Friday, January 5, 2024

Tipe Kepribadian Phlegmatis

Phlegmatis yang damai

Materialistis, Tenang, Stabil

Tanah (Sensing / Mengamati)

Tipe Plegmatik merupakan orang yang tertutup yang sangat diam, tidak menuntut kalem dan lambat. Mereka tidak pernah menjadi gelisah membuat malu diri mereka sendiri dengan meminta maaf untuk segala sesuatu yang telah mereka katakana. Mereka jarang mengeluarkan ide-ide atau perasaan jika mereka tidak yakin mereka tidak akan melukai atau menyakiti orang lain.

Orang plegmatik merupakan orang yang sangat baik dengan sifat yang bahagia dan menyenangkan. Banyak yang dari mereka sangat lucu karena mereka mempunyai daya humor. Mereka dilahirkan dengan bakat diplomat dan pembawa damai, mereka dicintai oleh anak-anak. Orang-orang Plegmatik merupakan teman yang menyenangkan dan tidak menakutkan, dua dari kelemahan mereka yang utama adalah rasa takut dan egois, walaupun mereka menunjukkan sikap ini dengan sangat diplomatis sehingga bahkan beberapa teman baik mereka tidak mengenal mereka.

Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, ia intorspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Kelemahan orang plegmatik adalah ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang.


Kepribadian plegmatis adalah tipe kepribadian yang tidak mudah bersemangat untuk bertindak maupun menampilkan emosinya. Mereka juga cenderung apatis, dan lamban.

Para plegmatis juga dikenal bisa menguasai dirinya dengan baik. Mereka pribadi yang tenang dan damai serta sangat ramah dalam lingkungan sosial. Selain itu, mereka lebih memilih menghindari konflik karena suka keharmonisan.


Seseorang dengan kepribadian plegmatis biasanya memiliki ciri-ciri khusus yang dapat dilihat. Berikut sembilan ciri-ciri atau karakteristik kepribadian plegmatis yaitu:.

Sederhana.

Seseorang dengan kepribadian plegmatis mempunyai perilaku yang tidak terlalu menonjol dan tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu. 

Ramah.

Plegamatis ingin bergaul dan dekat dengan orang-orang di sekelilingnya. Intuitif Seseorang yang plegmatis sering menggunakan perasaannya di kehidupan sehari-hari. 

Imajinatif.

Plegmatis selalu mencoba ingin berimajinasi atau membayangkan sesuatu hal di sekelilingnya, termasuk dengan membayangkan apa yang sedang dipikirkan lawan bicaranya melalui bahasa tubuh. 

Hangat. 

Seseorang dengan kepribadian plegmatis relatif bisa menerima orang-orang di sekelilingnya walaupun mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. 

Kooperatif. 

Seseorang yang plegmatis ingin dapat bekerja sama dengan orang lain dan bisa diandalkan bila sudah diajak bekerja sama. 

Mudah percaya. 

Seseorang yang mempunyai kepribadian plegmatis mudah percaya kepada orang lain. 

Perhatian. 

Seseorang dengan kepribadian plegmatis sangat perhatian dengan orang-orang di sekelilingnya, plegamatis ingin mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh orang di sekelilingnya dan ingin membantu.


Tenang dan Berperasaan.

Salah satu sisi positif dari seorang plegmatis adalah pembawaannya yang tenang. Selain itu, mereka juga bisa dengan mudah mengetahui perasaan terdalam pada diri orang lain serta berusaha untuk membangun ketertarikan yang intim juga erat dengan orang-orang terdekat dalam hidupnya.

Imajinatif.

Orang-orang plegmatis juga dikenal sangat imajinatif. Mereka suka berpikir abstrak. Misalnya, ketika mereka mencoba untuk membaca bahasa tubuh orang lain dan memberitahu apa yang mereka rasakan atau lihat mengenai orang tersebut.

Menghindari Konflik.

Plegmatis sering menghindari konflik dan berusaha untuk selalu menengahi orang lain agar tidak tercipta perkelahian, memulihkan kondisi, dan menciptakan harmoni. Itulah mengapa mereka selalu menjaga ikatan keluarga dan persahabatan seerat mungkin. Apabila terlibat konflik, mereka akan berusaha membuat keadaan kembali kondusif dengan memenuhi kebutuhan setiap orang yang terlibat.

Berempati dan Penyayang.

Karena mereka adalah sosok yang berperasaan, maka plegmatis selalu mencoba untuk memahami orang lain, lalu meresponsnya sesuai dengan apa yang dirasakan dan dipikirkan orang tersebut. Hal ini adalah cara agar mereka terhubung dengan orang lain. Tak hanya itu, seorang plegmatis juga dikenal suka membantu orang lain yang membutuhkan.

Kooperatif.

Di sisi lain, seorang plegmatis bisa menjadi sangat kooperatif, perhatian, dermawan, simpatik, percaya, dan hangat. Mereka suka mengungkapkan perasaan mereka, terkadang mendramatisasi pengalaman mereka, yang merupakan bukti aktivitas estrogen yang tinggi.

Suka Berkontribusi.

Meskipun menghindari konflik dan cenderung apatis, tapi si plegmatis memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih kepada masyarakat luas. Misalnya, menyumbang ke panti asuhan, dan membantu orang yang kurang mampu. Mereka juga berusaha untuk selalu mengembangkan diri karena menganggap bahwa itu adalah sebuah keharusan.

Dapat Dipercaya.

Dengan karakteristik penyayang dan suka membantu orang lain, membuatnya menjadi orang yang setia dan bisa dipercaya. Sebab, mereka juga sangat menghargai orang lain dan memiliki pendirian yang teguh. Contohnya, selalu menepati janji dan berusaha keras untuk menyenangkan hati orang-orang terdekatnya. Mereka juga tidak memiliki kecenderungan untuk menyakiti orang lain.

Menyukai Rutinitas.

Sifat yang lain yang khas dimiliki oleh orang dengan kepribadian plegmatis adalah menyukai rutinitas. Bahkan, menjadi orang yang memiliki rutinitas merupakan ciri utama dari kepribadian yang satu ini. Oleh karenanya, apa yang mereka makan, pakai, atau tempat mereka bekerja adalah hal-hal yang dapat tetap konstan untuk waktu yang lama.


Sumber :

https://www.idntimes.com/life/education/robertus-ari/kepribadian-plegmatis?page=all

https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/11/120000369/kepribadian-plegmatis--ciri-ciri-kelebihan-dan-kekurangan.

https://www.orami.co.id/magazine/karakter-plegmatis

No comments:

Post a Comment

Related Posts