Friday, March 3, 2023

Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Langsung Dapat Gaji Tinggi

Jurusan kuliah dipercaya dapat memengaruhi kehidupan finansial seseorang setelah lulus. Tak jarang, banyak orang yang memilih jurusan kuliah dengan harapan akan memperoleh bayaran atau gaji tinggi di masa depan.

Dilansir dari CNBC Make It, sebuah studi dari Federal Reserve New York baru saja merilis daftar 10 jurusan kuliah di Amerika Serikat (AS) dengan lulusan berpenghasilan tinggi setelah lulus. Data tersebut dikumpulkan dari data sensus AS pada 2021.

Data tersebut berdasarkan lulusan sarjana (S1) perguruan tinggi berusia 22 hingga 27 tahun yang bekerja penuh sesuai dengan jurusannya.

Lantas, apa saja jurusan kuliah dengan lulusan berpenghasilan tinggi?

  1. Teknik Kimia - Rata-rata Gaji per Tahun: US$75 ribu atau sekitar Rp1,13 miliar (asumsi kurs US$15.183/US$)
  2. Teknik Komputer - Rata-rata Gaji per Tahun: US$74 ribu atau sekitar Rp1,12 miliar
  3. Ilmu Komputer - Rata-rata Gaji per Tahun: US$73 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar
  4. Teknik Penerbangan - Rata-rata Gaji per Tahun: US$72 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  5. Teknik Elektro - Rata-rata Gaji per Tahun: US$70 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  6. Teknik Industri - Rata-rata Gaji per Tahun: US$70 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  7. Teknik Mesin - Rata-rata Gaji per Tahun: US$70 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  8. Jurusan teknik lainnya (termasuk teknik nuklir, energi terbarukan, dll) - Rata-rata Gaji per Tahun: US$68 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  9. Analitika Bisnis - Rata-rata Gaji per Tahun: US$66 ribu atau sekitar Rp1 miliar
  10. Teknik Sipil - Rata-rata Gaji per Tahun: US$65 ribu atau sekitar Rp986,8 juta

Jurusan dari fakultas teknik mendominasi daftar jurusan kuliah dengan lulusan berpenghasilan tinggi dalam lima tahun lulus di AS. Hal tersebut karena teknik adalah profesi yang sangat teknis dan dibutuhkan di hampir seluruh industri, seperti teknologi komputer, sumber daya, manufaktur, dan konstruksi.

Jurusan teknik kimia menempati posisi teratas. Berdasarkan data, lulusan teknik kimia memperoleh rata-rata gaji tahunan sebesar Rp1,13 miliar setelah lulus kuliah. Sebaliknya, lulusan dengan jurusan bergaji terendah adalah teologi dan agama dengan rata-rata gaji tahunan US$36 ribu atau sekitar Rp546,5 juta dalam waktu lima tahun setelah lulus.

Selain teknik, profesi pada bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) juga menjadi pekerjaan dengan peluang karier yang sangat luas. Diperkirakan, profesi STEM tumbuh dua kali lebih cepat dari profesi non-STEM hingga 2031.


Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230221110720-33-415592/10-jurusan-kuliah-yang-lulusannya-langsung-dapat-gaji-tinggi

No comments:

Post a Comment

Related Posts