Monday, August 26, 2019

Fokuslah Mencari Jawaban yang Mensolusikan

Saya bukan pengusaha yang paling sukses.

Saya bukan entrpreneur yang paling senior.

Tapi, selama ini orang-orang sering bertanya sama saya soal bisnis. Konsultasi. Saya pun berusaha menjawabnya. Alhamdulillah banyak yang merasa terbantu. Dan inilah yang saya lakukan selama 10 tahun terakhir.

Seperti biasa, saya selalu ngomong blak-blakan dan to the point. Saran dan solusi dari saya kadang pahit. Tapi insya Allah mensolusikan. Cuma, sebagian orang nggak mau jawaban yang mensolusikan. Mereka lebih suka jawaban yang menghibur.

Sebenarnya itu nggak seberapa.

Terhadap partner-partner, jujur saja, saya lebih saklek lagi. Right to the point. Yang nurut, yang manut, alhamdulillah banyak yang melesat pertumbuhan bisnisnya. Biasanya begitu. Saya bisa tunjukkan bukti-buktinya.

Terlepas dari itu, saya pun bersyukur belakangan ini semakin banyak orang yang berminat untuk ber-partner dengan saya, alhamdulillah. Karena keterbatasan yang saya miliki, kesempatan ber-partner ini saya buka jarang-jarang. Yang terdekat adalah Kamis ini.

Yang minat, silakan ya.

Adapun teman-teman yang sudah punya bisnis dan sudah punya mentor (pembimbing), abaikan saja kesempatan ber-partner ini. Fokus saja pada bisnis Anda. Lalu kita saling mendoakan saja. Boleh?

Terakhir, sekiranya kita ada masalah, fokuslah mencari jawaban yang mensolusikan. Bukan jawaban yang menghibur. Karena kita semua berharap jalan keluar dan kenyamaan untuk jangka panjang kan? Bukan sesaat.

Apapun bisnis dan kesibukan teman-teman, mudah-mudahan berkah berlimpah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts