Sunday, March 5, 2017

4 Tipe Karyawan

Ada 4 Tipe Karyawan, yang Manakah Anda?

Sekelompok peneliti baru saja menemukan empat tipe karyawan. Dipublikasikan dalam jurnal Harvard Business Review, keempat tipe tersebut mempengaruhi bagaimana cara seseorang bekerja dan berkolaborasi dengan rekan-rekannya di tempat kerja.

Untuk mendapatkan keempat tipe tersebut, para peneliti dari Deloitte’s Business Chemistry bekerjasama dengan antropologis dari Rutgers University, Helen Fisher, dan pakar biologis molekul, Lee Silver, dalam mempelajari cara bekerja 190.000 orang.

Berikut uraiannya:

1.  Pionir: mudah bergaul, melihat gambaran besar, spontan, berani mengambil resiko, mudah beradaptasi, dan suka berimajinasi
Inilah tipe karyawan yang akan menjadi pemimpin di tempatnya berada. Para pionir suka mengambil resiko, tetapi seringkali melupakan detail-detail kecil. Mereka juga seringkali terlalu percaya diri dan impulsif sehingga perlu lebih belajar untuk mendengarkan orang lain.


2. Pendorong: kuantitatif, logis, fokus, kompetitif, berani bereksperimen, dan penuh rasa ingin tahu
Tipe pendorong pandai dalam membuat keputusan. Mereka juga sangat peduli dengan hasil dan data. Namun, mereka juga seringkali kurang sabar dan beresiko melakukan sesuatu tanpa berpikir dengan matang.


3. Integrator: diplomatis, mudah berempati, tradisional, sangat menjaga hubungan, termotivasi, dan tidak suka konfrontasi
Integrator percaya bahwa membangun relasi di tempat kerja sangatlah penting. Oleh karena itu, mereka lebih sering ditemukan sedang berbincang-bincang dengan rekan kerjanya daripada bekerja.

Sayangnya, integrator yang tidak menyukai konfrontasi seringkali diperlakukan secara tidak adil oleh kedua tipe di atas.


4. Pelindung: metodis, pendiam, berorientasi pada detail, praktis, testruktur, dan setia
Sebagai tipe yang perfeksionis, pelindung sangat rentan terhadap stres. Lalu, tipe pelindung seringkali tidak akan bertindak atau berbicara tanpa persiapan yang matang. Akibatnya, mereka seringkali dilupakan dalam diskusi walaupun opini atau solusi yang bisa mereka berikan sangat membantu.

Menurut para peneliti, tim yang terbaik memiliki keempat tipe di atas. Walaupun mencocokkan tipe yang berlawanan sangat sulit, tetapi melalui kolaborasi, keempat tipe dapat belajar untuk saling melengkapi dan meningkatkan kualitasnya masing-masing.


Sumber :
http://female.kompas.com/read/2017/03/02/200400020/ada.4.tipe.karyawan.yang.manakah.anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts