Wednesday, January 1, 2020

Golden time

Apa persamaan mereka?

CEO Apple, Tim Cook
CEO Disney, Bob Iger
CEO Starbucks, Howard Schultz
CEO Twitter, Dan Dorsey
CEO Chrysler, Sergio Marchionne
CEO General Motors, Mary Barra
CEO Virgin America, David Cush
Founder Virgin, Richard Branson
Michelle Obama
Martha Stewart
Kris Jenner

Mereka semua ternyata gemar bangun pagi, bahkan bangun awal. Btw tulisan ini pernah saya posting beberapa minggu yang lalu dan hari ini kembali saya posting dengan sedikit tambahan. Karena memang penting.

Satu hal yang pasti, sejak lama, saya membiasakan bangun sebelum subuh. Istilahnya, bangun awal. Dan saya berharap ini menjadi tradisi juga di BP. Besar manfaatnya. Bagi saya, setengah jam sebelum subuh dan setengah jam setelah subuh, adalah waktu istimewa. Golden time.

Kok disebut istimewa? Yah, karena memang begitu. Apapun yang Anda kerjakan di waktu itu akan menjadi sesuatu. Apakah itu menyusun rencana, mengevaluasi hasil, menyapa tim, mengirim VN, menulis artikel, ataupun kesibukan-kesibukan produktif lainnya.

Tubuh yang baru bangun dan lagi segar-segarnya, lalu disergap dengan udara yang segar, wah benar-benar men-simsalabim-kan keadaan. Extra fresh! Nggak percaya? Yah, Anda coba saja. Bangun awal.

Awet muda, menyehatkan, menyegarkan, meringankan kesibukan, dan mengundang keberkahan, itulah manfaat-manfaat tersembunyi dari bangun lebih awal. Hm, berat? Kalau bangun awal aja susah, gimana mau bangun rumah tangga? Hehehe.

Mereka yang selalu telat bangunnya (setelah subuh) kemungkinan akan sering mengeluh karena sakit-sakit yang mungkin kesannya sepele. Misalnya pening dan lemas. Tapi jangan salah. Lama-lama ini nggak sepele lagi. Bisa parah.

Hati-hati, bangun telat lama-lama bisa mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, bisa memicu sakit kepala berterusan karena cairan serebrospinal bergerak menuju otak. Bukan itu saja, bangun telat juga bisa memicu masalah pencernaan dan kanker hati.

Pantaslah Nabi menganjurkan kita untuk bangun awal dan bergerak, nggak diam. Karena memang itu menyehatkan, mengundang rezeki, dan mengundang keberkahan. Itu janji Nabi. Daripada tersinggung, lebih baik Anda lakukan dan rutinkan saja, bangun awal. Nggak ada ruginya! Untung malah!

Siap? Sekian dari saya, Ippho Santosa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts