Wednesday, September 5, 2018

Contoh Iklan Online sebagai Soft Selling


Iklan Online dan Softselling
Kamu pasti butuh contoh menulis iklan online dan soft selling alias yang enggak kelihatan jualan, kan? Baik online shop yang menjual produk, atau freelancer yang menawarkan jasa seperti profesi penulis, dll.

Nah, kamu tinggal tiru dan modifikasi contoh-contoh di bawah ini, terus posting di status facebook, fanpage, instagram, atau blog. Berikut ini pengalaman sebagai copywriter.

Satu. 
Menulis tips seputar bidang yang digeluti. Misalnya, kamu jualan buku seputar keuangan. Nah, buat tulisan tentang tips di dunia keuangan saja, seperti tips mengelola uang belanja, tips mencatat keuangan bisnis, tips memilih tabungan jangka panjang, tips jadi orang pelit tapi mengaku irit, ups.

Dua. 
Kasih edukasi ke followers soal pentingnya membeli produk atau menggunakan jasa kamu. Sebelum membuat tulisan iklan, kira-kira pakai sudut pandang apa agar pembaca merasa yakin kalau harus pakai produk/jasa kamu. Misalnya, kamu ingin menawarkan jasa sebagai penulis iklan di media sosial atau copywriter, maka bisa menulis mengapa semua perusahaan kini wajib memiliki copywriter.

Dewasa ini, hampir semua perusahaan memiliki media sosial. Sayangnya, media sosial hanya seperti pajangan produk saja. Maka, profesi copywriter bisa membantu Anda menuliskan naskah iklan soft selling di media sosial. Setidaknya, Anda akan mendapatkan tiga manfaat dari seorang copywriter.

1. Copywriter akan menuliskan status promosi di fanpage. 
Sekilas, tulisan tersebut memang biasa, tetapi mengandung unsur ajakan agar followers suka kepada produk Anda. Dengan membaca tulisan iklan tadi, followers jadi tahu kalau perusahaan Anda menjual berbagai produk. Selanjutnya, mereka akan tertarik dan membeli produknya.

2. Media sosial bisa menjadi alat branding.
Copywriter akan membuat tulisan secara berkala. Misalnya, rutin membuat dua posting dalam sehari. Maka, perlahan-lahan akan membuat followers tahu branding perusahaan Anda. Contohnya, copywriter kerap menulis soal fashion, maka follower akan menilai perusahaan Anda identik dengan dunia fashion.

3. Bisnis Anda terkesan profesional
Jika memiliki copywriter, maka tidak hanya rutin up date, tetapi juga menambah penilaian followers. Mereka akan lebih menilai produk Anda lebih terpercaya jika dilihat dari isi postingan yang rutin dan tertata. Secara tidak langsung, itu menunjukkan kalau perusahaan Anda profesional.

Tiga. 
Kaitkan hal yang tengah booming dengan produk/jasa. Misalnya, kamu punya toko buku online dan sebentar lagi bertepatan dengan hari buku nasional. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen tadi. Eit, contoh iklan di bawah ini tidak berlaku buat kamu yang jualan buku tabungan, buku diary, atau buku kredit.

1. Menulis resensi buku. 
Selama seminggu sebelum dan sesudah hari buku, kamu bisa menulis review buku di blog. Postingan itu bisa jadi referensi viewers blog kamu dalam memilih buku bacaan nantinya.

2. Posting foto cover buku-buku favorit di media sosial. 
Tujuannya itu secara tidak langsung mengajak followers kamu mau membaca buku.

3. Sumbang buku ke perpustakaan, atau taman baca, dll. 
Pokoknya kasih buku gratis di tempat yang menerima buku-buku.


Empat. 
Buat cerita mengenai aktivitas kamu hari ini terus selipkan nama produk/jasanya. Pembaca bisa jadi tidak sadar kalau itu tulisan promosi. Tapi setidaknya mereka sudah tahu soal produk/jasanya. Untuk bentuk artikel yang seperti ini memang lebih ke brand awareness, tapi tidak menutup kemungkinan juga membuat pembaca tertarik dan menjadi konsumen nantinya.

Kekuatan iklan online tidak hanya berupa tulisan, ada baiknya upload juga foto/grafis/gambar/dll yang berkaitan dengan isi naskah.


Sumber :
https://www.wurinugraeni.com/2016/09/contoh-iklan-online-dan-softselling.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts