Wednesday, March 4, 2020

6 Tips Belajar Maksimal Lewat Kursus Online

Mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau kursus konvensional macam pembelajaran di kelas memang sudah biasa. Namun berbeda rasanya kalau kamu mengikuti bimbel online. Kursus atau mengikuti bimbel online punya cara tersendiri agar maksimal.

Untuk mengetahui itu, kumparan bertanya pada siswa pengguna bimbel online yaitu Muhammad Erhan Hermawan dan Halimah Tusa’Diyah dari SMA 43 Jakarta. Mereka memberikan enam tips belajar maksimal lewat bimbel online.

1. Belajar ketika mood bagus

Mood bagus akan membuat otak kita lebih mudah mencerna materi yang disampaikan. Pasalnya, kondisi tersebut membuat kita dapat belajar dengan suasana hati senang.
“Kalau mood kita bagus otomatis otak kita nanti nangkepnya lebih mudah, percuma juga kalau kita belajar tapi nggak nangkep,” kata Erhan.

2. Belajar senyaman mungkin

Kamu bisa memilih tempat belajar di manapun kamu merasa nyaman. Kalau kamu nyaman belajar saat hendak tidur, saat subuh, atau habis salat, ya lakukanlah di saat-saat tersebut.

Erhan mengatakan, “Kalau emang pengen belajarnya di kasur sambil tiduran ya udah kenapa enggak, kalau (pakai) bimbel online kan bisa sambil lihat video.”

3. Belajar di manapun

Menurut Halimah kelebihan Bimbel online itu praktis. “Bisa kapan aja (belajarnya), terus bisa di mana aja,” kata dia.
Asalkan terdapat gawai yang terkoneksi internet, maka menonton video materi pembelajaran di kereta, taman, dan perpustakaan tak jadi masalah. Enaknya, belajar secara online ini juga tidak perlu repot-repot membawa buku yang tebal-tebal.

4. Perbanyak latihan

Selain menonton materi pembelajaran lewat video, latihan secara mandiri juga penting. Latihan itu bisa dilakukan dengan cara mengerjakan soal-soal lain dengan tema serupa yang sudah diajarkan.
Dengan begitu kita dapat memahami pola soal yang dimaksud sehingga tidak akan gagap jika model soalnya diganti atau dimodifikasi.

5. Jangan belajar terus

Erhan memberi saran kepada para pembelajar bimbel online bahwa belajar secara terus-terusan juga tidak baik. Menurutnya belajar pun harus diberi jeda istirahat.
“Misalnya di rumah belajar online full, 1 jam, 2 jam, itu gak bagus juga. Musti kasih break misalnya 25 menit (belajar) nanti istirahat 5 menit. Nah, nanti istirahatnya jangan dipake main handphone atau apa, buat jalan-jalan ke luar, nikmati alam jadi sel otak kita lebih ke-refresh,” jelas siswa yang ingin masuk jurusan Teknik Fisika ITB tersebut.

6. Bisa diulang

Halimah mengungkap kalau salah satu kelebihan bimbel online adalah ia bisa diulang-ulang kalau tidak mengerti. Jadi jika perlu penjelasannya diulang supaya paham dan mantap.
“Penjelasannya bisa diulang-ulang. Jadi kalau belum paham, bisa diulang lagi penjelasan dari tutornya,” kata Halimah.


Sumber :
https://kumparan.com/millennial/6-tips-belajar-maksimal-lewat-kursus-online-1539413505486732398

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Related Posts