Tuesday, January 28, 2020

Cockroach Theory


Cockroach Theory adalah kisah inspiratif mengenai kecoa yang membahas mengenai bagaimana memandang setiap tantangan dalam kehidupan.

Kisah bermula dari sebuah restoran, seekor kecoa tiba-tiba terbang dari suatu tempat dan mendarat di seorang wanita. Dia mulai berteriak ketakutan. Dengan wajah yang panik dan suara gemetar, dia mulai melompat, dan sibuk mengusir sang kecoa.

Reaksinya menular, karena setiap orang di kelompoknya ketularan panik.

Wanita itu akhirnya berhasil membebaskan dirinya dari kecoa, namun kecoa itu lincah berpindah ke pundak wanita lain. Nah, sekarang wanita kedua itu yang melanjutkan drama kecoa ini.

Seorang pelayan wanita segera datang menenangkan tamunya. Dengan tenang diambilnya kecoa itu dan dilemparkannya keluar dari restoran.

Apakah kecoa itu yang bertanggung jawab untuk drama heboh mereka ?

Kok, pelayan itu tidak terganggu? Sama-sama perempuan, tapi reaksi berbeda terhadap kecoa?

Kenapa 2 wanita pelanggan restoran menjadi panik, sementara pelayan wanita tenang dan bisa mengusir kecoa nakal itu?

Artinya, jelas bukan kecoanya, tapi respon yang diberikan 2 wanita itulah yang menentukan ketidakmampuan kedua wanita dalam menghadapi kecoa itu yang membuat drama kekacauan.

Kecoa memang sangat menjijikkan, dan mau didandani seperti apapun tetap bau dan menjijikkan.

Begitu juga dengan berbagai masalah misalnya bos yang otoriter, kolega yang saling sikut atau hobby menjilat aatasan,  kolega yang sirik, orang tua yang dominan, pasangan yang cerewet atau posesif.

Semua itu memang tidak menyenangkan, tapi bukan itu yang membuat hidup jadi kacau. Ketidakmampuan kita yang membuat masalah menjadi rumit.

Situasi diluar seharusnya tidak mengacaukan kita. Reaksi kita menghadapi masalah itulah yang telah menciptakan kekacauan dalam hidup kita, melebihi masalah itu sendiri. Dalam  menghadapi masalah, kita sebaiknya tidak bereaksi tetapi merespon.

Reaksi selalu terjadi secara naluriah, sedangkan respon selalu dipikirkan baik-baik.

Do not go about life in a way that makes you seem powerless. It is not your circumstances that determine your life. It is your response  to the circumstances.


Sumber :
https://medium.com/@neocody/cockroach-theory-e6d2472e1219

No comments:

Post a Comment

Related Posts