Saturday, October 10, 2015

Berbagi Value

Kemarin adalah moment yang menyenangkan dalam hidup saya. Ada apa? Saya bertemu langsung dengan Philip Kotler, The Father of Modern Marketing…

Sekitar 10 tahun yang lalu, saya pernah mengikuti teleconference-nya di Singapura. Dia adalah No.1 Living Legend di dunia marketing. Bayangkan saja, ketika saya kuliah marketing belasan tahun yang lalu, saya memakai buku Philip Kotler.

Demikian pula profesor-profesor saya, mereka mengaku dulu kuliahnya pakai buku Philip Kotler. Dan ternyata, mahasiswa-mahasiswa sekarang juga memakainya… Alhamdulillah, dengan izin-Nya, saya sempat menghadiahkan buku saya #SuccessProtocol kepadanya dan foto bareng…

Kemarin di ASEAN Marketing Summit di Ritz Carlton, Pacific Place, Philip Kotler menyinggung soal Uber, yang sempat diboikot di beberapa kota, termasuk Jakarta. Nyatanya, Uber mendapat pujian dari Philip Kotler. Menurutnya, Uber merupakan perusahaan yang mampu mengubah produk menjadi value. “Uber itu berbagi value," ujarnya.

Terus menurutnya, kehadiran Uber membantu banyak orang untuk menggunakan kendaraan roda empat, tanpa harus memilikinya. Sebab, banyak orang membeli mobil secara kredit, yang membuat roda kapitalisme terus berputar. "Saya hanya menggunakan mobil saya selama 2% dalam sehari. Mengapa tidak saya jadikan mobil saya itu berguna juga bagi orang lain?" ucap Philip Kotler.

Kesimpulan saya, fenomena Uber, Grab Bike dan Go-Jek adalah perintah kreativitas bagi seluruh marketer dan entrepreneur. Ketika persaingan semakin sengit, ketika harapan semakin melangit, ketika ekonomi semakin sulit, kita semua dituntut untuk semakin kreatif.

--- dari Ippho Santosa

No comments:

Post a Comment

Related Posts