Sunday, January 1, 2017

Hari Pertama Bekerja

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Lakukan di Hari Pertama Bekerja

Anda baru-baru ini mendapatkan pekerjaan? Selamat! Anda sudah mengungguli puluhan, ratusan, bahkan ribuan kandidat lainnya. Perasaan Anda pasti begitu meluap-luap dengan kegembiraan, terlebih lagi jika Anda diterima bekerja di perusahaan yang Anda impikan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan di hari pertama bekerja adalah mempelajari lingkungan serta diterima di dalam lingkungan tersebut. Anda perlu melakukan beberapa hal simpel agar hari pertama Anda memberi kesan positif di lingkungan tempat kerja Anda.

Menunggu datangnya hari pertama bekerja memang membuat kebanyakan orang gelisah namun penuh kegembiraan. Anda mungkin sedih harus meninggalkan hari-hari dimana Anda bisa bersantai di hari kerja, namun Anda begitu menantikan datangnya hari pertama Anda masuk kerja. Banyak pertanyaan yang berkecamuk di otak Anda selama menunggu hari-H, akan seperti apa perusahaan tempat saya bekerja, bagaimana meja kerja saya, apakah rekan kerja dan atasan baik, pekerjaan menantang seperti apa yang menjadi tanggung jawab saya, apa yang bisa saya berikan ke perusahaan, dan lain sebagainya.

Hari pertama adalah hari penting bagi Anda. Hari pertama merupakan kesempatan Anda untuk memberi kesan positif kepada atasan, rekan kerja, dan karyawan dari divisi lain. Anda ingin diterima di lingkungan tempat Anda bekerja. Tidak perlu mengumpulkan kartu nama karyawan di perusahaan Anda, cukup lakukan beberapa hal yang simpel berikut ini.

1. Patuhi Peraturan

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Setiap perusahaan memiliki peraturan yang berlaku, baik itu pakaian kerja hingga jam kerja. Pejarari dan patuhi peraturan tersebut, jangan sampai Anda melakukan kesalahan sepele seperti salah kostum atau terlambat. Kesan pertama sangat penting, sekali Anda menampilkan kesan buruk maka akan sulit bagi Anda untuk mengubahnya. Datanglah 15 menit sebelum jam kerja dimulai dan tunjukkan diri Anda bahwa Anda siap untuk memenuhi segala tanggung jawab.

2. Sapa dan Senyum

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Ketika Anda menjejakkan kaki Anda memasuki kantor, sapa karyawan-karyawan yang Anda temui. Sapa resepsionis yang mungkin akan Anda pertama temui terlebih dahulu, sapa juga karyawan yang berpapasan dengan Anda di toilet atau karyawan yang berada di lantai yang sama dengan tempat Anda bekerja.

Percaya atau tidak, kabar kedatangan Anda sudah tersebar luas hingga satu perusahaan, tidak terbatas hanya bagian HR dan divisi Anda bekerja. Mereka bertanya-tanya akan seperti apakah Anda ini, bahkan mereka mungkin sudah mencari-cari histori Anda melalui social media. Tidak perlu berbasa-basi terlebih dahulu, ucapan “selamat pagi” sudah cukup untuk memberi kesan positif kepada karyawan-karyawan disana. Jangan lupa, tersenyum.

3. Bawa Cemilan Atau Snack

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Jikalau bisa, bawa cemilan atau snack untuk divisi Anda bekerja. Kalaupun tidak bisa pada hari pertama, Anda bisa membawa keesokan harinya atau dalam waktu dekat. Membagi-bagikan cemilan Anda bisa menjadi kunci Anda diterima kedalam lingkaran sosial. Tidak perlu mahal-mahal, cemilan yang bisa Anda beli di supermarket sudah cukup.

4. Berkenalan Satu Persatu

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Biasanya, Anda akan diberikan tur di tempat Anda bekerja, lokasi fasilitas seperti pantry, ruang kerja divisi lain, dan berkenalan satu persatu. Berkenalan satu persatu merupakan hal yang wajib dilakukan oleh karyawan baru agar tidak terlihat seperti alien yang bergabung di perusahaan tanpa permisi.

Jika kebetulan perusahaan Anda tidak memberikan tur, berinisiatiflah untuk meminta berkenalan satu persatu. Anda bisa meminta izin dari atasan atau HR. Atasan Anda atau HR biasanya akan mendampingi Anda, namun bisa juga mereka berhalangan sehingga Anda diharuskan untuk berinisatif berkenalan. Setiap karyawan ingin berkenalan dengan Anda, sehingga tidak perlu takut jika Anda pada akhirnya tidak didampingi siapapun.

5. Sebut Nama Mereka

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Di suatu waktu Anda membutuhkan atau bertemu dengan karyawan tempat Anda bekerja, usahakan panggil mereka dengan nama. Anda sudah berkenalan satu persatu divisi serta nama mereka masing-masing, usahakan untuk mengingat nama karyawan yang mungkin akan sering berinteraksi atau membutuhkan bantuannya. Jika sulit, Anda bisa menanyakan nama mereka kembali diiringi dengan kata “maaf”. Anda bisa juga dengan jujur mengatakan bahwa Anda memiliki kelemahan dalam menghapal nama satu persatu.

6. Makan Siang Bersama

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Katakan “ya” jika Anda diajak oleh rekan kerja Anda untuk makan siang bersama. Jika Anda tidak diajak, berbasa-basilah sedikit dengan menanyakan Anda dapat makan siang dimana, kemudian ajukan diri untuk ikut makan siang bersama mereka. Anda pun akan terlihat positif dan mudah bergaul. Percayalah, Anda akan dinilai sebagai penyendiri dan bahkan sombong jika sama sekali tidak ingin makan siang bersama rekan kerja Anda.

7. Jangan Malu Bertanya

Tips mulai bekerja pegawai baru hari pertama bekerja

Bertanya adalah hal yang sangat wajar bagi karyawan baru. Jangan malu bertanya, terlebih lagi masalah pekerjaan. Anda bisa bertanya ke atasan saya apa yang bisa Anda kerjakan atau ke rekan kerja Anda apa yang bisa Anda bantu. Jikalau ada tugas yang Anda tidak mengerti, jangan ragu untuk bertanya. Daripada Anda melakukan kesalahan fatal karena tidak bertanya, akan lebih baik Anda mencegahnya dengan bertanya terlebih dahulu sehingga pekerjaan Anda menjadi jelas.


Sumber :
http://www.qerja.com/journal/view/46-beberapa-hal-yang-perlu-anda-lakukan-di-hari-pertama-bekerja/

No comments:

Post a Comment

Related Posts