Friday, September 12, 2014

Trik Sukses dengan Kreativitas


Kreativitas itu bukan semata-mata bakat atau keturunan. Setiap orang bisa menjadi orang kreatif asalkan tak pernah berhenti untuk mengembangkan diri dan terus menggali ide serta inspirasi baru. Dilansir dari lifehack.org, ada sejumlah trik jitu yang bisa Anda ikuti untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif dan pada akhirnya sukses dalam hidup Anda termasuk dalam bidang karier Anda.

“You can't use up creativity. The more you use, the more you have.” ― Maya Angelou 

Ambil Jeda Terlebih Dahulu
Sebuah studi di Radboud University, Nijmegen, mahasiswa PhD bernama Simone Ritter meminta murid-muridnya untuk memberikan ide tentang bagaimana caranya membuat antrian di kasir supermarket lebih efisien. Satu kelompok murid diminta untuk langsung bekerja untuk mencari ide. Sementara kelompok lainnya disuruh untuk melakukan aktivitas lain terlebih dahulu. Dan hasilnya ternyata kelompok yang bermain video game terlebih dahulu sebelum mulai mencari ide malah lebih kreatif dalam mengemukakan ide-idenya.

Dengan kata lain, memberikan waktu atau jeda terlebih dahulu sebelum menemukan solusi dalam sebuah permasalahan bisa mendatangkan ide-ide yang lebih kreatif dan brilian. Bahkan tertawa juga bisa merangsang munculnya ide-ide yang lebih unik dan kreatif. Hmm, sepertinya Anda bisa coba untuk melihat acara komedi terlebih dahulu sebelum mulai mencari ide atau gagasan untuk jalan keluar sebuah permasalahan.

Olahraga 
Banyak sekali penulis yang menyebutkan bahwa ide-ide akan bermunculan saat berolahraga. Salah satunya adalah Stephen King yang sangat percaya bahwa olahraga rutin setiap hari itu sangat penting. Jika Anda ingin lebih produktif dan kreatif, Anda bisa segera membuat jadwal untuk olahraga setiap hari.

Buat Ruang Kerja Sendiri
Kreativitas Anda bisa lebih tajam ketika Anda bekerja di tempat yang benar-benar secara khusus Anda persiapkan sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda.

Membuat ruang kerja khusus bisa membantu Anda untuk tetap fokus. Selain itu, Anda bisa juga meletakkan beberapa benda yang akan selalu menjadi pemicu Anda untuk berkreativitas. Misalnya, jika Anda ingin menjadi penulis terkenal, Anda bisa meletakkan sejumlah buku-buku laris dan populer di meja kerja Anda.

Buat Tenggat Waktu (Deadline)
The New York Time menyebutkan bahwa membuat tenggat waktu bisa membantu Anda untuk terpacu mulai berkarya dan berkreasi. Kreativitas bisa muncul saat Anda memberi tekanan atau 'paksaan' dengan tenggat waktu yang Anda buat.

Jangan Abaikan Ide-Ide Konyol
Setiap kali ada ide baru yang muncul di kepala Anda, jangan lupa untuk selalu dicatat. Ide-ide yang mungkin terasa konyol, buruk, atau tak masuk akal pada akhirnya bisa saja jadi ide-ide jenius yang akan mendorong Anda untuk menciptakan maha karya terbaru Anda.

“Creativity is allowing yourself to make mistakes. Art is knowing which ones to keep.” ― Scott Adams 

Dalam dunia kreativitas, imajinasi tak memiliki batasan. Sebuah ide tunggal pun biasanya berasal dari sekumpulan ide yang tadinya abstrak dan jamak. Menjadi pribadi kreatif tak harus selalu membutuhkan kejeniusan. Semua yang Anda lakukan bisa jadi sesuatu yang kreatif asal dilakukan dengan sungguh-sungguh.


Sumber :
http://www.vemale.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts