Tuesday, July 7, 2015

Resume Curriculum Vitae

Tips Menulis Resume Tanpa Pengalaman Kerja


Umumnya untuk mencari kerja dengan sukses dibutuhkan sebuah resume yang tersusun dengan baik dan lengkap berisi ringkasan berbagai keterampilan serta pengalaman kerja sebelumnya. Tetapi, bagaimana jadinya apabila kamu belum pernah memiliki pengalaman kerja?

Nah, jangan berkecil hati dulu! Simak tips di bawah ini untuk menulis resume berkualitas tanpa pengalaman kerja.


Jual Keterampilanmu

Karena tidak ada perusahaan besar atau jabatan tinggi yang bisa kamu masukkan ke dalam resumemu, usaha terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menjual keterampilanmu dengan sebaik mungkin. Pikirkan keahlianmu serta tonjolkan kelebihanmu tersebut di dalam resume. Perusahaan akan menghargai keterampilan yang kamu miliki jika kamu dapat merepresentasikannya dengan baik dalam resume yang berkualitas.


Tunjukan Kepribadianmu

Resume yang berkualitas adalah identifikasi awal yang akan mengantarmu memasuki dunia kerja. Tonjolkan kepribadianmu dengan memaparkan aktivitas atau hobi yang berhubungan dengan posisi yang kamu incar. Kamu juga bisa memasukkan kegiatan-kegiatan organisasi yang pernah kamu ikuti untuk menambah poin plus. Satu hal yang harus diingat, tulislah aktivitas dan hobimu secara rapi dan profesional. Tetap ingat bahwa kamu sedang melamar pekerjaan, bukannya mengisi blog.


Jangan Ragu

Ketika menulis resume yang berkualitas, buatlah dengan singkat dan padat. Jangan memanjang-manjangkan isinya hanya karena kamu tidak percaya diri dengan kurangnya pengalaman kerjamu. Tulislah dengan sebaik mungkin dan jangan pernah berbohong dengan menambahkan detail yang sebenarnya tidak pernah kamu lakukan. Tetaplah percaya diri!


Ajukan Resume untuk Posisi Magang

Bila setelah sekian waktu kamu masih belum mendapat pekerjaan, jangan segan-segan menawarkan diri untuk bekerja magang, atau bahkan bekerja tanpa diberi upah. Pengalaman yang nantinya kamu dapatkan lebih berharga dari sejumlah uang lho, karena pengalaman tersebutlah yang akan kamu gunakan untuk memperkuat resumemu nantinya. Selain itu bila kamu bekerja dengan baik, mungkin saja perusahaan tersebut akan merekrutmu untuk bekerja secara permanen.

Jangan biarkan kurangnya pengalaman kerja membuatmu enggan dan tidak percaya diri melamar pekerjaan. Selalu ada pengalaman pertama untuk semua orang dan yakinlah kamu bisa menemukan pekerjaan, kemudian menulis resume yang lebih berkualitas nantinya. Apakah kamu pernah mendapat pekerjaan dengan resume yang masih “sepi”?


Sumber :
http://id.jobsdb.com/id-id/articles/tips-menulis-resume-tanpa-pengalaman-kerja?utm_campaign=single_article_candidate_june&utm_source=newsletter&utm_medium=newsletter&utm_content=link1&utm_term=%7bkeyword%7d

No comments:

Post a Comment

Related Posts