Thursday, August 13, 2015

Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert

Yang Mana Tipe Kepribadian Anda?

Salah satu pengelompokkan tipe kepribadian yang paling populer adalah ekstrovert dan introvert. Teori ini dipopulerkan oleh Carl Jung di akhir dekade 70-an. Carl Jung mengelompokkan orang ke dalam dua tipe berdasarkan tingkah laku sosialnya.

Ekstrovert cenderung sangat suka berinteraksi dan bergaul dengan orang lain, sedangkan introvert adalah tipe orang yang berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu banyak karakter lain yang membedakan kedua tipe ini.

Dalam perkembangannya, muncul satu lagi tipe kepribadian manusia dari teori ini. Tipe tersebut adalah ambivert. Ambivert adalah tipe yang merupakan gabungan dari ekstrovert dan introvert. Termasuk tipe yang manakah Anda, Ladies? Simak karakteristik masing-masing tipe berikut ini untuk mengetahui tipe yang mana Anda.


Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang menyukai interaksi dengan dunia luar. Ekstrovert cenderung lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir. Orang dengan tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Antusias
Banyak bicara
Tegas
Suka berteman
bersemangat
Spontan
Percaya Diri
Suka Keramaian
Suka Bercerita


Introvert adalah tipe orang yang cenderung berhati-hati dan berpikir saat berinteraksi dengan orang lain. Mereka cenderung lebih menutup diri dari kehidupan luar. Orang yang bertipe introvert lebih menyukai tempat sepi dan tenang daripada keramaian. Beberapa ciri lainnya:

Tidak banyak bicara
Lebih suka bekerja sendiri
Tidak suka menjadi pusat perhatian
Berhati-hati
Lebih suka berfokus pada satu hal
Sulit bergaul
Lebih sering mendengarkan daripada bercerita
Suka mengamati interaksi di sekitar mereka.


Ambivert
Meskipun banyak orang akan menunjukkan sifat yang menjurus kepada salah satu dari dua tipe sebelumnya yaitu; introvert dan ekstrovert. Namun banyak juga orang yang berpikir dirinya merupakan campuran antara tipe introvert dan ekstrovert. Tipe ini dikenal dengan Ambivert.

Orang orang dengan tipe ini kadang menunjukkan ciri-ciri introvert di beberapa kesempatan, tetapi juga menunjukkan ciri ekstrovert pada kesempatan lainnya. Sifat orang yang bertipe ambivert lebih sulit di tebak karena bisa berubah-ubah.

http://www.vemale.com/woman-extra/54733-ekstrovert-introvert-dan-ambivert-yang-mana-tipe-kepribadian-anda.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts