Tuesday, October 20, 2020

Alasan Butuh Jasa Konsultan

Mengapa perusahaan-perusahaan membutuhkan jasa konsultan? 

Karena tak adanya keahlian tertentu yang dimiliki oleh konsultan sedangkan keahlian tersebut bukan merupakan hal yang selalu atau setiap waktu dibutuhkan, namun pada periode tertentu keahlian tersebut dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah, misalnya konsultan transformasi organisasi yang diperlukan selama periode tertentu, misalnya dari enam bulan hingga dua tahun. Selebihnya, setelah transformasi berjalan maka perusahaan tak membutuhkan lagi keahlian tersebut karena pekerjaan trnsformasi telah selesai. Contoh lain adalah konsultan komunikasi pemasaran atas peluncuran produk baru dalam jangka waktu tertentu. Juga, misalnya konsultan pajak yang diperlukan hanya pada akhir tahun saja. Masih banyak contoh lainnya.

Karena perusahaan tak memiliki sumber daya tertentu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, meskipun sebenarnya bisa dikerjakan oleh SDM yang ada karena tak perlu keahlian khusus untuk hal ini.

Karena perlunya independensi dari hasil suatu kajian atau rekomedasi tertentu. Hal ini tentunya untuk menghindari dugaan adanya campur tangan pihak yang berpengaruh, misalnya pemilik perusahaan berbasis keluarga. Contoh paling mudah adalah konsultan restrukturisasi orghanisasi yang membutuhkan konsultan independen agar kajian organisasi yang dilakukan bersifat obyektif, bebas dari campur tangan pihak yang berpengaruh di dalam perusahaan.


Sumber :

https://thevaluequest.wordpress.com/2015/08/22/menjadi-konsultan-kenapa-tidak/

No comments:

Post a Comment

Related Posts