3 Hal Penting yang Perlu Diingat Saat Berbisnis "Online"
Modal kecil dan waktu yang sedikit tak menghalangi wanita untuk dapat berbisnis menambah penghasilan. Media sosial seperti Instagram, saat ini dapat menjadi salah satu pilihan yang membantu lancarnya jalan bisnis sampingan Anda. Pasalnya, media yang mengedepankan sisi visual ini sekarang menjadi yang paling efektif serta efisien untuk menjajakan sebuah produk. Namun, tak dapat dipungkiri, dengan menjamurnya online store di media sosial, kompetisi usaha kian meningkat pula. Selain harga tentunya ada beberapa strategi lain yang perlu dilakukan agar sebuah online store dapat terus diminati dan ramai konsumen.
Windy Riswatyo, seorang wanita karier sekaligus founder dari bisnis scarf yang dipasarkan lewat Instagram, Choronicles Indonesia, dalam talkshow "Momspreneur by Astra Life" yang diselenggarakan oleh blibli.com di Grand Indonesia (23/5/2015), mengungkapkan adanya beberapa hal penting yang patut diperhatikan untuk memulai sebuah usaha online. Berikut uraiannya:
1. "Cara paling mudah pertama kali, adalah memastikan kalau visualnya bagus dengan estetika yang menarik," ujar Windy. Penataan, pencahayaan, sudut, komposisi warna, termasuk logo menjadi hal penting saat menjajakan produk di media sosial seperti Instagram. Windy juga menambahkan, bahwa sangat penting foto yang diunggah tidak jauh berbeda seperti produk aslinya.
2. Yang tak kalah penting menurut Windy adalah bahasa yang digunakan. "Bahasa yang baik penting agar brand yang dipasarkan terlihat profesional," ujarnya. Lebih lanjutnya, sarana promosi dengan spamming atau berkomentar promosi pada akun yang memiliki banyak followers, sebenarnya malah menurunkan pamor brand.
Windy menyarankan, ada baiknya promosi dilakukan dengan cara endorsement ketimbang spamming. "Tip berikutnya adalah originalitas. Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh para kompetitor, karena konsumen saat ini sangat pintar, hingga akhirnya terjadi perbandingan dan yang menonjolkan sisi originalitas-lah yang diminati" ujar Windy.
3. Sarana promosi yang menurut Windy sangat efektif adalah dengan menggunakan hashtag atau tanda tagar yang spesifik. "Semakin spesifik hashtag makan akan membuat foto produk kita terus berada di atas dan memudahkan siapapun untuk mencarinya," ujar Windy yang produk scarf-nya banyak dikenakan oleh selebriti papan atas.
Sumber :
http://female.kompas.com/read/2015/05/26/140000020/3.Hal.Penting.yang.Perlu.Diingat.Saat.Berbisnis.Online.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Suhu Bumi Selama Setahun Terakhir 1,64 Derajat Celsius Lebih Panas: Tanda Bahaya Perubahan Iklim? Selama setahun terakhir, suhu Bumi telah m...
-
Teknik Motivasi Douglas McGregor: Teori X, Y, dan Z Teori X dan Teori Y adalah teori motivasi manusia diciptakan dan dikembangkan oleh ...
-
Film Avatar, Perubahan Iklim, dan Gerakan Biru: Menyelamatkan Laut dari Krisis Lingkungan Film Avatar karya James Cameron tidak hanya menar...
-
Istri saya hamil anak ketiga, alhamdulillah. Sepertinya perempuan. Kami pun berusaha menyiapkan nama untuknya. Inisialnya M. Apa itu? Ntar d...
-
15 Rules of Negotiation by Peter Barron Stark Negotiation is a process that can be learned. By following the 15 rules outlined here...
No comments:
Post a Comment