Wednesday, July 11, 2018

Jujur Mujur

Dr David Hugh Jones dan tim peneliti dari University of East Anglia (UEA) menemukan bahwa tingkat kejujuran seseorang berbeda di setiap negara. Menurutnya, warga Inggris dan warga Jepang mencatatkan poin tertinggi dalam hal kejujuran.

Beberapa waktu ke depan, saya diminta memberikan training selama dua hari untuk sebuah lembaga negara yang amat disegani. Salah satu materi yang mereka request adalah soal kejujuran.

Kejujuran, ini adalah barang langka. Ya, orang #jujur memang langka. Tapi kalau kita berusaha untuk jujur, maka kita akan menjadi orang yang dicari-cari dan dinanti-nanti. Betul apa betul?

Lihatlah kerugian karena kasus kondensat yang mencapai Rp 35 triliun, dengan tersangka Honggo Wendratmo alias Hong Go Wie. Betapa besar mudharat yang dirasakan oleh orang banyak akibat dari ketidakjujuran.

Rezeki atau nafkah kalau diperoleh dengan jujur, niscaya akan membawa ketenangan. Ingat, ketenangan jauh lebih berharga daripada kekayaan. Apalah artinya harta berlimpah kalau hati selalu gundah?

"Jujur, mujur. Nggak jujur? Bakal tersungkur," itu nasihat guru saya.

Sambung beliau, "Nggak jujur? Resah. Gelisah. Jauh dari berkah."

Menjadi jujur dan selalu jujur memang tidak mudah. Ada saja tantangannya. Tapi bisa, insya Allah. Perubahan besar baiknya dimulai dari perubahan kecil, yaitu diri kita dan keluarga kita. Hei, apa salahnya kalau kita mulai dari sana? Jadilah contoh. Jadilah inspirasi.

Mudah-mudahan nanti banyak yang mengikuti. Sekian dari saya, Ippho Santosa. Semoga berkah berlimpah!

No comments:

Post a Comment

Related Posts