Sunday, January 1, 2017

Debut Hari Pertama Kerja

10 Tips Bermanfaat untuk Hari Pertama Kerja
Baru saja pindah kerja? Tak perlu panik menghadapi hari-hari pertama di kantor baru. Asal Anda tahu bagaimana seharusnya bersikap, hari-hari pertama tak akan terasa panjang dan membosankan!
Tips berikut bisa “menyelamatkan” Anda di hari-hari pertama di kantor yang baru.

    Datang tepat waktu
    Pegawai lama saja sebisa mungkin datang tepat waktu, apalagi Anda yang masih terhitung baru. Bahkan, jika memang memungkinkan, datanglah sedikit lebih awal.

    Berbusana yang tepat
    Mau tak mau, kesan pertama pasti akan membekas di mata teman-teman baru Anda ini. Karena itu, pastikan busana yang Anda kenakan terlihat bersih dan indah dipandang mata namun tak berlebihan.

    Temui rekan-rekan kerja Anda
    Tak cuma sekadar berkenalan, ingatlah nama mereka semua. Cobalah belajar mengingat semua nama rekan-rekan Anda itu tanpa terkecuali.

    Mendengar
    Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah mendengar secara aktif. Bukan hanya mencari tahu informasi yang didengar saat rapat formal, tapi juga informasi ringan saat istirahat makan siang. Kadang-kadang informasi seperti itu bisa berguna juga lho!

    Jangan malu bertanya
    Dengan mengajukan pertanyaan, keberadaan Anda akan dilihat oleh orang-orang di saat rapat. Langkah tersebut juga bisa menjadi sarana untuk menunjukkan seberapa banyak pengetahuan yang Anda miliki.

    Libatkan diri
    Cobalah untuk terlibat dalam kegiatan kantor meski itu hanya kegiatan kecil sekalipun. Atau, tak ada salahnya bila Anda mengajukan diri untuk ikut terlibat dalam salah satu proyek kantor. Namun, tentu saja, pastikan dulu Anda memang memiliki kompetensi untuk itu.

    Berkomunikasi
    Komunikasi tak hanya penting di hari-hari pertama tapi juga hari-hari selanjutnya. Karena itu, jangan takut untuk meminta saran dari rekan kerja Anda di saat menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas.

    Hindari gosip
    Mengobrol di saat makan siang boleh-boleh saja, tapi hindari gosip. Cara yang paling aman adalah jangan memberi respon di saat ada rekan Anda yang bergosip tentang rekan lain.

    Jangan pulang tepat waktu
    Meski di hari-hari pertama Anda mungkin tak terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, hindari pulang tepat waktu. Jangan matikan komputer tepat pada saat jam pulang. Sisihkan waktu sekitar 10-15 menit lewat dari jam pulang untuk menunjukkan bahwa Anda punya komitmen yang baik pada pekerjaan.

    Tunjukkan sikap positif
    Walau hari-hari pertama di tempat baru mungkin terasa tak enak dan sedikit membuat Anda “mati gaya” tak tahu harus berbuat apa, jangan terpengaruh. Datanglah dengan ekspresi wajah cerah, penuh senyum, dan sapa rekan-rekan Anda dengan ramah.


Sumber :
https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/10-tips-bermanfaat-untuk-hari-pertama-kerja.html