Tuesday, February 21, 2017

Introvert Dituntut Jadi Ekstrovert

Buat Para Introvert, 3 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Dituntut untuk Menjadi Ekstrovert

Dunia kampus maupun dunia kerja atau bahkan seluruh dunia yang kita temui, sepertinya memang lebih banyak berpihak pada orang-orang ekstrovert. Mereka yang introvert dianggap 'aneh' dan tidak wajar. Lihat saja pada kolom-kolom persyaratan kerja, banyak yang mencantumkan bahwa si pelamar harus mudah bergaul, sesuatu yang sulit dilakukan oleh orang introvert. Ketika kamu merasa orang-orang dan lingkunganmu menuntut kamu untuk jadi lebih ekstrovert, mungkin sudah saatnya kamu melakukan 3 hal ini.


1. Carilah jembatan penghubung

Salah satu kesulitan orang yang memiliki kepribadian introvert adalah berkomunikasi langsung dengan orang lain. Mereka tidak dengan mudah mengungkapkan apa yang mereka pikirkan dan rasakan pada sembarangan orang. Karena itu, orang introvert butuh bridge link, seseorang yang dekat dengan dan membuat mereka nyaman untuk bisa menyampaikan maksud mereka pada orang lain.


2. Tunjukkan kartu AS orang introvert

Meski dipandang sulit bergaul, orang introvert memiliki banyak kartu As. Bukan rahasia lagi kalau orang introvert memiliki daya kreativitas yang tinggi, lebih fokus pada apa yang dikerjakan, teman yang baik, pendengar yang luar biasa dan juga memiliki potensi yang besar untuk jadi pemimpin. Buktinya sudah banyak, hampir semua orang sukses memiliki kepribadian introvert.


3. Buktikan kamu seorang survivor

Saat masuk ke dunia baru, orang introvert mungkin akan mengalami banyak sekali kesulitan untuk beradaptasi. Tidak cukup satu atau dua bulan untuk masa penyesuaian karena orang introvert selalu butuh lebih banyak waktu dari itu. Kamu cukup membuktikan bahwa kamu adalah survivor, kamu bertahan dalam keadaan apapun meski kamu introvert. Kamu tetap bisa mengerjakan semuanya dengan baik.

It's okay to be introvert, hal ini yang harus kamu tanamkan dalam-dalam terlebih dahulu pada dirimu sendiri sebelum kamu mencoba meyakinkan orang lain. Buktikan bahwa kepribadian introvert tidak membuat kamu lalai pada banyak hal penting, buktikan kamu tetap bisa menjalani segalanya dengan sangat baik. Oke Bela?


Sumber :
http://career.popbela.com/working-life/fera/3-hal-yang-harus-introvert-lakukan-ketika-banyak-orang-menuntutnya-jadi-lebih-ekstrovert/full