Saturday, August 29, 2015

Mengatur Diri

"MENGATUR UANG = MENGATUR DIRI"

Banyak orang berkata mengatur uang itu susah. Banyak yang sempat berseloroh bahwa mereka sampai pontang panting berpikir dan bertindak utk mengatur uang, namun kerapkali gagal.

Mengapa?

Apakah kesulitan mengatur uang itu baru terjadi sekarang?
Apakah kesukaran mengatur uang itu terjadi secara tiba-tiba?

Atau Kesukaran tsb sudah terjadi berulang kali dan sudah dialami cukup lama, serta dapat di-perkirakan?

-----

Ambil contoh:

Membiayai liburan sukar? Benarkah?
Apakah hari libur datang secara tiba2?

-----

Contoh lain:

Membayar uang pangkal sekolah anak. Apakah anak kita tiba-tiba besar dan lulus ujian tanpa dpt diprediksi? Apakah kita tdk bisa menghitung kalendar dan mengetahui jadwal anak kita lulus SD, SMP & SMA?

-----

Saya percaya semua kesukaran dalam mengatur uang itu terjadi secara eskalasi dan tercipta secara gradual melalui proses dan waktu, di mana kita berperan dan bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi.

Namun seringkali kita tdk mau dipersalahkan atas kejadian ini dan lalu menunjuk orang lain yang bersalah, termasuk menunjuk pasangan kita, perusahaan kita, negara dan pemerintah.

-----

Pahamilah kesukaran itu tercipta secara perlahan dan kita sendiri yang menciptakannya. Selayaknya kita menyadari sejak dini, lalu mulai merencanakan dan bertindak sesuai dgn rencana.

Mengatur uang itu adalah mengatur diri dalam membelanjakan uang ke dalam berbagai bentuk kebutuhan dan keinginan hari esok dan hari ini.

-----

Bila kita tdk disiplin dalam membelanjakan uang secara rutin setiap bulan, maka jangan heran kita akan mengalami kesukaran di tahun-tahun mendatang.

Oleh sebab itu mulailah sejak sekarang mengatur diri dan disiplin membelanjakan uang kita ke dalam berbagai bentuk barang yang produktif dan appresiatif serta konstruktif.

-----

Saya percaya tidak ada yang sukar bila kita mau berupaya.


Salam,
Andreas Freddy Pieloor
Konselor Keuangan dan Keluarga


Sumber :
Milis The Managers