Friday, February 17, 2023

Introvert, Pendiam tapi Sosok Luar Biasa

Kekuatan Tersembunyi dari Para Introvert, Dikenal Pendiam Padahal Merupakan Sosok Luar Biasa

Kamis, 16 Feb 2023

Beauties, adakah di antara kamu yang memiliki kepribadian sebagai introvert atau introver? Walaupun dikenal sebagai sosok yang pendiam dan suka menyendiri, ternyata orang dengan kepribadian introver diam-diam menyimpan kekuatan yang istimewa.

Mungkin masih jarang disadari, ada sejumlah kelebihan introver yang membuat mereka tak kalah istimewa dari kepribadian ektrover. Ingin tahu seperti apa sih keistimewaan para introver ini? Simak rangkumannya khusus buat kamu berikut ini!

Sebagai seorang introver, kamu mungkin setuju jika menghabiskan waktu sendirian terasa nyaman dan menyenangkan, Beauties. Namun ternyata di balik kebiasaan ini ada kelebihan tersembunyi yang terkadang nggak kamu sadari. Dirangkum melalui laman Walden University, introver yang cenderung suka menghabiskan waktu sendirian malah membantu mereka untuk menginkubasi kreativitas.

Penulis buku bernama Susan Cain bahkan mengungkap ide-ide brilian terkadang muncul dari pemikiran orang-orang pendiam. Seperti seni ataupun penemuan terbesar.


Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sosok introver.

Nggak kalah mengejutkan, meski sosok ektrover lebih dinilai cocok tampil sebagai pemimpin, ternyata para introver juga memiliki peluang yang sama. Masih dikutip dari laman sebelumnya, kemampuan introver sebagai pendengar yang baik dapat mendorong anggotanya untuk menyampaikan ide dengan lebih nyaman. 

Mereka juga cenderung jeli dalam memperhatikan detail maupun koneksi yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Hal ini pun mampu membantu tim dalam memperoleh hasil terbaik.


Kemampuan Komunikasi yang Istimewa hingga Pengamat Andal

Tak hanya dikenal sebagai pendengar yang baik, para introver diam-diam memiliki kemampuan komunikasiyang baik, Beauties. Bukan hanya terbatas pada gaya berbicara mereka, melainkan cara menyampaikan apa yang ingin dikatakan. Seperti dirangkum melalui Psychology Today, introver lebih memilih menahan diri untuk mengatakan sesuatu sampai mereka yakin kalau apa yang akan keluar dari mulut mereka akan sesuai dengan apa yang ada di dalam kepala.

Hal yang membuat cara berkomunikasi introver istimewa adalah mereka akan memikirkan dengan hati-hati saat ingin menyuarakan pikiran dan perasaan mereka. Kata-kata yang mereka keluarkan pun cenderung lebih menarik perhatian sekaligus rasa hormat dari lawan bicara.

Tahukah kamu? Kalau diam-diam introver juga bisa menjadi pengamat yang andal, Beauties. Dikutip dari Pinkvilla, para introver bisa mengamati perilaku manusia yang mungkin kerap terlewatkan. Mereka bisa mengamati bahasa tubuh sampai tindakan seseorang.

Cara ini biasanya mereka lakukan untuk membantu diri mereka bertumbuh secara pribadi, lebih peka terhadap lingkungan dan orang sekitar. Bahkan bisa juga menjadi perhitungan dalam meraih kesuksesan mereka, lho. 


Sumber :

https://www.beautynesia.id/life/kekuatan-tersembunyi-dari-para-introvert-dikenal-pendiam-padahal-merupakan-sosok-luar-biasa/b-270736/3

No comments:

Post a Comment

Related Posts