Monday, July 29, 2019

Pekerjaan Sampingan untuk Buruh

Gaji Pas-pasan, 4 Pekerjaan Sampingan Ini Bisa Dongkrak Kesejahteraan Buruh


Pekerjaan sampingan menjadi salah satu cara menambah pendapatan, termasuk bagi kaum buruh yang bergaji pas-pasan. Banyak referensi pekerjaan sampingan yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai sumber penambah pundi-pundi uang.

Para serikat pekerja menyebutkan, kesejahteraan buruh di Indonesia masih jauh dari rata-rata. Gaji yang mereka dapatkan pun gak gede-gede amat, padahal beban kerjanya berat.

Pantas saja kalau mereka setiap tahunnya menuntut kesejahteraan, kenaikan upah, hingga kepastian jaminan sosial.

Tapi, bukan berarti para buruh gak bisa maju dan sejahtera. Kalau mereka mau, mereka bisa kok mengambil pekerjaan sampingan. Bisa dilakukan di sela-sela bekerja, atau saat jam pulang. Apa saja?


1. Jualan pulsa
Salah satu pekerjaan sampingan yang gak membutuhkan modal besar yaitu, berjualan pulsa. Modal yang dikeluarkan gak terlalu banyak udah gitu gak memerlukan banyak tenaga lagi untuk menjalankan kerja satu ini.

Selain itu, pulsa merupakan kebutuhan terpenting yang dicari oleh banyak orang. Setiap orang pasti memerlukan pulsa entah itu pulsa utama atau paket data untuk internet.

Karena pulsa merupakan komponen terpenting untuk tetap bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang-orang terdekat. Jadi, kamu jangan takut gak dapat pelanggan.

Cara untuk menjadi penjual pulsa juga gak sulit kok, intinya sih kamu harus memiliki ponsel, setelah itu mendaftarkan diri ke agen-agen pulsa terdekat. Modalnya gak bakalan sampai Rp 1 jutaan kok.

Meski keuntungannya gak besar-besar banget, kamu bisa menentukan sendiri harga jualnya. Tapi, harus disesuaikan dengan batas wajar atau harga pasaran, biar kamu juga gak kehilangan pelanggan.

Di lingkungan buruh apalagi di pabrik-pabrik, pasti kan banyak banget tuh pekerjanya. Nah, kamu beri tahu saja ke mereka kalau kamu jualan pulsa.


2. Jual camilan ringan
Selanjutnya, kamu bisa berjualan makanan-makanan ringan. Makanannya bisa berupa kripik-kripik ringan atau jajanan pasar yang banyak macamnya. Kamu bisa membelinya di pasar saat pagi hari sebelum berangkat ke tempat kerja.

Jangan beli terlalu banyak, takutnya nanti tidak habis, jadi mubazir dan buang-buang uang. Belilah dalam jumlah secukupnya, yang penting laku dan habis meski keuntungannya gak seberapa.

Kamu bisa menentukan harga jual sendiri, kalau harganya murah, bisa naikkan menjadi dua kali lipat. Misalnya, kamu menjual kacang yang dipasar mungkin harganya Rp 500 perak, kamu bisa menjualnya Rp 1.000.

Seandainya ada kue-kue basah seperti klepon, apem, dadar guling yang di pasar dijual per buahnya Rp 1.000 bisa kamu jual Rp 2.000 atau Rp 3.000 dapat dua. Pintar-pintar kamu saja memainkan harga dan mengkalkulasikan modalnya.

Pekerjaan sampingan ini gak membutuhkan tenaga berat kok. Taruh saja daganganmu di spot ramai tempat kerjamu, misal di pantry, lalu cantumkan harga masing-masingnya dan siapkan box atau kaleng kosong untuk para pembeli menaruh uangnya, praktis kan!

Tapi, kekurangannya dengan sistem seperti itu, kamu berpotensi mengalami kerugian di awal. Karena pasti ada saja deh yang belum bayar atau lupa bayar.


3. Ojek online
Ojek online juga bisa menjadi pilihan untuk pekerjaan sampingan para buruh. Mayoritas pekerja memiliki kendaraan roda dua pribadi, gak ada salahnya dimanfaatkan menambah pundi-pundi uang.

Biar motor tersebut makin bermanfaat, daftarkan saja diri kamu menjadi mitra ojek online. Kamu bisa melakoni pekerjaan sampingan ini saat berangkat kerja atau pulang kerja dan saat hari libur tiba.

Lumayan banget lho pendapatan dari ngojek online! Paling enggak sehari kamu bisa mendapatkan uang tambahan Rp 100 ribu.

Tapi saat berangkat dan pulang kerja, pastikan kamu mengambil penumpang yang satu arah dengan tujuan kamu. Misalnya saat berangkat kerja, cari penumpang yang searah sama kantor, kemudian saat pulang kerja, cari yang searah ke rumah kamu.


4. Membuka stan makanan saat hari libur
Kamu seorang buruh yang sibuk bekerja Senin sampai Jumat, pagi sampai malam, tapi memiliki keahlian memasak yang mumpuni? Gak ada salahnya untuk membuka stan makanan di area sekitar rumahmu saat Weekend.

Pekerjaan sampingan ini bisa kamu lakukan misalnya di depan rumah, atau di area-area bebas kendaraan atau CFD. Kalau di rumah kamu bisa berjualan nasi uduk, atau gado-gado atau masakan apapun yang kamu kuasai.

Untuk mendapatkan pembeli yang banyak, bisa juga kamu berjualan di spot-spot wisata atau area bebas kendaraan bermotor. Lumayan kan hanya dengan berjualan beberapa jam kamu sudah bisa mendapatkan pendapatan tambahan dalam jumlah yang besar.


Sumber :
https://www.moneysmart.id/pekerjaan-sampingan-untuk-buruh/

No comments:

Post a Comment

Related Posts