Monday, February 13, 2023

Sigma Male

https://youtu.be/z-i5JPpLN7w

Apa itu Sigma Male yang Ramai Dibicarakan di TikTok?

Istilah sigma male sedang ramai disebut-sebut di media sosial TikTok. Sigma male bahkan disebut-sebut sebagai karakter pria yang idaman.

Lalu apa sih sebenarnya arti dari sigma male ?

Sigma males adalah sebutan untuk laki-laki dengan tipe kepribadian sigma. Pria dengan kepribadian ini cenderung mandiri, kuat, tegas dan tidak mencoba untuk memenuhi standar yang ada di masyarakat. Mengutip situs Calm Sage, sigma male adalah sosok yang berani menerima tantangan dan siap keluar dari zona nyaman. Sigma male disebut sebagai arketipe yang langka.

Berbeda dengan alpha male yang suka memimpin dengan beta male sebagai pengikutinya, kelompok sigma male malah tidak peduli dengan hierarki. Sehingga kedudukannya bisa dikatakan sama dengan alphamale. Beberapa orang malah menyebut sigma male adalah alphamale dengan versi introvert.

Pria dengan tipe kepribadian sigma male juga sering disebut lone wolf atau serigala penyendiri karena mereka suka memisahkan diri dari sosial dan senang berpergian sendiri. Mereka juga siap untuk mengambil risiko. Meskipun demikian, ia sangat tertutup tapi sangat kuat sehingga mampu menjaga dirinya sendiri.

Karier yang cocok untuk sigma male adalah pengusaha dan pemimpin perusahaan.

https://www.trenasia.com/amp/apa-itu-sigma-male-yang-ramai-dibicarakan-di-tik-tok



Mengenal Istilah Sigma Male yang Jadi Tipe Pria Idaman Wanita

- Detikers, apakah kalian pernah mendengar istilah sigma male? Sigma male merupakan istilah untuk suatu kepribadian seorang lelaki.

Umumnya, laki-laki sering dikategorikan ke dalam laki-laki alpha male (dikenal dominan) atau beta male (memiliki sifat yang menyenangkan). Nah, ternyata beberapa laki-laki juga bisa berada di tengah-tengah dua kategori kepribadian itu (alpha dan beta).

Dalam hal ini, lelaki yang berada di kedua kategori kepribadian alpha male dan beta male disebut sigma male (laki-laki sigma). Biar lebih paham, simak yuk penjelasan arti dari sigma mile serta sigma male personality di bawah ini!

Apa Itu Sigma Male?

Menurut Urban Dictionary, sigma male adalah seorang lelaki yang memiliki sifat pragmatis, namun bisa dilihat orang lain sebagai seorang penyendiri, paranoid dan tertutup.

Sigma male itu tidak sering menerima perintah dari orang-orang atau sistem masyarakat di lingkungan ia berada. Sigma male memiliki sifat yang mirip dengan laki-laki alfa, namun ia lebih suka berjalan mengikuti kata hati mereka sendiri.

Selain itu, sigma male dicirikan sebagai orang yang sangat mandiri dan orisinal. Ia juga cenderung dengan tidak terlalu memperhatikan persepsi masyarakat tentangnya.

Jadi secara umum, sigma male artinya laki-laki yang memilih untuk menjalani hidupnya di luar hierarki sosial normal masyarakat. Untuk menjadi pria sigma, kamu harus mengembangkan kepercayaan diri.

Karakteristik Sigma Male

Dikutip dari artikel situs Mom Junction yang ditulis oleh Rohan Sinha, adapun karakteristik dan ciri-ciri sigma male adalah sebagai berikut:


1. Fleksibel

Pertama, karakteristik sigma male (sigma male personality) yaitu mereka orangnya fleksibel. Jika alpha atau beta male lebih kaku dalam hal kepribadian serta lingkungan yang mereka sukai.

Sigma male justri bisa lebih beradaptasi dengan sebagian besar keadaan lingkungannya. Mereka bisa berperan di bawah situasi sosial yang berbeda, bahkan mampu tampil baik di luar zona nyamannya.


2. Selalu Jadi Diri Mereka Sendiri

Menjadi diri sendiri termasuk karakter dari sigma male. Mungkin banyak orang yang cenderung tidak menjadi dirinya sendiri, jika berada di sekitar orang lain. Laki-laki sigma justru cenderung menjadi diri mereka sendiri, terlepas dari siapa yang ada di sekitarnya.


3. Bisa Memimpin Tanpa Otoriter

Membahas tentang kepemimpinan, mungkin cenderung ke pria alpha. Sigma male juga bisa menjadi pemimpin yang sangat baik, meskipun dengan gaya kepemimpinan yang berbeda.

Menariknya, sigma male lebih suka memimpin dengan memberi contoh atau komunikasi timbal balik, daripada membangun dominasi maupun otoritas mereka. Dengan demikian, sigma male akan mendapatkan apa yang ia perlu capai melalui pendekatan kepemimpinan yang seimbang.


4. Cenderung Penyendiri

Dalam hal ini, lelaki berkepribadian sigma memang terkadang tidak sering membutuhkan orang untuk bersenang-senang. Di sisi lain, sigma male juga bisa menjadi orang yang menyenangkan dan ramah dengan orang yang mereka sukai.


5. Baik dalam Memutuskan Sesuatu

Sigma male akan tahu bagaimana mereka bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri. Mereka tidak terikat oleh masyarakat atau lingkungan mereka. Jadi, mereka menganggap diri mereka bisa menentukan tindakan dan konsekuensi atas keputusan mereka sendiri.


6. Pendengar yang Baik

Sigma male personality selanjutnya yaitu seorang pendengar yang baik. Sigma male cenderung menjadi pendengar yang baik, karena ia bisa memahami nilai keheningan dan rasa hormat ketika orang lain berbicara dengan mereka.

Mereka lebih mengutamakan isi atau inti komunikasi. Sehingga, mereka bisa mendengarkan dengan baik dan akan berbicara bila diperlukan.


7. Mandiri

Laki-laki yang mandiri merupakan contoh sigma male. Sigma male memang menghargai kemandirian lebih dari apa pun.

Mereka akan melakukan yang terbaik untuk sepenuhnya mandiri dalam semua aspek kehidupan. Oleh sebab itu, pria sigma tidak ingin bergantung pada siapa pun.


8. Berani dan Tidak Takut Mengambil Risiko

Karakter sigma male yaitu menerima risiko yang terkait dengan keputusan yang mereka ambil. Di sisi lain, mereka juga jarang mengambil jalan yang sulit.

Ia tidak mau menyimpang dari jalur karir dan kehidupan yang mapan. Mereka tidak menyukai struktur sosial, jadi mereka suka keluar dan melakukan hal dengan cara mereka sendiri.


9. Bukan Si Pencari Perhatian

Laki-laki sigma tidak suka mencari perhatian, ataupun validasi dari orang lain. Ketika mereka mendapatkannya, dia tidak hidup untuk itu atau berkembang di atasnya.

Jadi, sigma male cenderung menyatu dengan latar belakang mereka. Selain itu, ia juga lebih suka mendengarkan serta mengamati daripada menjadi pusat perhatian.


10. Memiliki Lingkungan Sosial yang Kecil

Ciri khas sigma male lainnya yaitu cenderung memiliki lingkaran sosial yang kecil, namun dekat. Jadi, sigma male tidak merasa perlu memiliki lingkaran pertemanan yang besar, untuk membuat orang terkesan kepadanya.

Justru sebaliknya, mereka lebih suka memiliki lingkaran teman berkualitas. Mereka lebih memilih pertemanan yang bisa dipercayai. Walaupun mungkin terlihat sebagai anti-sosial, tapi nyatanya tidak kok.


11. Tidak Bergantung Pada Suatu Kelompok

Sigma male bisa masuk ke dalam kelompok teman mana pun, namun mereka tidak mau bergantung pada mereka. Seperti yang kita tahu, sigma male itu fleksibel dan mudah bergaul dengan orang lain.

Sehingga akan mudah bagi mereka untuk masuk ke dalam kelompok sosial yang berbeda. Mereka akan puas dan bahagia sendiri dan tetap sama, terlepas dari lingkaran sosialnya.


12. Bisa Berpotensi Menjadi Alpha Male

Hal ini bisa dilihat dari kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas yang dimiliki sigma male. Tidak hanya itu, keterampilan kepemimpinan serta kemandirian mereka juga menjadi kekuatan dari zona nyaman mereka.


Perbedaan Sigma Male, Alpha Male, dan Beta Male

Dirangkum dari situs Knowledge For Men, perbedaan antara sigma male, alpha male, dan beta male bisa kita lihat dari beberapa hal berikut ini:


1. Validasi Sosial

Dalam hal validasi sosial, sigma male cenderung tidak terlalu memperhatikan itu, sementara alpha male sering dilihat sebagai pemimpin atau dominan dalam hierarki sosial, dan beta male juga ingin memperoleh seluruh rasa harga diri atau rasa hormat mereka dari posisi mereka atas orang lain.

Berbeda, menurut sigma male validasi sosial dan hierarki tidak berarti apa-apa bagi mereka. Mereka tidak ingin menjadi bagian dari permainan sosial ataupun kekuasaan.

Sigma male paling tidak peduli dengan bagaimana orang lain memandang mereka. Sebaliknya, mereka memperoleh harga diri dan rasa hormat mereka dari nilai-nilai dirinya.


2. Kerendahan Hati

Harga diri pria alpha terkait erat dengan persepsi masyarakat, sedangkan sigma male sigma justru lebih terletak pada pekerjaan itu sendiri daripada standar sosial.

Sigma male akan melakukan pekerjaan dengan kemampuan terbaik, mereka tidak peduli dengan pujian maupun opini publik. Kebutuhan mereka akan penghargaan, dilihat sebagai orang yang bisa melakukan pekerjaan dengan baik.


3. Tanggung Jawab

Dalam segi tanggung jawab, alpha cenderung akan menerima sesuatu atas hasil dan tanggung jawab mereka untuk membangun dunia mereka sendiri, sigma male akan bertanggung jawab atas segala keputusannya.

Sedangkan beta male, cenderung lebih menyalahkan orang lain alih-alih mengambil tanggung jawab untuk diri mereka sendiri. Di sini, beta male akan menyalahkan orang lain dan menghindari beban kepemilikan tanggung jawab mereka.

Sejatinya, tidak ada yang namanya alpha male, beta male, atau sigma male murni. Kepribadian seseorang bisa saja lebih dari gabungan antara jenis kepribadian lain. Setiap orang di dunia ni adalah individu unik. Unik menurut mereka sendiri dengan serangkaian sifat yang dimiliki.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6385492/mengenal-istilah-sigma-male-yang-jadi-tipe-pria-idaman-wanita/amp



10 Karakter Sigma Male, Si Penyendiri tapi Selalu Ada untuk Orang Lain

Apa Itu Sigma Male?

Karakteristik dan Ciri-Ciri Sigma Male

Moms mungkin pernah mendengar karakteristik alpha male yang dominan dan bertanggung jawab. Versi introvertnya, bisa disebut dengan sigma male.

Orang dengan karakteristik sigma male kerap disebut juga "lone wolves" atau serigala penyendiri.

Mirip dengan alpha male, sigma male disematkan untuk laki-laki tampan yang dominan dan berpengaruh, tapi lebih suka menyendiri.

Walau dibilang mirip, perbedaan sigma dan alpha male cukup mencolok.

Mulai dari sifat emosional, pandangan terhadap karier, hingga kecenderungan kisah percintaan.

Supaya lebih memahami karakter sigma male, simak ciri-cirinya berikut ini, yuk!


Apa Itu Sigma Male?

Istilah "sigma male" digunakan untuk menggambarkan pria yang populer, sukses, tetapi sangat mandiri. Aktivis dan penulis, Theodore Robert Beale, diyakini sebagai orang yang pertama kali menciptakan istilah tersebut.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa sigma male pada dasarnya adalah alpha male yang introvert. Sementara yang lain berpendapat bahwa ia sekuat alpha, tetapi tidak lebih rendah dari beta male.

Beberapa contoh laki-laki dengan karakteristik ini adalah John Maclane (polisi dari serial The Die Hard) dan John Wick (pembunuh dari serial film yang diperankan oleh Keanu Reeves).


Karakteristik dan Ciri-Ciri Sigma Male

Secara umum, sigma male adalah pria yang memilih untuk menjalani hidup mereka secara mandiri, tanpa ekspektasi dan struktur masyarakat yang normal. Laki-laki sigma akan sering keluar dari zona nyamannya, seperti menjadi pengusaha dan memimpin orang lain tanpa ingin mendapat sorotan.

Mereka adalah pekerja keras, pendiam, dan percaya diri. Namun, karena beberapa karakteristiknya, sigma male juga sering dianggap pemalas.


Berikut fakta menarik dan ciri-ciri kepribadian sigma male untuk diketahui:

1 . Penyendiri tetapi Tetap Ada untuk Orang Lain

Salah satu ciri sigma male yang paling mencolok adalah lebih suka menyendiri. Ya, sosoknya cenderung lebih menghargai kesendirian daripada ditemani orang lain. Hal ini karena mereka memiliki kepribadian introvert, Moms. Akan tetapi, bukan berarti bahwa pria sigma tidak menghargai keputusan orang lain, ya. Hanya saja, dengan sendirian, seorang pria sigma merasa bisa mencapai lebih banyak hal daripada saat bersama dengan orang lain.


2. Memimpin Diam-diam

Pria dengan karakterisitik ini juga sehebat laki-laki alfa dalam memimpin orang lain. Namun, laki-laki sigma cenderung memiliki pendekatan yang lebih halus. Mereka memiliki keseimbangan yang tepat antara kemandirian, perhatian, dan kecerdasan. Pria sigma tergolong pemimpin yang percaya diri tanpa sedikit pun ego yang membutuhkan validasi dari orang lain. Ia juga pantang menyerah, bahkan bisa menemukan solusi praktis untuk suatu masalah dengan cepat. Prioritas pria sigma sebagai pemimpin bukan untuk mendapatkan reputasi, tetapi untuk memenuhi tujuan mereka.


3. Mudah Beradaptasi

Sifat lain yang mengagumkan dari laki-laki sigma adalah mudah beradaptasi. Mereka dapat bertanggung jawab atas suatu situasi saat dibutuhkan, namun tidak untuk beberapa situasi sekaligus. Mereka senang menjadi dirinya sendiri dan fleksibel beradaptasi, tidak seperti laki-laki alfa. Laki-laki sigma bisa menjadi pemimpin, pengikut, atau siapa pun di antaranya selama mereka menjadi diri mereka sendiri. Namun, karena hal ini juga, terkadang sigma male malah jadi terlihat sombong.


4. Tidak Perlu Validasi Eksternal

Laki-laki sigma tidak suka mendapatkan pengakuan atau validasi seperti laki-laki alfa. Laki-laki dengan karakteristik sigma male cenderung lebih nyaman dengan dirinya sendiri tanpa mencari validasi dari orang lain. Mereka cenderung menghindari mengikuti tren dan tidak suka gosip. Mereka akan tetap menjadi orang yang sama sekali tidak peduli situasi sosialnya.


5. Tidak Banyak Bicara

Karena cenderung introvert, sigma male bukanlah pembicara yang hebat. Mereka menganggap bahwa small talk atau basa-basi tidaklah bermakna dan cenderung membuang-buang waktu. Oleh karena itu, mereka lebih suka menggunakan energinya untuk hal-hal penting daripada bergosip. Istilah tepatnya, laki-laki sigma bisa disebut sebagai seorang introvert dominan.


6. Pemikir Kritis

Tidak asal menilai, seorang sigma male cenderung melihat sesuatu dari sisi benar dan salah dalam suatu situasi. Memiliki kepribadian pemikir kritis, mereka lebih memilih untuk menganalisis situasi terlebih dahulu sebelum memberikan penilaiannya. Karena ciri khas ini, banyak orang mungkin memandangnya sebagai orang jahat. Ingat, sigma male perlu memahami logika di balik suatu tindakan sebelum mereka memilih untuk mendukungnya.


7. Siap Mengambil Risiko Demi Mencapai Tujuan

Satu sifat menarik pada pria sigma adalah mereka tak segan mengambil risiko. Seorang pria sigma sangat menjaga keseimbangan antara kepraktisan dan idealisme. Dia memahami bahwa beberapa situasi mungkin akan bermanfaat jika tidak mengikuti aturan tertentu. Sifat mereka inilah yang membuat mereka lebih unggul dari kepribadian pria lainnya dalam situasi tertentu.


8. Sadar Diri

Kesadaran diri adalah salah satu kualitas yang paling mengagumkan dari seorang sigma male. Laki-laki sigma sangat menyadari kekuatan dan kelemahannya. Mereka pun tak segan untuk gerak cepat memperbaiki kelemahannya. Seorang sigma male juga melihat kegagalan sebagai peluang untuk berkembang menjadi sosok yang lebih baik.


9. Memutuskan Sendiri Masa Depannya

Alfa adalah pemimpin, beta adalah pengikut, sedangkan sigma bukan keduanya. Pria sigma memutuskan apa yang harus dilakukan sendiri dan bertanggung jawab atas masa depan mereka. Mereka juga tidak suka diatur atau mengikuti struktur tertentu. Seorang sigma male hanya akan melakukan apa yang menurutnya paling sesuai dengan kepribadiannya. Namun, sifat yang terkesan seperti pemberontak inilah yang justru membuatnya cocok menjadi pemimpin yang cerdas, percaya diri, dan baik. Namun, sifat ini mungkin tidak menguntungkan dalam hubungan romantis.


10. Mandiri

Ciri kepribadian laki-laki sigma lainnya adalah menghargai kemandirian. Saking mandirinya, mereka tidak mau bergantung pada orang lain meskipun untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. "Serigala penyendiri" ini tak segan untuk membuka jalan mereka sendiri. Jika dia menginginkan sesuatu, maka dia tidak akan ragu untuk melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya.

Itulah ulasan mengenai sigma male dan karakteristiknya. Nah, apakah ada orang terdekat Moms atau Dads yang punya kepribadian ini?

https://www.orami.co.id/magazine/sigma-male

No comments:

Post a Comment

Related Posts