Sunday, May 24, 2015

Tips Memotivasi Karyawan

Agar Lebih Semangat Kerja

Pada dasarnya, banyak hal yang bisa buat karyawan merasa malas dan tidak termotivasi untuk bekerja lebih giat. Hal tersebut bisa saja karena lingkungan kerja, gaji yang tidak sepadan dengan pekerjaan yang dikerjakan ataupun karena merasa pekerjaannya tidak pernah mendapat apresiasi yang baik dari atasan tempat bekerjanya.

Karena pekerjaan yang sama setiap hari, hal ini juga bisa membuat karyawan merasa bosan dan tidak semangat lagi dalam bekerja. Ketika pekerjaan tampak sepele, tidak jarang pula karyawan bermalas-malasan. Jika hal ini terus terjadi, perkembangan perusahaan tidak bisa dilakukan dengan cepat atau sesuai target yang diharapkan.

Lalu bagaimana untuk memotivasi para karyawan agar bekerja lebih giat? Dilansir dari laman wikihow.com, inilah yang perlu dilakukan oleh atasan terhadap karyawan agar mereka lebih giat dan termotivasi dalam bekerja serta memajukan perusahaan.

Gaji Insentif/ Bonus
Inilah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Dengan adanya insentif atau uang bonus karena karyawan telah bekerja secara baik, hal ini bisa mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik. Adanya dana insentif bagi karyawan, secara langsung maupun tidak langsung akan mendorong semangat kerja dan mereka pun berlomba memberikan yang terbaik untuk perusahaan dimana mereka bekerja.

Hubungan Sosial
Meskipun Anda berperan sebagai atasan, pastikan untuk berbaur dengan karyawan dan jalin hubungan sosial yang baik dengan mereka. Hubungan sosial yang baik di lingkungan kerja bisa menjadi motivasi dan semangat bagi semua pekerja di kantor ataupun sebuah perusahaan.

Beri Arahan
Arahkan karyawan ketika mereka menemukan kesulitan. Jelaskan dengan baik apa visi, misi dan tujuan kantor atau perusahaan. Beri tahu apa saja yang harus dilakukan karyawan agar tempat kerja bisa berkembang dengan baik. Pastikan untuk menjalin kerja sama yang baik dengan karyawan. Tapi ingat, meskipun Anda telah menjalin hubungan sosial yang baik dengan karyawan, pastikan bahwa mereka juga menghormati Anda sebagai atasannya.

Lingkungan
Pastikan lingkungan kerja untuk karyawan nyaman, bersih dan aman. Buat suasana tempat kerja karyawan menyenangkan dan menenangkan bagi mereka saat bekerja. Tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan bisa bantu karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Libatkan Karyawan Dalam Pengambilan Keputusan
Ketika Anda ingin sebuah perusahaan maju dan terus berkembang, usahakan untuk melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan untuk proyek tertentu. Selain bisa buat karyawan merasa dihargai dan mendorong motivasinya untuk bekerja, hal ini juga bisa mempermudah perusahaan mencapai kesuksesan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memotivasi karyawan agar ia lebih giat dalam bekerja. Selain hal tersebut, mengajak karyawan memunculkan ide-idenya dalam mengembangkan perusahaan nampaknya juga bisa mendorong karyawan lebih semangat bekerja. :)


Sumber :
http://www.vemale.com/relationship/karier/80167-tips-memotivasi-karyawan-agar-lebih-semangat-kerja.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts