Thursday, January 22, 2015

Tips Kuliah Semester Akhir


6 Tips Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kita merupakan keinginan kita, tetapi pada kenyataannya banyak orang yang bekerja bukan pada bidang yang mereka sukai.

Lulus kuliah adalah saat yang membahagiakan untuk kita dan orang tua. Lulus kuliah juga sebagai tahap awal untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. Dalam hal ini kita masih harus berjuang lagi untuk dapat bersaing di dunia kerja. Di Indonesia, mencari pekerjaan bukan hal yang mudah, karena ketidakseimbangan antara lapangan kerja dan pelamar kerja membuat mencari pekerjaan sesuai bidang kita akan terasa sulit. Oleh karena itu, sejak awal kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang ketat di luar sana. Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kita merupakan keinginan kita, tetapi pada kenyataannya banyak orang yang bekerja bukan pada bidang yang mereka sukai. Berikut adalah cara-cara cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah.

1. Hubungan yang luas mempermudah mendapat informasi pekerjaan

Perbanyak relasi Anda dan jalin hubungan yang baik dengan teman Anda, terutama dengan teman yang sudah bekerja. Semakin banyak hubungan Anda semakin banyak pula informasi yang Anda dapatkan.

2. Saat kuliah gunakan waktu magang atau praktek dengan sebaik mungkin

Waktu magang adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang telah kita peroleh. Gunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin untuk menarik perhatian dari pemilik perusahaan agar mau merekrut kita menjadi pegawainya. Banyak perusahaan melakukan perekrutan pegawai dengan cara seperti ini karena dinilai lebih efektif daripada menerima pegawai melalui surat lamaran kerjanya.

3. Mengikuti Job Fair dan menyebarkan surat lamaran kerja

Job Fair merupakan salah satu acara besar untuk memberikan informasi lapangan kerja bagi pencari kerja. Dalam acara ini, banyak perusahaan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kemauan Anda. Selain untuk memperoleh pekerjaan, Job Fair juga dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan dan kabar terbaru dari bidang yang Anda geluti sekarang.

4. Asah terus skills yang Anda miliki

Memiliki skills yang cukup terlatih sangat bermanfaat untuk kita saat mencari pekerjaan. Perusahaan akan mempertimbangkan untuk mempekerjakan Anda karena Anda memiliki skills tersebut. Latih terus skills Anda saat masih kuliah atau sekarang, seperti kemampuan menggunakan komputer, bahasa asing, berkomunikasi dengan baik, dan lain sebagainya, yang dapat mendukung pekerjaan Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.

5. Coba semua peluang kerja, jangan terlalu memilih

Jangan terlalu terpaku pada perusahaan besar dengan bayaran yang tinggi. Cobalah kesempatan yang ada. Bagaimanapun juga Anda masih perlu belajar lagi untuk memahami dunia kerja.

6. Jangan malu untuk bertanya info lowongan kepada teman atau saudara

Memiliki hubungan yang luas sangatlah berguna, tetapi kalau Anda malu untuk bertanya sama saja tidak ada gunanya. Orang lain tidak akan tahu permasalahan kita jika kita tidak mau untuk bercerita. Coba beranikan diri Anda dan jangan malu untuk mengakui bahwa Anda masih menganggur.


Sumber :
http://keluarga.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts