Thursday, January 22, 2015

Tips Menyelesaikan Skripsi

Tips Sukses Menyelesaikan Tugas Kuliah Tepat Waktu


Dalam perkuliahan, tak jarang mahasiswa dibuat pusing oleh menumpuknya tugas-tugas kuliah yang tidak sedikit, dan sayangnya juga tidak mudah diselesaikan.

Terlebih jika beberapa tugas tersebut memiliki deadline atau batas akhir pengumpulan tugas yang cukup cepat.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa dalam menyelesaikannya, karena tugas yang tidak dapat diselesaikan hingga batas akhir dapat berakibat fatal: dianggap tidak mengumpulkan dan siap-siap saja menghadapi ketidaklulusan mata kuliah dan harus mengulangnya di semester depan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tugas kuliah dapat diselesaikan tepat waktu, yaitu sebelum batas akhir pengumpulan.

Mulai dari yang Sulit
Ada beberapa yang mengatakan kita harus memulainya dari yang mudah. Namun, sebenarnya Anda perlu menyelesaikan yang sulit terlebih dahulu. Tentu hal ini perlu diimbangi dengan pemahaman akan beberapa tugas lainnya sehingga Anda dapat mempertimbangkan dengan baik yang mana yang ingin Anda selesaikan duluan. Sebaiknya mulai dari tugas yang sulit karena membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikannya.

Atur Waktu
Cara kedua adalah dengan mengatur waktu mengerjakan dengan baik sehingga tidak ada tugas yang tertinggal atau harus dikerjakan tergesa-gesa dan tidak efektif. Anda dapat membuat jadwal berupa jumlah tugas, jenis tugas serta jadwal pengerjaan yang dapat Anda atur sesuai dengan jadwal aktivitas Anda.

Tema dan Objek yang Sama
Terkadang ada beberapa tugas yang tidak terlalu jauh berbeda dan Anda dapat mengerjakan semuanya dengan menggunaan obyek yang sama. Misalnya Anda diminta untuk meneliti suatu objek wisata, siapa tahu objek tersebut juga dapat digunakan untuk tugas lainnya, sehingga Anda tidak perlu beberapa kali melakukan pengamatan langsung bukan? Hal ini juga berlaku untuk tema yang mungkin dapat Anda gunakan untuk beberapa bahasan tugas.

Kerja Kelompok
Meskipun beberapa orang ada yang lebih memilih untuk mengerjakan tugas sendiri, mungkin Anda dapat mempertimbangkan mengerjakan tugas secara berkelompok. Hal ini dapat membuat Anda terbantu akan beberapa pembahasan yang sulit dan juga dapat membandingkan pekerjaan Anda dengan teman lainnya, jika ada beberapa hal yang masih kurang atau salah.

Selesaikan Sebelum Deadline
Beberapa mahasiswa sering menganggap bahwa batas waktu pengumpulan tugas yang terakhir adalah waktu untuk mengumpulkan tugas. Sebenarnya akan lebih baik lagi jika Anda mampu mengumpukan tugas tersebut beberapa hari sebelum batas akhir pengumpulan tugas, karena selain memacu Anda untuk mengerjakannya dengan cepat, juga dapat membuat Anda tidak tergesa-gesa dan tertekan menyelesaikan Hal ini juga untuk menghindari Anda jika ada kesalahan dalam mengerjakan tugas yang baru Anda sadari setelah tugas tersebut selesai dikerjakan.

Buatlah planing masa studi 
Ketika kuliah bisanya hanya mengalir begitu saja tanpa adanya planing yang jelas waktu kelulusan yang dharapakan. Walaupun hal ini kelihatannya sepele namun penting karena dengan memiliki planing yang jelas maka planing itulah yang akan mengarahkan studi kita. Buatlah planing ini seawal mungkin agar lebih mudah untuk mencapainya.

Rencanakan tugas akhir sejak awal 
Ketika masuk perguruan tinggi mestinya sudah ada bayangan apa yang akan didalami dalam jurusan tersebut. Ketika sudah memiliki gambaran bidang yang akan didalami maka segeralah mencari masalah yang terkait dalam bidang tersebut. Sehingga masalah itu nantinya dapat dipecahkan dengan melakukan penelitian  saat penyusunan tugas akhir.

Jangan takut mengajukan proposal 
Sebelum membuat tugas akhir biasanya didahului untuk menyusun proposal rancangan penelitian. Disinilah awal perjuangan panjang dimulai, pada saat pengajuan proposal usahakan judul sudah matang termasuk rancangan penelitian yang akan dilaksanakan. Jangan takut jika ditolak dosen, justru itu jadikan pijakan untuk terus melangkah.

Fokuskan pengerjaan 
Saat pengerjaan inilaha biasanya terbengkelai karena berbagai alasan, ketika pengerjaan tugas akhir tidak fokus maka akan berpengaruh pada pengembangan konsep awal penelitian. Sesibuk apapun usahakan tugas akhir tersebut tetap ber jalan walaupun sedikit demi sedikit.

Jangan takut dengan dosen 
Saat pengerjaan tugas akhir biasanya dipandu oleh beberapa dosen pembimbing. Yang sering dialami adalah takut pada dosen pembimbing karena sering dikritik mengenai tugas akhirnya. Hal ini jangan menjadika putus asa justru jadikan kritikan itu sebagai semangat untuk bisa menyusun tugas akhir dengan sebaik-baiknya. Jadikan dosen pembimbing sebagai tempat untuk berkonsultasi dan berdiskusi mengenai penelitian tersebut. Konsultasikan jika mengalami kesulitan Ketika mengalami kesulitan saat penelitian atau pengerjaan tugas akhir segeralah berkonsultasi dengan dosen pembimbing atau dosen lain yang faham mengenai masalah tersebut agar mendapatkan jalan keluarnya dan tidak berlarut-larut. Karena semakin berlarut-larut akan semakin menyita waktu pengerjaan tugas akhir tersebut.

Buang jauh-jauh rasa malas 
Rasa malas adalah kendala terbesar saat penyusunan tugas akhir, karena rasa malas inilah banyak mahasiswa yang hancur didunia perkuliahan. Buang jauh-jauh rasa itu, karena tugas akhir tidak akan dapat selesai hanya dengan bermalsa-malasan

Sumber :
http://www.teruskan.com
http://pinterdw.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts