Thursday, August 15, 2019

Jangan Sekedar Berbisnis

Mungkin teman-teman sudah tahu bahwa salah satu bisnis saya adalah supplement. Tapi yang saya banggakan kali ini adalah distributor-distributornya, bukan produknya. Mereka ini adalah partner-partner saya.

Kenapa saya bangga sama mereka? Begini. Mereka ini sebenarnya adalah pesaing satu sama lain. Tapi hebatnya, mereka tidak pernah berpikir begitu. Sebaliknya, mereka malah saling bantu dan saling mendoakan, layaknya sahabat bahkan saudara. Inilah ekosistem yang terbangun selama ini.

Di mana-mana saya selalu bilang, "Bisnis yang masif manfaatnya dan positif ekosistemnya, layak diperjuangkan." Walaupun bisnis itu sesekali rugi, pertahankan. Ya, pertahankan. Apalagi kalau ternyata bisnis tersebut untung dan potensinya besar. Harus benar-benar dipertahankan serta diperjuangkan.

Saran saya, jangan sekedar berbisnis. Soal halal, itu sih sudah standar. Sebagai tambahan, cari bisnis yang ekosistemnya positif. Di mana lingkungan dalam bisnis itu membuat kita tambah dekat sama keluarga, tambah dekat sama agama, dan tambah peka terhadap sesama.

Indah tho? Sangat indah insya Allah.

Bisnis yang hanya bicara soal rupiah adalah bisnis yang murah, bahkan murahan. Kita orang beriman harus berpikir lebih daripada itu. Ada keberkahan. Ada ekosistem yang positif. Ada manfaat yang masif. Kalau sudah begini, insya Allah bisnisnya akan 'menjaga' kita. Selamat dunia akhirat.

Dalam perjalanan menuju Kuala Lumpur, saya sempat merenung, "Hidup adalah pilihan." _Maka, selagi bisa memilih, pilih bisnis yang bisa 'menjaga kita'._ Kalau belum dapat, yah cari. Proaktif. Jangan diam begitu saja. Siap? Semoga ujung-ujungnya hidup kita berkah berlimpah. Saya, Ippho Santosa, turut mendoakan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts