Thursday, April 3, 2014

Sukses dengan "R.E.A.C.H"


Dalam buku The Essential Employee: The Adventures of Carmen Senz, Judy Free dan Traci Maddox membagi kunci sukses untuk menjadi karyawan yang diperhitungkan. Hanya lima kata yang disingkat menjadi R.E.A.C.H, yaitu singkatan dari result, enthusiasm, attitude, cooperation, honor. Yuk kita simak maksud dari setiap kata.

R untuk "RESULT"
Menurut sebuah studi, jam kerja hanyalah hitungan waktu. Karyawan yang seharusnya bekerja lima hari seminggu, pada faktanya hanya bekerja efektif tiga hari saja. Artinya, dua hari yang lain Anda “boleh” tidak melakukan apa pun. Yang penting adalah hasil dari yang Anda lakukan untuk perusahaan. Tunjukkan kinerja yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Jadikanlah pekerjaan itu sebagai milik pribadi yang harus Anda jaga.

E  untuk "ENTHUSIASM"
Energi perasaan sangat menular. Pelihara perasaan positif dan semangat melakukan apa pun. Perasaan ini akan terlihat dan mempengaruhi lingkungan sekitar. Bila Anda selalu ceria, optimis, dan penuh semangat, siapa pun pasti mau berada dekat dengan Anda. Sikap antusias juga akan dilihat atasan sebagai bagian dari komitmen pada perusahaan. Bahwa Anda punya kepedulian untuk membuat perusahaan maju dan berhasil.

A untuk "ATTITUDE"
Selain kinerja, banyak perusahaan yang menilai karyawan dari sikapnya. Sikap berkaitan dengan banyak hal: tim kerja, hubungan antarkaryawan, hubungan bos-bawahan, perusahaan-klien, bahkan pada sukses tidaknya perusahaan. Mereka akan sangat mempertahankan karyawan yang punya sikap tidak mudah putus asa, sopan, tidak mudah tersulut emosi, bermental baja, hormat pada atasan, menghargai orang lain, percaya diri, serta optimis. Dibanding yang bekerja baik namun membangkang.
   
C untuk "COOPERATION"
Bekerja di manapun pasti tak akan lepas dari sebuah tim kerja. Karena itu semangat bekerja sama sangat penting  untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Karyawan yang bisa bekerja sama dengan siapa pun menjadi poin penting yang diperhitungkan. Tak lupa selalu berterima kasih kepada siapa pun yang membantu.

H untuk "HONOR"
Keputusan yang benar mungkin tidak selalu populer, dan apa yang populer tidak selamanya baik. Pepatah itu sangat pas dilakukan di tempat kerja. Terutama di zaman sekarang ini, di mana banyak orang berebut kerja dan setiap orang akan melakukan apa pun demi mendapatkannya. Namun dengan tetap menjaga kehormatan diri dan orang lain, Anda akan kelihatan menonjol.

Sumber :
CHIC
http://female.kompas.com