Friday, November 13, 2015

Pengasuhan Anak


Mendidik anak 7 tahun pertama, sedikit berbeda. Menurut Ali bin  Abi Thalib, perlakukan mereka seperti raja. Dalam arti, layani mereka dan senangkan hati mereka. Saat mereka berulah, baiknya orangtua menahan amarah, namun tetaplah membimbing mereka dengan tabah.

Kelak si anak akan mampu menahan emosinya karena begitulah contoh yang didapatnya. Membelai kepala anak dan mengusap punggung anak pun baiknya sering-sering dilakukan orangtua pada usia 7 tahun pertama anak.

Dampaknya? Kelak orangtua akan mendapatkan anak yang membelai dan menjaga orangtua dengan penuh kasih-sayang, karena begitulah contoh yang didapatnya.

Saat orangtua begitu cepat memenuhi panggilan anak, tanpa menunda-nunda, tanpa mengucapkan kata “nanti”, maka kelak orangtua pun akan beroleh anak yang begitu cepat memenuhi panggilan orangtua, karena begitulah contoh yang didapatnya.

Seperti itulah anak, mereka melakukan berdasar apa-apa yang mereka lihat. Kita berbuat, niscaya kita akan menerima hasil dari apa-apa yang kita perbuat. Dan itu pun berlaku dalam hal mendidik anak.


Sumber foto :
Father and Child Silhouette - Polyvore
www.polyvore.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts