Wednesday, May 29, 2024

Tips dan Trik untuk Membantu Anak Mengatasi Kecemasan



6 Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua tentang Membesarkan Anak dengan Kecemasan.

Gangguan kecemasan pada anak mempengaruhi satu dari delapan anak, membuat kondisi ini cukup umum di banyak keluarga. Meskipun begitu, gangguan kecemasan pada anak jarang dibahas, meninggalkan banyak orang tua merasa tidak siap dan bahkan putus asa dalam membesarkan anak yang cemas. Berikut adalah beberapa saran dari para ahli kesehatan mental yang dapat membantu orang tua menghadapi tantangan ini.


1. Kecemasan Bisa Tampak Seperti Masalah Perilaku.

Tantrum umum terjadi pada semua anak di usia tertentu, tetapi bisa juga muncul pada anak dengan gangguan kecemasan. Kecemasan bisa bermanifestasi sebagai teriakan atau melawan Anda. Terkadang, sulit untuk membedakan apakah ini perilaku normal anak atau disebabkan oleh sesuatu yang lebih besar.

Orang tua agar tetap menetapkan batasan dan aturan meskipun anak menunjukkan tantrum karena kecemasan. Setelah anak tenang, ingatkan mereka tentang aturan dan konsekuensi yang ada.


2. Penting untuk Mengakui Perasaan Anak.

Mengakui emosi anak adalah langkah penting saat mereka merasa cemas. Praktikkan "empati perkembangan" dengan tidak menyepelekan kekhawatiran yang mungkin terasa besar bagi anak seusianya. Mengatakan hal seperti, “Aku tahu pagi sebelum sekolah sulit bagimu. Aku bisa melihat kamu takut dan lebih suka tinggal di rumah,” dapat membantu anak merasa dimengerti.


3. Tetap Tenang Itu Penting.

Menjaga ketenangan adalah kunci. Kadang-kadang sulit untuk tetap tenang ketika anak Anda marah atau menangis. Namun, ketenangan Anda bisa membantu menenangkan anak. Jika Anda merasa kesulitan, bicarakan dengan terapis anak Anda untuk mendapatkan alat bantu atau pertimbangkan terapi untuk diri sendiri.


4. Kadang Harus Membiarkan Anak Menghadapi Gelombang Kecemasan.

Ketika anak mencapai puncak kecemasan, kadang-kadang kita perlu membiarkan mereka melewati fase itu. Berada di sana untuk anak, memeluk mereka, atau memberikan ruang sampai mereka tenang bisa membantu. Ini adalah waktu yang baik untuk melatih keterampilan yang telah mereka pelajari dalam terapi.


5. Jangan Menghindari Hal yang Menyebabkan Kecemasan Anak.

Menghindari hal yang membuat anak cemas dapat memperburuk kecemasan dalam jangka panjang. Orang tua diharapkan agar dapat mendorong keterampilan keberanian pada anak dengan cara yang penuh kasih. Tetap tegas dan bantu anak menemukan cara untuk menghadapi situasi yang sulit.


6. Soroti Hal-hal Positif Juga.

Selain menghadapi tantangan, penting untuk memuji anak ketika mereka melakukan hal yang baik. Soroti saat-saat ketika semuanya berjalan dengan baik. Pertanyaan terbuka seperti, “Bagian terbaik dan terburuk dari harimu?” saat makan malam atau berkendara bersama dapat membantu membuka komunikasi tentang perasaan mereka.

Secara keseluruhan, ingatlah bahwa Anda sedang melakukan yang terbaik. Sangat penting orang tua untuk mengingat bahwa mereka adalah orang tua dan pengasuh yang baik, meskipun terkadang merasa segalanya tidak berjalan dengan baik. Dengan dukungan dan strategi yang tepat, Anda dapat membantu anak menghadapi kecemasan mereka dengan lebih baik.


Sumber :

https://fortune.com/well/article/parenting-tips-raising-kids-anxiety/

No comments:

Post a Comment

Related Posts