Monday, May 11, 2015

Profesi yang Sudah Punah

8 Profesi di Dunia yang Sudah Tidak Ada Lagi

sumber foto : www.follow-the-light.org

Profesi adalah sebuah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan, keahlian, atau ketramplian. Dari profesi inilah orang mendapatkan upah atau gaji hasil jerih payahnya selama bekerja. Beragam profesi pun bermunculan seiring perkembangan zaman dan teknologi.

Namun ternyata di dunia ini ada beberapa profesi yang sudah ada tidak lagi seiring berubahnya tuntuan zaman. Di bawah ini adalah pekerjaan-pekerjaan tersebut:

1. Pinsetter.

Sebelum ada mesin penyusun pin, para remaja ini bekerja menyusun pin-pin bowling. Mereka akan siap siaga di ujung arena bowling.

2. Pemotong es.

Sebelum ada kulkas, saat di musim dingin biasanya orang-orang akan mempekerjakan para pemotong es untuk memotong es dari jalanan, sungai, atau danau yang membeku. Namun sekarang pekerjaan ini tidak lagi ada.

3. Manusia alarm.

Sebelum adanya alarm pada jam, ada sebuah profesi “The Knocker”, yang pekerjaannya membangunkan orang setiap pagi hari. Alasannya tentu mereka ingin dibangunkan tepat waktu agar tidak terlambat bekerja.

4. Kolektor lintah.

Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh seorang dokter di zaman dulu. Kolektor lintah akan mencari lintah dan menjualnya pada dokter yang membutuhkan.

5. Pendengar alat yang menangkap suara pesawat musuh.

Sebelum adanya teknologi radar, saat zaman peperangan dulu, tentara mempekerjakan seseorang untuk mendengarkan suara pesawat musuh dengan alat khusus yang sangat besar. Dengan begitu ia menjadi ujung tombak informan yang sangat penting bagi keselamatan banyak orang.

6. Powdermonkey.

Dulu, di sebuah kapal perang dipekerjakan para anak muda untuk mengisi bubuk mesiu dalam meriam. Mereka biasa disebut sebagai powdermonkey. Mereka bekerja saat perang tengah berlangsung.

7. Penangkap tikus.

Mereka adalah para pekerja yang disewa oleh pemerintahan setempat di Eropa untuk meredam populasi tikus yang sangat membludak saat itu. Tikus adalah binatang yang paling sering menularkan dan membawa penyakit saat itu.

8. Penghibur para buruh.

Agar tidak kebosanan dalam bekerja, para bos di zaman dulu menyewa penghibur untuk membacakan sebuah berita atau cerita seru yang bisa mengusir kejenuhan para buruh.


Sumber :
http://news.lewatmana.com/8-profesi-di-dunia-yang-sudah-tidak-ada-lagi/