Tuesday, July 7, 2015

Aktivitas sambil Makan Siang

Tetap Produktif di Jam Makan Siang, Kenapa Tidak?

Sebagian orang menghabiskan waktu istirahat siang di kantor dengan menyantap makan siang bersama rekan-rekan kerja dan tidak menyentuh pekerjaannya sama sekali. Ternyata, ada baiknya apabila Anda tetap produktif selama istirahat di jam makan siang. Apa alasannya dan bagaimana caranya?

"Waktu istirahat ini adalah waktu ideal untuk lebih berkomitmen dalam mengembangkan karier Anda. Jika kita tidak menjadikan manajemen karier sebagai prioritas, maka tidak ada yang bisa. Jam istirahat makan siang dapat menjadi waktu dimana Anda bisa benar-benar fokus," ujar Vicki Salemi, seorang pakar pengembangan karier.

Berikut adalah lima cara yang dapat Anda lakukan agar tetap produktif untuk lebih memantapkan karier saat istirahat di jam makan siang.

1. Multitasking (tugas ganda)
"Pertimbangkan untuk multitasking pada jam makan siang, makan sambil menonton atau membaca materi pelatihan yang Anda butuhkan. Bisa dilakukan dengan menonton Youtube atau video pembicaraan tentang kepemimpinan, networking, atau topik yang berkaitan dengan karier Anda. Baca juga artikel atau buku," ujar Lindsey Pollak, pakar karier dan penulis buku Becoming the Boss: New Rules for the Next Generation of Leaders.

2. Perbarui profil digital 
Perlu diingat bahwa media sosial tidak hanya untuk keperluan bersosialisasi atau mengunggah foto kegiatan berlibur Anda. "Kapan terakhir kali Anda memperbarui profil media sosial Anda? Gunakan jam makan siang untuk melakukan pembaruan. Unggah contoh hasil kerja atau proyek yang baru saja Anda tangani," jelas Nicole Williams, pendiri WORKS.

3. Tetap belajar 
"Jadikan jam makan siang sebagai jam untuk belajar. Bila ada orang yang Anda kagumi di industri yang Anda tekuni, cek profile LinkedIn-nya, follow mereka di Twitter. Pelajari sejarah karier mereka, apa yang mereka baca, dan apa kesamaannya dengan Anda. Gunakan segala informasi yang Anda peroleh untuk bertemu dengan pihak perekrut pekerjaan dan berkomunikasilah," saran Pollak.

4. Perluas jejaring 
Menurut Salemi, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar. Jika perusahaan menyajikan seminar yang dilengkapi dengan sesi makan siang, jangan sungkan untuk menghadirnya. Berbicaralah dengan instruktur, kolega, dan rekan dari departemen lain. "Berbicaralah dengan tim dari departemen lain, bersikaplah ramah, dan ajukan pertanyaan. Anda bisa banyak belajar ketimbang tetap duduk di meja," terang Salemi.

5. Atur dan tulis ulang 
"Manfaatkan jam makan siang untuk mengelompokkan, mengatur, dan menulis ulang hal-hal yang harus Anda kerjakan. Ini adalah cara berguna untuk menghabiskan waktu istirahat makan siang. Anda akan lebih mudah meluangkan ruang mental yang dapat digunakan untuk pekerja. Tindakan sederhana itu dapat membantu Anda mengontrol waktu dan ruang pada pikiran Anda," ungkap Salemi.

Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Alvin Dwipayana
Sumber : Glamour


Sumber :
http://female.kompas.com/read/2015/06/24/100000620/Tetap.Produktif.di.Jam.Makan.Siang.Kenapa.Tidak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts