salah satu bidang dari aktivitas administrasi sebenarnya.
Administrasi dalam arti luas mengandung 3 (tiga) unsur pokok, yaitu :
1. Kelompok Manusia
2. Kerja Sama
3. Tujuan Tertentu
Administrasi sendiri dilihat dari 2 (dua) sudut pandang yang saling melengkapi antara satu dan lainnya yaitu sebagai berikut :
1. Administrasi Sebagai Ilmu
Ilmu merupakan objek kajian administrasi sepatutnya mengikuti alur pemikiran manusia pendekatannya dilakukan secara radikal, menyeluruh, rasional dan objektif, dan ada beberapa alasan yang melatar belakangi fungsi administrasi disebut sebagai ilmu dan sekarang dikenal menjadi disiplin ilmu pengetahuan yang mandiri. Sebagai disiplin ilmu artinya :
a. Memiliki objek material yaitu manusia sebagai sosok yang dibahas dalam pokok masalah tersebut.
b. Administrasi dapat diterima secara universal diseluruh dunia. Walaupun kemudian dilihat dari corak berpikir masih terdapat kutub yang masih bertolak belakang.
c. Memiliki sistematika yang khas artinya setiap sistem administrasi di setiap negara tidak sama dengan sistem adminsitrasi di negara lain.
d. Administrasi dapat dipelajari dan diajarkan.
2. Adminsitrasi Sebagai Pekerjaan
Selain sebagai ilmu, administrasi juga sebagai pekerjaan yang harus diselesaikan secara tuntas dan memuaskan pembagian kerja dalam berbagai macam karakteristik manusia yang berbed aantara satu dan lainnya. Pola administrasi dimaknai sebagai pola pemikiran dan rangkaian kegiatan untuk pencapaian hasil tertentu dikerjakan dengan profesional sesuai dengan tuntutan kegiatan yang dilakukan.
1.2 RUANG LINGKUP ADMINISTRASI
Menurut Rahmat dalam buku "Filsafat Administrasi" (2013:66), mengemukakan bahwa:
Secara umum ruang lingkup administrasi meliputi bidang kegiatan berikut :
1. Manajemen Administratif (Administrative Management)
Bidang kegiatan ini disebut juga management of administrative function, yaitu kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi atau kelompok kerjasama mengerjakan hal-hal yang tepat susuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
2. Management Operatif (Operative Management)
Bidang kegiatan ini disebut juga management of operative function, yaitu kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan dan membina agar pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing, dilaksanakan dengan tepat dan benar.
1.3 UNSUR-UNSUR ADMINSITRASI
Dalam prosesnya, administrasi memiliki unsur-unsur yang saling terikat antara satu sama lain meliputi sebagai berikut:
1. Organisasi
Yaitu wadah bagi segenap kegiatan usaha kerja sama.
2. Manajemen
Yaitu kegiatan menggerakkan sekelompok orang dan mengarahkan fasilitas kerja.
Hubungan ini meliputi:
a. Perencanaan
b. Pembuatan Keputusan
c. Pembimbingan
d. Pengorganisasian
e. Pengawasan (kontrol)
f. Penyempurnaan dan perbaikan tata struktur dan tata kerja
3. Komunikasi
Yaitu pencapaian berita dan pemindahan pikiran seseorang kepada yang lainnya dalam rangka terwujudnya kerjasama.
4. Kepegawaian
Yaitu pengaturan dan pengurusan pegawai atau karyawan yang diperlukan.
5. Keuangan
Yaitu pengelolaan segi-segi pembiayaan dan pertanggung jawaban keuangan.
6. Perbekalan
yaitu perencanaan, pengadaan, pengaturan pemakaian barang-barang keperluan kerja.
7. Tata Usaha
Yaitu penghimpunan, pencatatan, pengolahan, pengiriman, dan penyimpanan berbagai keterangan yang diperlukan.
8. Hubungan Masyarakat
Yaitu perwujudan hubungan yang baik dan dukungan dari lingkungan masyarakat terhadap usaha kerja sama.
Sumber :
Siswandi, S.E., M.M. 2017.Administrasi Logistik & Gudang. Jakarta: Penerbit.
https://e5tudy.blogspot.com/2019/04/administrasi-umum-logistik.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Pernah mendengar ungkapan, "Today is the first day of the rest of your life"? Ya, gunakan kesempatan ini untuk mengusung karier...
-
Membentuk masyarakat yang sadar terhadap perubahan iklim, berarti akan memahami pentingnya menjaga wilayah laut dan pesisir. Hal itu akan te...
-
Jadi Korban Gosip di Kantor? Ini 6 Cara Menghadapinya Percaya atau enggak, gosip kantor menciptakan lingkungan yang enggak sehat bagi karyaw...
-
Hasil survei pada situs ECC UGM menunjukkan 55,4% pencari kerja fresh graduate memiliki ekspektasi gaji di atas Rp 5 juta jika bekerja di...
-
Konsultan bekerja tidak sendirian untuk itu konsultan harus bekerja bagus dalam tim. Proses brainstorming juga jelas melibatkan peer kita...
Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
ReplyDeletedimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802