Wednesday, April 15, 2020

11 Usaha Online Rumahan Tanpa Modal

11 Usaha Online Rumahan Tanpa Modal Tahun 2020 | Untung Melimpah!

Usaha online kini semakin mudah dilakukan orang. Modal yang minim, pilihan bisnis yang banyak menjadi alasannya. Bingung mau usaha online apa? Berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda jadikan referensi.

Zaman dan teknologi yang semakin berkembang membuat pelaku usaha online semakin banyak.
Kenapa bisnis online semakin diminati? Ada beberapa hal sebenarnya yang menjadi alasan, yaitu:

  • Bisa dilakukan di mana saja
  • Bermodal kecil
  • Dijamin menguntungkan
  • Percaya atau tidak, Anda bisa mendapatkan keuntungan 3 kali lipat atau bahkan lebih!

Lantas bagaimana cara menjadi pengusaha online? Simpel saja sebenarnya. Sebelumnya Anda hanya butuh:

  • Kemauan
  • Koneksi internet
  • Bisnis online ini juga tak mengharuskan Anda pergi ke mana-mana.

Dengan kata lain. Ada banyak usaha online yang bisa dilakukan di rumah. Siapa yang tak mau? Diam di rumah, nyalakan internet, dan dapat penghasilan besar. Ini dia yang namanya kerja santai!

Coba deh pilih salah satu ide bisnis online tanpa modal berikut ini…


1. Reseller atau Dropshipper
Apa itu reseller atau dropshipper? Sederhananya. Reseller adalah seseorang yang menjual produk orang lain. Kemudian, dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun menggunakan nama pribadinya.

Bila ada yang bertanya usaha online apa yang paling laris? Bisa dibilang ini adalah pilihan yang paling diminati dan mudah dilakukan. Anda tak perlu repot memikirkan konsep bisnis atau bahkan membuat produk.

Cukup lakukan ini:

  • Temukan barang yang akan dijual
  • Buat akun di situs penjualan
  • Buat akun media sosial
  • Promosikan produk yang Anda jual
  • Dijamin bisnis ini tidak akan merugikan!

Kenapa?

  1. Pertama, tak perlu memikkan konsep bisnis.
  2. Kedua, tak perlu repot-repot mencari produk.
  3. Ketiga, bisa menjual produk tersebut dengan selisih harga tertentu.

Bayangkan:
Anda akan mendapatkan keuntungan hanya dengan memasarkan produk. Tak perlu takut rugi karena Anda bisa membeli produk kepada penjual utama saat ada pesanan. Satu hal yang harus dipastikan: Produk yang dijual memang berkualitas. Sangat disarankan juga untuk memiliki banyak akun jualan online. Ini akan membuat para calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk Anda.


2. Blogger
Nah, bisnis online ini cocok untuk Anda yang sangat suka bercerita. Kalau tadinya Anda suka bercerita di buku diary, kini saatnya beralih pakai internet. Anda bisa membuat sendiri blog atau bahkan website khusus.

Percaya atau tidak. Bisnis rumahan yang satu ini sangat menguntungkan!

Kok bisa? ‘Kan hanya nulis-nulis?

Eits… jangan salah! Anda bisa mendapatkan banyak uang hanya dengan menulis. Ketika memiliki blog sendiri, Anda bisa:

  • Memasang iklan online melalui Google Adsense, atau
  • Menjual jasa review

Tentunya kedua hal di atas bisa Anda lakukan kalau: Umur blog sudah lama dan aktif diisi oleh beragam konten. Selanjutnya. Anda bisa memasang iklan menggunakan Google Adsense. Apabila awalnya ditolak, jangan menyerah untuk mencobanya lagi.

Bingung memulainya? Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep blog tersebut. Kira-kira topik apa saja yang akan Anda tulis. Tentunya semakin banyak blog, maka akan semakin menguntungkan. Jangan lupa untuk terus pantau dan update, ya!


3. Penulis Lepas
Tak sabar menunggu blog ramai pengunjung? Kalau begitu. Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Usaha online yang satu ini terbilang cukup populer, lho!

Kenapa? Kini sudah banyak situs-situs baru dan tentunya membutuhkan banyak konten artikel. Artikel-artikel ini dibutuhkan untuk: Membuat situs tersebut mudah ditemukan di mesin pencarian internet. Meski dianggap mudah. Nyatanya tak semua orang bisa membuat konten tulisan dengan baik.

Sayangnya, tak semua orang membayar seorang penulis lepas dengan bayaran yang tinggi. Apabila Anda masih pemula. Sangat wajar jika dibayar dengan nominal rendah. Namun. Kalau Anda sudah ahli di bidangnya, uang ratusan ribu rupiah per artikel pun bisa masuk kantong.

Perlu Anda ketahui: Artikel berbahasa Inggris akan dibayar lebih mahal dibanding artikel berbahasa Indonesia. Semakin panjang artikelnya, maka bayaran yang didapat pun akan semakin besar.

Sebagai permulaan. Anda bisa membuat akun di beberapa situs khusus bagi para pekerja lepas (freelancer). Oh, ya, Anda juga sebaiknya melampirkan beberapa contoh tulisan saat menawarkan diri sebagai penulis lepas. Ini akan memudahkan calon klien dalam mempertimbangkan dan Anda pun jadi memiliki nilai jual tambahan.


4. Penerjemah
Banyak perusahaan yang butuh seseorang dengan kemampuan berbahasa asing. Ini disebabkan oleh: Banyaknya perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan asing.

Oleh karena itu, Banyak dokumen yang perlu diterjemahkan. Faktanya, banyak perusahaan tak memiliki penerjemah full time. Tentu inilah peluang Anda!

Sebagai penerjemah pemula, Anda bisa mencari proyek-proyek kecil di internet. Atau, Anda bisa menawarkan jasa terlebih dahulu kepada teman atau kerabat. Setidaknya ini bisa menjadi bahan portofolio di kemudian hari.

Semakin banyak portofolio berkualitas, maka peluang akan semakin terbuka lebar. Selain bisa dikerjakan di rumah.  Pekerjaan ini juga tak akan terlalu menyita waktu Anda, sehingga bisa dikerjakan di waktu luang.

Benar-benar tanpa modal! Anda hanya perlu bermodal kemampuan berbahasa asing. Setelah itu, Cukup tawarkan atau iklankan jasa penerjemah di internet. Mudah ‘kan?


5. Jasa Desain Grafis
Anda punya kemampuan mendesain? Yuk, dimanfaatkan! Perkembangan zaman juga membuat banyak pihak yang membutuhkan jasa desain grafis. Khusus bagi Anda yang masih pemula: Teruslah berlatih untuk mendesain untuk meningkatkan kualitas dan menambah portofolio. Bisnis online tanpa modal ini memang bisa Anda lakukan di rumah.

Jangan dianggap sepele! Sebuah desain bisa sangat mahal. Apalagi jika Anda sudah menjadi seorang desainer profesional. Minimal ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan rupiah sudah bisa masuk ke kantung Anda untuk setiap desain.

Bagi Anda yang sedang kuliah desain grafis. Mungkin bisa mulai mencari freelance sejak kuliah.

Kenapa? Tentu ini akan menambah “jam terbang”, sehingga kemampuan dan nilai jual pun akan tinggi. Kalau sudah merasa percaya diri dan memiliki desain yang profesional. Bergabunglah dengan beberapa marketplace penyedia jasa.

Apa manfaatnya? Kesempatan Anda untuk menerima proyek desain dari dalam dan luar negeri pun akan banyak. Satu hal yang penting: Jangan terlalu memilih-milih proyek saat baru memulainya.

Kalau Anda sudah ahli, Bisa saja Anda mengiklankan jasa kursus online untuk desain grafis.


6. Fotografi
Kalau Anda punya hobi fotografi.. Cobalah untuk lebih tekun berlatih! Memfoto sebuah objek memang bisa dilakukan oleh semua orang, namun, Tak semua orang bisa mengambil gambar dengan angel yang bagus.

Kalau Anda punya hobi fotografi, latihlah terus! Tak perlu menggunakan kamera yang mahal. Anda bisa memulainya menggunakan kamera sederhana.

Hal terpenting: Anda tahu dan paham mengenai teknik-tekniknya. Saat hasil foto Anda sudah bagus, maka bisa dijual dan tentunya menghasilkan. Apalagi kalau, Anda juga bisa mengedit gambar hanya untuk mempertegas warna foto. Harga hasil foto Anda pun akan lebih tinggi.

Lalu, apa hubungannya fotografi dengan usaha online rumahan? Begini, Foto yang Anda ambil tentu bisa diedit di rumah. Selanjutnya, siapkan juga koneksi internet.

Kira-kira untuk apa? Perlu diketahui bahwa: Kini sudah banyak situs penyedia foto yang bisa diunduh dengan cara berbayar. Jika hasil foto Anda sudah profesional, maka bisa dijual di situs-situs tersebut.


7. Admin Media Sosial
Nah, kalau yang satu ini sangat berhubungan dengan perkembangan zaman. Seperti yang kita tahu.
Hampir semua orang memiliki akun media sosial. Bahkan, satu orang bisa memiliki beberapa akun. Peluang inilah yang dilirik oleh para perusahaan. Pengembangan bisnis melalui media sosial pun kian gencar dilakukan.

Oleh karena itu, Kini admin sosial media menjadi salah satu profesi yang terus berkembang. Tak hanya full time, pekerjaan ini juga bisa dikerjakan secara freelance. Jadi, pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.

Jangan salah, Pekerjaan yang satu ini pun tergolong menjanjikan, lho! Sebelum berkecimpung, tentu Anda harus tahu dulu apa saja yang dilakukan. Beberapa tugas Anda adalah:

  • Membuat konten menarik
  • Meningkatkan jumlah followers atau likes
  • Beinteraksi dengan followers
  • Terlihat sederhana?

Sebenarnya tidak! Anda juga akan bertugas meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan. Bahkan. Ada juga yang meminta untuk menaikkan jumlah pengunjung situs melalui media sosial.

Oleh karena itu, Tak heran kalau profesi ini dibayar cukup tinggi.


8. Vlogger Profesional
Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu dulu apa itu vlog? Vlog adalah singkatan dari video blog.

Jadi, Isinya mirip-mirip seperti blog, namun dikemas dalam bentuk video. Anda bisa membuat beragam video ulasan, mulai dari: Kehidupan pribadi, kuliner, travelling, dan lain sebagainya. Kalau yang satu ini nampaknya sedang banyak dilakukan oleh generasi millenial.

Tahukah Anda? Pekerjaan sebagai vlogger nyatanya sangat menguntungkan, lho! Bingung karena tak punya kamera terbaik?

Jangan khawatir! Anda bisa memulainya menggunakan kamera handphone. Selanjutnya, Anda perlu:

  • Percaya diri
  • Kreatif
  • Punya kemampuan mengedit
  • Ya, gunakanlah efek-efek unik di video Anda agar hasilnya lebih maksimal.

Jika sudah, maka unggah ke situs penyedia konten video. Anda bisa mengunggahnya secara gratis, lho! Semakin menarik video yang dibuat, maka yang melihat pun akan semakin banyak. Kalau yang melihat video Anda sudah semakin banyak. Uang jutaan rupiah pun bisa Anda dapatkan. Tertarik menggeluti usaha online tanpa modal ini?


9. Jasa Pembuatan Website Online
Perkembangan zaman membuat banyak perusahaan yang butuh memiliki website.

Ini keuntungan website bagi perusahaan:

  • Merepresentasikan perusahaan
  • Memperkenalkan produk
  • Adanya website dengan tampilan profesional pun membuat perusahaan jadi semakin terpercaya.

Nah, fenomena ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Kalau Anda memiliki kemampuan untuk membuat website, maka lakukanlah! Ada banyak peluangnya, mulai dari:

  • Usaha mengengah ke bawah
  • Perusahaan dalam negeri
  • Perusahaan luar negeri
  • Tak perlu bingung memperkenalkannya ke khalayak.

Cukup dimulai dengan membuat website sendiri untuk menawarkan jasa.

Belum ada modal? Tentunya Anda bisa menggunakan media-media penyedia pekerjaan freelance. Bukan seperti berjualan barang. Jasa pembuatan website ini bisa menjadi usaha online yang menjanjikan.

Kenapa? Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak yang butuh website. Sering-seringlah melihat referensi website agar Anda bisa memberikan hasil yang terbaik.


10. Tutor Online
Belajar bisa dilakukan di mana saja dan memalui media apapun. Setuju? Kini banyak orang yang membuat:

  • Konten-konten video
  • Konten-konten audio
  • Seminar online
  • Umumnya konten-konten tersebut berupa ilmu-ilmu yang tengah banyak dibutuhkan.

Keterbatasan seseorang akan waktu kadang membuatnya tak sempat mengikuti kelas kursus. Kalau sudah begini. Internet lah yang menjadi andalan. Melihat peluang tersebut, Anda bisa memanfaatkannya, lho!

Caranya? Menjadi tutor online. Tentunya Anda harus punya keahlian terlebih dahulu. Bisnis online yang satu ini memang tak membutuhkan modal, melainkan membutuhkan ilmu. Oleh karena itu, Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah: Banyak membaca dan berdiskusi.

Apabila nantinya sudah dikenal dan dipercaya, Anda juga bisa: Membuat dan menjual e-book. Usaha yang satu ini tentu bisa Anda lakukan dari rumah kapanpun!

Tertarik? Jangan lupa perkaya ilmu, ya!


11. Agen Properti
Menjadi agen properti adalah salah satu bentuk usaha online rumahan tanpa modal Kok, bisa? Padahal ‘kan seorang agen properti harus keliling untuk mencari properti. Hal ini mungkin harus Anda lakukan saat awal menjadi agen properti, namun…

Jika sudah dikenal dan dipercaya, maka hal ini tak perlu dilakukan lagi. Para pemilik rumah pun akan menitipkan propertinya untuk diiklankan oleh Anda. Khusus bisnis yang satu ini: Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal. Jika sudah dipercaya banyak orang, maka Anda bisa merekrut orang untuk survei ke lapangan.

Tugas Anda hanya perlu:

  • Memaksimalkan iklan online
  • Melakukan transaksi
  • Terbayangnya mudah?

Jangan lupa untu merintisnya dari awal, ya! Misalnya Anda ingin mencoba memasarkan rumah di Bandung, cukup perbanyak mencari beberapa listing rumah murah di Bandung dan lainnya secara online.


Sumber :
https://www.99.co/blog/indonesia/usaha-online-tanpa-modal/

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Related Posts