Sunday, February 26, 2023

Kepribadian ESTJ

Kepribadian ESTJ – Sang Pengarah yang Tegas

Individu dengan Kepribadian ESTJ dijuluki sebagai ‘Si Pengarah yang tegas’ karena ia paling terkenal dengan kemampuannya dalam berorganisasi dan memimpin. Kemampuan Mengarahkannya Ini Didapatkan Dari Karakteristiknya Yang Tegas, Teliti, Disiplin, Taat Aturan, Dan Bertanggung Jawab.

Karakter Penyusun Kepribadian ESTJ Sebagai ‘Sang Pengarah Yang Tegas’ Adalah Sebagai Berikut:

  • Ekstrovert (E): Tipe kepribadian yang berorientasi pada kuantitas interaksi sosial, bersemangat menghabiskan waktu dengan orang lain.
  • Sensing (S): Tipe kepribadian yang cenderung realistis. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Ia lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia.
  • Thinking (T): Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.
  • Judging (J):  Tipe kepribadian ini cenderung bersikap tegas dan teguh pendirian. You simply don't compromise.

Tampilan Kepribadian Dengan Tipe ESTJ Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dan Dalam Kehidupan Sosial Adalah Sebagai Berikut:

  • Senang mengorganisir sesuatu. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan perspektif orang lain.
  • Praktis, realistis, berpegang pada fakta, dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis
  • Sangat sistematis, procedural dan terencana. 
  • Disiplin, on time dan pekerja keras. 
  • Konservatif dan cenderung kaku. 
  • Tidak tertarik pada subject yang tidak berguna baginya, tapi dapat menyesuaikan diri jika diperlukan. 
  • Senang mengorganisir sesuatu. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan perspektif orang lain. 


Saran Pengembangan

Orang Dengan Tipe Kepribadian ESTJ, Perlu Mengembangkan Dirinya Agar Tidak Terjebak Pada Tipe Kepribadian Tersebut (Perlu Diingat. !!! Bahwa, Kepribadian Tidak Bisa Diukur Baik Atau Buruk, Semuanya Berlaku Alami/Compatible Sesuai Dengan Kondisinya).

  • Kurangi keinginan untuk mengontrol dan memaksa orang lain. 
  • Belajarlah untuk mengontrol emosi dan amarah Anda. 
  • Cobalah untuk introspeksi diri dan meluangkan waktu sejenak untuk merenung. 
  • Belajarlah untuk lebih sabar dan low profile. 
  • Belajarlah untuk memahami orang lain. 


Profesi Yang Cocok Dengan Tipe Kepribadian ESTJ Adalah Sebagai Berikut:

  • Militer, Manajer, Polisi, Hakim, Pengacara, Guru, Sales, Auditor, Akuntan, System Analyst 


Pasangan Atau Partner Alami, Yang Cocok Dengan Kepribadian ESTJ Adalah:

  • ISTP (Sang Perajin) Atau INTP (Sang Pemikir)

https://jobseeker.id/post/view/10002-kepribadian-estj-sang-pengarah-yang-tegas.html


Siapa Saja yang Punya Keahlian Menegakkan Apa yang Mereka Yakini Benar...

Tuntutan atas kepemimpinan seperti ini tinggi dalam masyarakat demokratis, dan tipe ini mencapai tidak kurang dari 11% dalam populasi, tidak heran jika banyak pemimpin politis dan bisnis terkenal di dunia adalah tipe Eksekutif. Pengikut setia peraturan undang-undang dan kekuasaan yang harus raih. 

Kepribadian Eksekutif menjadi teladan, menunjukkan dedikasi dan kejujuran dengan maksud tertentu, dan penolakan yang jelas terhadap kemalasan dan kecurangan khususnya dalam pekerjaan. Jika ada yang menyatakan bahwa kerja giat dan keras adalah cara paling bagus untuk membangun karakter, maka itu adalah tipe kepribadian Eksekutif.

Eksekutif menyadari keadaan sekelilingnya dan hidup dalam dunia nyata yang jelas dan teruji – keyakinan terhadap pengetahuan mereka berarti bahwa walaupun menghadapi penentangan yang kuat, mereka tetap berpegang pada prinsip mereka dan mendorong visi yang jernih tentang apa yang diterima dan apa yang tidak. 

Pendapat mereka juga bukan hanya omongan kosong, karena kepribadian Eksekutif lebih dari sekadar ingin terlibat dalam proyek menantang, memperbaiki rencana tindakan dan menyortir perincian selama proses, membuat tugas yang paling kompleks menjadi terlihat mudah dan dapat didekati.

Namun demikian, Eksekutif tidak bekerja sendirian, dan mereka berharap keandalan dan etika kerja mereka harus ditiru – orang dengan tipe kepribadian ini memenuhi janji mereka, dan jika mitra atau bawahan menghambat mereka melalui inkompentensi atau kemalasan, atau yang lebih buruk, ketidakjujuran, mereka tidak segan menunjukkan kemarahan. 

Ini membuat mereka mendapat reputasi sebagai orang yang tidak fleksibel, tetapi bukan karena Eksekutif itu orang yang sembarangan keras kepala, tetapi karena mereka benar-benar percaya bahwa nilai ini yang membuat masyarakat berfungsi.


Namun Masih Lebih Baik Mereka yang Mengakui Ketika Berbuat Salah

Eksekutif adalah gambaran klasik warga negara teladan: mereka membantu tetangga, menegakkan hukum, dan mencoba memastikan setiap orang berpartisipasi di masyarakat dan organisasi yang mereka sayangi.

Tantangan utama untuk orang dengan tipe kepribadian Eksekutif adalah mengakui bahwa tidak semua orang mengambil jalan yang sama atau berkontribusi dengan cara yang sama. Pemimpin sejati mengenal kekuatan individu, serta kelompok, dan membantu mewujudkan ide individu tersebut. Dengan cara itu, kepribadian Eksekutif benar-benar memiliki semua fakta, dan dapat mengemban tugas ke arah yang bermanfaat bagi semua orang.

https://www.16personalities.com/id/kepribadian-estj


ESTJ

ESTJ (Bahasa Inggris: Extroversion, Sensing, Thinking, Judgement) adalah sebuah kependekan yang digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI). ESTJ merupakan salah satu kepribadian yang cukup banyak di dunia dengan presentase kurang lebih 10% dari populasi.


Latar belakang

ESTJ merupakan identfikasi salah satu kepribadian yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan puterinya, Isabel Briggs Myers dalam Tes Kepribadian MBTI. MBTI merupakan kepanjangan dari Myers-Briggs Type Indicator adalah psikotes yang bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya. MBTI merupakan psikotes yang didasari oleh teori Carl Jung dalam bukunya yang berjudul Psychological Types.


Karakteristik

ESTJ adalah seorang ekstrovert yang merasakan menggunakan indra (Sensing), membuat keputusan dengan berpikir (Thinking), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement). ESTJ adalah orang yang menyenangkan dan tidak ragu untuk berkomunikasi mengutarakan pendapat dan harapan kepada orang lain. 

Orang-orang dengan kepribadian ESTJ menggunakan kreatifitasnya untuk menata dan mengatur segala sesuatu sesuai tempatnya. Praktis, realistis, dan berpegang teguh adalah sesuatu yang sangat menonjol dalam pribadi ESTJ. 

Orang dengan kepribadian ESTJ adalah orang yang tegas, cepat bergerak untuk melaksanakan keputusan. Pandai mengatur proyek dan berusaha mendapatkan sesuatu, fokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang paling efisien. 

Menyukai rincian dan rutinitas, memiliki standar logis, sistematis dan ingin orang lain juga mengikutinya. Kuat dalam melaksanakan rencana mereka. ESTJ hidup dalam dunia fakta dan kebutuhan. 

Mereka hidup pada masa sekarang, dengan mata mereka terus-menerus memindai lingkungan pribadi mereka untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan sistematis. Mereka menghormati tradisi dan hukum, dan memiliki standar dan keyakinan. 

Mereka mengharapkan hal yang sama pada orang lain, dan tidak memiliki kesabaran pada orang yang tidak menghargai sistem ini. Mereka menghargai kompetensi dan efisiensi, dan ingin melihat hasil yang cepat untuk usaha mereka.

ESTJ memiliki sebuah visi yang jelas. Mereka percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat menyusun sistem dan rencana, dan bisa melihat apa langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. 

Mereka kadang-kadang bisa sangat menuntut dan kritis, karena mereka memiliki keyakinan yang dipegang teguh, dan cenderung untuk mengekspresikan diri. ESTJ ini sangat lurus ke depan dan jujur.

Para ESTJ biasanya merupakan contoh dan pilar masyarakat. Dia mengambil komitmen mereka dengan serius, dan mengikuti standar mereka sebagai “warga negara yang baik”. ESTJ menikmati saat berinteraksi dengan orang, dan suka bersenang-senang. ESTJ bisa sangat riuh dan menyenangkan di acara-acara sosial, terutama kegiatan yang difokuskan pada keluarga, masyarakat, atau pekerjaan.

Para ESTJ perlu diperhatikan kecenderungan untuk menjadi terlalu kaku, dan menjadi terlalu berorientasi pada detail. Karena mereka menempatkan banyak dalam kepercayaan mereka sendiri, penting bahwa mereka ingat untuk menghargai masukan orang lain dan pendapat. 

Jika mereka mengabaikan sisi Merasa mereka, mereka mungkin memiliki masalah dengan memenuhi kebutuhan lain untuk keintiman, dan tanpa sadar bisa melukai perasaan orang dengan menerapkan logika dan alasan untuk situasi yang menuntut sensitivitas lebih emosional.


Menyeimbangkan Tipe Kepribadian ESTJ

Tipe kepribadian ESTJ akan seimbang jika:

  • Memiliki orang-orang pendukung untuk memerhatikan beberapa hal detail tertentu.
  • Memiliki orang-orang pendukung di sekitarnya dengan akal sehat untuk mengemukakan fakta-fakta yang luput dari perhatian.
  • Sepenehunya menguji suatu situasi sebelum mengambil suatu keputusan.
  • Berhenti dan mendengarkan sudut pandang orang lain.
  • Berusaha memerhatikan nilai-nilai perasaan.
  • Mengembangkan seni, serta menghargai gagasan dan prestasi orang lain.
  • Belajar mengemukakan apa yang disukai bukan sekadar apa yang mau dikoreksi.
  • Memiliki lebih banyak waktu-waktu ekstrovert dibandingkan dengan waktu-waktu introvert.


Tokoh

Tokoh terkenal dengan kepribadian ESTJ adalah:

  • James Monroe (Mantan Presiden Amerika)
  • Andrew Jackson (Mantan Presiden Amerika)
  • William Henry Harrison (Mantan Presiden Amerika)
  • Franklin Pierce (Mantan Presiden Amerika)
  • Grover Cleveland (Mantan Presiden Amerika)
  • Lyndon B. Johnson (Mantan Presiden Amerika)
  • George W. Bush (Mantan Presiden Amerika)
  • John D. Rockefeller (Pebisnis)
  • Sonia Sotomayor (Hakim Pengadilan Tinggi Amerika)
  • Alec Baldwin (Aktor)
  • Judge Judy (Pembaca berita)
  • Nancy Grace (Jurnalist)
  • Boromir karakter dari film The Lord of the Rings.

https://id.wikipedia.org/wiki/ESTJ


Tokoh ESTJ

Karakter: terorganisir, berorientasi pada kelompok, konvensional, tipe pemimpin, dan fokus.

Tokoh novel yang ESTJ: Thresh (The Hunger Games), Vernon Dursley, Dolores Umbridge, Minerva McGonagall dan Hermione Granger (Harry Potter), Cersei Lannister (Game of Thrones), Mycroft Holmes (Sherlock Holmes) dan Peter Pevensie (The Chronicles of Narnia).

https://cewekbanget.grid.id/read/06853755/tokoh-dalam-novel-yang-cocok-menggambarkan-16-tipe-kepribadian?page=all


ESTJ - Sang Pemantau atau The Supervisor

Tipe kepribadian MBTI yang ini menyukai hal-hal yang praktis, yang jelas kegunaannya untuk bisa diterapkan langsung di dunia nyata. Mereka sangat menghargai tradisi. Hal ini kadang membuatnya tidak fleksibel dan keras kepala karena agak sulit menerima perubahan. Tapi karena itu juga seorang ESTJ bisa jadi penjaga tradisi yang baik. John D. Rockefeller dan Sonia Sotomayor merupakan tokoh dengan tipe kepribadian ESTJ.

https://www.beautynesia.id/life/mengenal-16-tipe-kepribadian-mbti-cek-kamu-tipe-yang-mana-yuk/b-118324


    Pesohor dan Tokoh Terkenal ESTJ

    Berikut ini adalah para pesohor dan tokoh terkenal yang memiliki kecenderungan kepribadian ESTJ.

    • Bernard Montgomery
    • Henry Ford
    • Hillary Clinton
    • Condoleezza Rice
    • Dr. Phil
    • Amy Chua
    • Martha Stewart
    • Michelle Obama
    • Ann Coulter
    • Michelle Malkin
    • Bill O'Reilly
    • Alan Dershowitz
    • Paul of Tarsus
    • Billy Graham
    • Jerry Falwell
    • Sonia Sotomayor
    • Tom Clancy
    • Saddam Hussein
    • Augusto Pinochet
    • Uma Thurman
    • Lucy Liu
    • Emma Watson
    • Kelsey Grammer
    • Alec Baldwin
    • Roger Ebert
    • Nancy Grace
    • Judge Judy
    • Laura Schlessinger
    • Ivanka Trump

    http://lang8088.blogspot.com/2014/04/daftar-tokoh-estj.html

    No comments:

    Post a Comment

    Related Posts