Thursday, November 26, 2020

Elon Musk Kini Orang Terkaya ke-2 di Dunia

Salip Bill Gates, Elon Musk Kini Orang Terkaya ke-2 di Dunia

Pundi-pundi kekayaan Elon Musk meningkat tajam dalam waktu yang singkat. Belum lama dinobatkan menjadi orang terkaya ke-3 di dunia menggeser bos Facebook Mark Zuckerberg, CEO Tesla dan SpaceX itu kini sudah berada di posisi ke-2, menyalip Bill Gates. 

Berdasarkan laporan Bloomberg, kekayaan bersih Elon Musk melonjak 7,2 miliar AS sehingga totalnya kini menjadi 127,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.815 triliun. Pencapaian tersebut membuat Musk berhasil menggeser Bill Gates di posisi ke-2 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index. 

Pada Januari 2020, Elon Musk masih menduduki peringkat ke-35 dan tidak terpikirkan mampu mencapai daftar teratas orang terkaya di dunia. Kini, Musk hanya bersaing dengan bos Amazon, Jeff Bezos yang nyaman di puncak dengan total kekayaan bersih mencapai 182 miliar dolar AS. 

Peningkatan kekayaan ayah dari X Æ A-12 ini berasal dari saham Tesla yang nilai pasarnya mendekati 500 miliar dolar AS. Sekitar tiga perempat dari kekayaan bersihnya terdiri dari saham Tesla, yang saat ini bernilai lebih dari empat kali lipat sahamnya di SpaceX. 

Harga saham Tesla melonjak setelah perusahaan mengumumkan akan masuk ke dalam indeks S&P 500 pada 16 November 2020 silam. Tesla memenuhi persyaratan untuk masuk dalam indeks dan akan bergabung pada 21 Desember 2020 mendatang. 

Persyaratan untuk bergabung dengan S&P 500 di antaranya, perusahaan harus berbasis di AS, memiliki kapitalisasi pasar setidaknya 8,2 miliar dolar AS, sangat likuid, memiliki setidaknya 50 persen saham mereka untuk publik, dan memiliki laporan keuangan yang menguntungkan dalam empat kuartal berturut-turut. 


Rivalitas Elon Musk vs Bill Gates

Raihan ini turut memanasi rivalitas antara Elon Musk dan Bill Gates. Pendiri Microsoft Bill Gates pernah meminta Elon Musk untuk berhenti membuat opini keliru mengenai virus corona. Menurut Gates, CEO Tesla tersebut terlalu banyak mengeluarkan pernyataan yang bukan keahliannya. 

Tidak hanya itu, saat Bill Gates membeli mobil baru Porsche Taycan. Ternyata Elon Musk, gerah. Pria yang kerap dilabeli sebagai 'Iron Man' itu, kesal karena Gates memutuskan untuk membeli mobil listrik yang bukan hasil produksi Tesla yang dibanggakan sebagai salah satu pionir perusahaan mobil listrik di dunia. 


Soal daftar orang terkaya di dunia, bagi Bill Gates ini adalah kedua kalinya dalam delapan tahun terakhir memiliki peringkat lebih rendah dari nomor dua. 

Suami dari Melinda Gates pernah memegang posisi teratas selama bertahun-tahun, sebelum disingkirkan oleh Jeff Bezos pada 2017. Kekayaan bersih Gates saat ini sebesar 127,7 miliar dolar AS akan jauh lebih tinggi seandainya dia tidak menyumbangkan begitu banyak untuk amal selama bertahun-tahun. 

Jika ditotal, Gates telah memberikan lebih dari 27 miliar dolar AS untuk yayasan yang didirikannya Bill & Melinda Gates Foundation sejak 2006. Yayasan yang juga membantu pembuatan vaksin corona itu telah menjadi fokus utama Gates sejak dia mundur dari Microsoft.


Sumber :

https://kumparan.com/kumparantech/salip-bill-gates-elon-musk-kini-orang-terkaya-ke-2-di-dunia-1ueNBTE5N4B/full

No comments:

Post a Comment

Related Posts