Wednesday, September 5, 2018
Menyusun Strategi Pemasaran
Bagaimana Menyusun Strategi pemasaran?
Apakah Anda sedang belajar menulis/menyusun strategi pemasaran? Bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang cerdas untuk semua fase pertumbuhan.
Ikuti langkah-langkah berikut dalam menuliskan strategi pemasaran untuk memposisikan bisnis Anda menuju kesuksesan.
Mengidentifikasi dan mempelajari lebih lanjut tentang audiens yang menjadi target Anda.
Tugaskan tim marketing Anda untuk menuliskan rincian tentang target audiens Anda secara detail untuk menentukan kebutuhan mereka, dan jika mereka membeli produk atau jasa Anda, apa alas an mereka apakah karena emosional atau fungsional.
Tentukan apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana produk atau jasa Anda.
Dapatkan gambaran yang jelas tentang mengapa target pelanggan membeli produk Anda. Jika Anda tidak memiliki data pelanggan, lakukan riset dalam persaingan industry anda untuk membuat kesimpulan.
Lihatlah pesaing Anda.
Cari tahu apa keunikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Lakukanlah riset ke target audiens dan industry untuk mendapatkan sebuah pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan masalah mereka.
Kembangkan Unique Selling Proposition Anda.
Buatlah daftar lengkap dari manfaat produk atau layanan yang akan Anda tawarkan. Kemudian tentukan elemen yang membuat bisnis Anda unik. Carilah atau buat perbedaan yang menarik dari daftar ini yang akan membedakan penawaran Anda dari pesaing dalam pikiran audiens target Anda. Misalnya, misalnya anda memiliki barang langka, lebih banyak pilihan, kualitas yang lebih tinggi, atau perputaran yang cepat.
Pertimbangkan metode pemasaran yang potensial.
Ada banyak cara untuk memasarkan bisnis Anda, baik yang gratis ada juga yang berbayar. Masukkan semua cara yang mungkin dari pemasaran. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan siaran pers, iklan baris, radio, artikel pemasaran, blogging, billboard, dan alat pemasaran lainnya.
Pilih satu atau lebih metode pemasaran berdasarkan efektivitas dan anggaran Anda.
Beberapa cara pemasaran akan lebih sesuai dengan bisnis Anda tergantung dengan produk atau layanan dan Anggaran Anda.
Tuliskan ringkasan strategi pemasaran dalam beberapa kalimat dengan menggunakan riset pemasaran Anda dan secara jelas menjawab pertanyaan siapa, apa, mengapa, di mana, dan bagaimana dalam beberapa alinea.
Jalankan strategi pemasaran Anda dengan komunikasi dan tujuan yang jelas.
Lacak dan ujilah efektivitas kampanye pemasaran Anda untuk dapat meningkatkan atau menghentikan kampanye berdasarkan kinerja. Jika diperlukan, Anda bias merevisi strategi pemasaran Anda sesekali atau sesuai kebutuhan.
Sangatlah penting memahami target audiens Anda secara keseluruhan. Juga sangat penting untuk melacak semua kampanye pemasaran Anda untuk efektivitas.
Anda harus dapat mengoptimalkan semua iklan dengan kinerja maksimal di lokasi terbaik. Bersikaplah realistis terhadap strategi pemasaran Anda dengan mempertimbangkan tujuan bisnis, dan sumber daya Anda.
Sumber :
https://marketing.co.id/bagaimana-menyusun-strategi-pemasaran/
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Sebagai perusahaan rintisan yang menjadi cikal bakal perusahaan besar sebuah startup tentu akan melewati beberapa fase perkembangan, dimulai...
-
Dalam pemasaran, sebuah produk tidak hanya sekadar barang atau jasa yang dijual, tetapi memiliki nilai yang lebih dalam bagi pelanggan. Kons...
-
Teknik Motivasi Douglas McGregor: Teori X, Y, dan Z Teori X dan Teori Y adalah teori motivasi manusia diciptakan dan dikembangkan oleh ...
-
Di era yang serba cepat dan tidak menentu, pemimpin menghadapi tantangan besar dalam mengelola organisasi. Konsep VUCA (Volatility, Uncerta...
-
Marcus BuckinghamAshley Goodall April 2015 Issue At Deloitte we’re redesigning our performance management system. This may not surprise y...
No comments:
Post a Comment