Sunday, January 2, 2022

Zillennials - Generasi Mikro

Zillennials - Generasi Mikro yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Percaya atau tidak, terjebak di antara dua generasi pembangkit tenaga listrik dapat menyebabkan krisis identitas yang besar.

Apakah Anda lahir di pertengahan hingga akhir 90-an? Apakah 9/11 salah satu kenangan terawal Anda? Apakah Anda memiliki masa kanak-kanak analog dan remaja digital dan dewasa awal? Apakah Anda tumbuh dengan bermain dengan boneka Tamagotchi, Gameboys, dan Bratz? Apakah Anda merasa terlalu muda untuk menjadi Milenial tetapi terlalu tua untuk menjadi Gen Z'er? Kalau begitu selamat, Anda seorang Zillennial! Artinya Anda tidak sepenuhnya satu atau yang lain, Anda adalah campuran keduanya. Bersiaplah untuk menjalani sisa hidup Anda dengan kasus serius sindrom anak tengah generasi.

Generasi mikro bukanlah konsep baru. Mereka sudah ada sejak pertengahan abad ke-20. Yang tidak mengherankan karena saat itulah teknologi benar-benar mulai berkembang dan menyebar ke seluruh dunia, dimulai dengan televisi menjadi barang rumah tangga pokok pada tahun 1955. 

Generasi Jones (Baby Boomer dan cusper Gen X yang lahir kira-kira antara 1955-1964) adalah mikro- generasi yang telah dipelajari dengan benar dan diakui oleh para ahli penelitian. Mereka terlalu muda untuk menghadiri Woodstock dan berpartisipasi dalam Beatlemania, tetapi terlalu tua untuk menentukan masa remajanya oleh film MTV dan John Hughes.

Xennials (Gen X dan Millennial cuspers yang lahir antara 1977–1983) adalah generasi mikro berikutnya yang masa kecilnya juga dibentuk oleh teknologi. Mereka dijuluki "Generasi Jejak Oregon" dan mereka adalah kelompok orang pertama yang tumbuh dengan komputer dan internet. Mereka tidak mendapatkan ponsel atau mulai menggunakan media sosial sampai usia 20-an. Dan merekalah yang paling terpengaruh oleh resesi. Dunia berubah secara dramatis selama tahun-tahun pembentukan mereka, yang pada akhirnya membuat mereka memiliki pandangan hidup yang menarik. Xennial tidak memiliki pola pikir sinis dan nihilistik yang sama dengan pendahulunya Gen X, tetapi mereka juga tidak seoptimis dan berharap seperti Milenial.

Zillennial (lahir antara 1993–1998) mungkin adalah generasi yang paling diremehkan dalam beberapa dekade terakhir. Karena identitas kita baru saja terbentuk, banyak orang masih belum menyadari keberadaan kita. Dilahirkan pada tahun 1997, saya sering mengalami kesulitan untuk mencari tahu generasi mana yang harus diidentifikasi sebelum saya mengetahui apa itu Zillennial.

Bayi-bayi pertengahan hingga akhir 90-an menyaksikan orang-orang melompat ke kematian mereka dari dua gedung pencakar langit yang runtuh di TV langsung ketika kami masih balita dan anak-anak kecil. Kami menyaksikan tanpa daya ketika orang tua kami stres karena kehilangan pekerjaan, sementara pada saat yang sama menyaksikan pelantikan Obama dengan harapan di mata kami ketika kami masih di sekolah menengah. Guru saya terkadang meminta kami untuk berbagi cerita dan kenangan tentang bagaimana kehidupan kami dipengaruhi oleh semua ini. Sementara itu, anak-anak dan remaja saat ini sedang belajar tentang 9/11, resesi dan pemilihan presiden kulit hitam pertama sebagai peristiwa sejarah dalam buku teks, daripada hal-hal yang sebenarnya mereka saksikan secara hidup. Sejujurnya, saya masih kesulitan membungkus kepala saya dengan itu.

Kami yang menghabiskan tahun-tahun sekolah dasar dan menengah di awal tahun 2000-an adalah kelompok orang terakhir yang tumbuh dengan teknologi analog. Kami menjalani masa kecil kami dalam masa transisi. Saya ingat ketika New York City memiliki telepon umum di setiap blok. Saya mengonsumsi film favorit saya dalam kaset DVD dan VHS. Saya mendengarkan CD di Discmans dan boombox. Saya harus memasang kabel ethernet ke laptop saya untuk mengakses internet. Saya ingat kelahiran Youtube dan bagaimana saya hampir memberikan beberapa virus pada desktop sepupu saya setelah mengunduh musik dari Limewire secara ilegal. Sampai usia 11 tahun, saya berbicara dengan teman saya melalui telepon rumah dan ibu saya selalu mengatakan kepada saya bahwa saya harus menunggu sampai setelah jam 9 malam untuk melakukannya karena saat itulah kami memiliki waktu luang. Ponsel pertama saya adalah Motorola Rizr merah (jangan disamakan dengan Motorola Razr merah muda ikonik yang diinginkan setiap gadis pada masa itu) dan SMS di keyboard T9 membuat ibu jari saya sakit.

Kami makan snack tahun 90an seperti Dunkaroos dan Lunchables, tapi kami juga makan snack awal tahun 2000an seperti Yogo's dan Gushers. Menghancurkan pergelangan kaki kami oleh skuter Heelys dan Razor di taman bermain itu normal. Wii dianggap sebagai teknologi mutakhir ketika dirilis dan jika Anda memilikinya, Anda adalah anak paling keren di sekolah. Zillennials menunggu untuk mengantisipasi setiap film "Harry Potter" yang akan dirilis. Pergi ke bioskop untuk melihat "Star Wars: Revenge of the Sith" dan "The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe" adalah salah satu tonggak budaya pop terbesar bagi kami pada saat itu. Untuk melengkapi semua ini, kami tumbuh selama apa yang sebagian besar dari kami anggap sebagai masa keemasan televisi anak-anak. Disney Channel, Nickelodeon dan Cartoon Network berada di puncaknya. Sepulang dari sekolah dan menonton "Hannah Montana", "The Suite Life of Zack & Cody", "H2O: Just Add Water", "Jimmy Neutron", "Teen Titans" dan "Total Drama Island" (di antara banyak lainnya) adalah aktivitas favorit saya. Saya yakin saya tidak sendirian dalam mengatakan bahwa pertunjukan itu menjadikan saya seperti sekarang ini.

Pada saat kami mencapai sekolah menengah, populasi umum sudah memiliki smartphone dan wifi. Akun kami di Facebook, Tumblr, dan Instagram sudah disiapkan, kami menghabiskan waktu luang kami saling mengirim versi meme paling awal (yang dianggap kuno sekarang) dan Vine (RIP) adalah sumber hiburan cepat terbesar kami. "Twilight" dan "The Hunger Games" berada di puncak popularitas mereka, sebagian besar dari kita sedang melalui fase emo, barang curian atau kumis (jika ya tahu, ya tahu) dan MTV telah sepenuhnya beralih ke acara realitas penyiaran daripada musik video. Justin Bieber dan One Direction adalah bintang pop terbesar di planet ini, tarian gila seperti Gangnam Style dan Dougie sangat populer dan semua orang sangat ingin menjadi tuan rumah atau menghadiri pesta "Proyek X". Itu adalah era yang sangat kacau dan menakutkan untuk masuk ke sekolah menengah, tetapi saya tidak akan menukarnya dengan apa pun.

Saya tidak nyaman dicap sebagai Milenial karena saya benci roti bakar alpukat, saya tidak pernah mengerti hype "Teman", saya belum cukup umur untuk takut dunia berakhiran Y2K dan saya tidak akan pernah menggunakan kata "dewasa" dengan cara yang tidak ironis. Tetapi pada saat yang sama, saya juga tidak nyaman diberi label sebagai Gen Z'er. Saya tidak keluar rahim dengan iPhone dan iPad di tangan, saya masih teringat lagu Ke $ ha ketika mendengar kata “TikTok”, saya cukup beruntung bisa lulus SMA sebelum pemerintahan Trump dan berusaha mengikutinya Dengan tren media sosial saat ini membuat saya merasa seperti seorang nenek.

Setelah melakukan penelitian ekstensif tentang semua hal kehidupan Zillennial (yang terdiri dari menemukan meme paket perdana dan subreddit yang penuh dengan orang-orang seperti saya yang sangat ingin mendiskusikan momen budaya pop legendaris yang menentukan masa muda kita), saya merasakan rasa nostalgia dan persatuan yang luar biasa. Studi tentang generasi bisa jadi cacat. Sulit untuk menentukan secara pasti kapan sebuah generasi dimulai dan berakhir. Kita semua mengingat dan mengalami hal yang berbeda pada waktu yang berbeda. Tapi senang mengetahui bahwa ada orang di luar sana yang menjalani kehidupan yang mirip dengan Anda. Berbagi dan terikat pada hal-hal yang membuat tahun-tahun pembentukan Anda hebat adalah sesuatu yang membuat Anda merasa terhubung. Kebutuhan untuk dilihat, didengar, dan dipahami itu wajar. Kita semua ingin menemukan orang yang bisa kita kenal. Itu membuat kita merasa seperti kita adalah bagian dari sesuatu dan kita tidak sendiri.

Jauh di lubuk hati, saya akan selalu merasa seperti bibi yang belum menikah, tanpa anak yang terjebak di antara semua kakek-nenek, orang tua dan anak-anak yang saling berkelahi di reuni keluarga. Tapi saya sudah menerimanya. Kaum Zillennial memiliki tempat unik dalam masyarakat. Kami benar-benar beruntung mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. Tumbuh di masa di mana segala sesuatu berubah dengan sangat cepat di depan mata kita telah membentuk kita menjadi individu yang memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu melalui berbagai perspektif. Saya sangat bangga menjadi bagian dari demografi ini dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang harus kami sumbangkan untuk kemanusiaan di masa mendatang.


Sumber :

https://ichi.pro/id/zillennials-generasi-mikro-yang-mungkin-belum-pernah-anda-dengar-261189174463204

No comments:

Post a Comment

Related Posts