Friday, October 4, 2019

Pertimbangan Memilih Jurusan IPA atau IPS di SMA

Memilih jurusan IPA atau IPS di SMA adalah masalah yang saat ini sedang melanda para siswa yang akan masuk SMA. Bagi mereka dihadapkan antara kedua pilihan ini merupakan satu hal yang berat. Memang kelihatannya sih hal sepele. Tapi jika salah pilih harus siap menerima segala konsekuensi yang akan didapatkan.

Tidak sedikit siswa yang salah memilih jurusan. Hingga muncul dampak buruk bagi mereka. Akibatnya timbul beberapa masalah yang datang. Diantaranya mulai dari tidak mampu mengikuti materinya, niat untuk sekolah mengendor. Bahkan tidak bisa memilih prodi di universitas yang diminati. Hal ini karena jurusan yang diambil tidak liniear.

Berikut adalah hal-hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan. Jangan sampai salah pilih ya!


Bakat Dan Kemampuan

Kenalilah apa kemampuan dan bakat yang ada pada dirimu. Hal ini penting dilakukan sebelum memilih jurusan. Kamu bisa membuka kembali nilai-nilai mulai dari SD hingga kelas X SMA. Lakukanlah analisis antara nilai IPA dengan nilai IPS. Dari hasil analisis tersebut akan membantu Kamu dalam memilih jurusan. Sekiranya jurusan apa yang cocok dengan kemampuan Kamu.


Cita-Cita

Cita-cita merupakan suatu impian yang hendak diwujudkan. Adanya cita-cita akan memunculkan harapan. Dengan seperti ini Kamu akan tahu ke mana harus melangkah. Jika Kamu memimpikan untuk menjadi pengacara konsekuensinya Kamu harus memilih jurusan IPS.


Pengambilan Jurusan Saat Kuliah

Perlu ditekankan lagi bahwa pengambilan jurusan ketika di universitas lebih spesifik. Jadi akan menjadi bumerang bagi Kamu apabila mengambil jurusan yang tidak liniear dengan jurusan yang di SMA.


Pekerjaan Setelah Menempuh Study

Sesuaikan dengan pekerjaan yang Kamu impikan. Kemungkinan diterima kerja tinggi apabila antara jurusan dengan pekerjaan sepadan. Karena telah memiliki kemampuan dan skill yang sesuai.


Kenali Profil Masing-Masing Jurusan

Apabila Kamu mengambil jurusan IPA maka akan mempelajari gejala-gejala alam. Mata pelajaran yang dipelajari seperti Biologi, Fisika, Kimia, Matematika. Berbeda dengan jurusan IPS yang dipelajari tingkh laku manusia, arkeologi, geografi, sejarah, akuntansi, dan ekonomi.


Menyesuaikan Dengan Passion Kamu Jika Benar-Benar Tidak Tahu Bakatnya Dimana

Jika Kamu masih abu-abu saat memilih jurusan sebaiknya memilih IPA saja. Tipe seperti ini biasanya mudah beradaptasi. Jurusan IPA SNMPTN-nya bisa ke universitas maupun institut. Sedangkan jurusan IPS hanya bisa universitas saja.


Sumber :
https://www.renesia.com/10-pertimbangan-memilih-jurusan-ipa-atau-ips-di-sma/

No comments:

Post a Comment

Related Posts