Monday, July 9, 2018

Perbedaan Human Resources dan Human Capital


Terdapat sebuah evolusi dari peran dan fungsi HR ke HC.

HR = Hire to Retire, sedangkan
HC = Hire to be competitive, to be competent, to be contributive Teamwork.

HC memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka tetapi asset yg melainkan berguna bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital.

Di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost)

HR (Human Resource) memberikan pemahaman bahwa manusia (people) sebagai makhluk sosial yang dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam mengelola diri sendiri dan lingkungannya. Human Resource merujuk pada pemahaman manusia merupakan bagian dari organisasi.

Sedangkan Human Capital memberikan pemahaman bahwa manusia (people) sebagai aset organisasi yang dapat dikembangkan sebagai portofolio organisasi.

Human Capital didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan, keahlian, dan kapabilitas yang dimiliki pegawai untuk memberikan solusi (the knowledge, skill and capability of individual employees to provide solutions) (lihat Cascio dalam Anderson et al., 2005, Handbook of Industrial, Work and Organizational Psychology)

Sumber :
https://id.linkedin.com/pulse/apakah-perbedaan-antara-human-resources-dan-capital-serta-zebua

No comments:

Post a Comment

Related Posts