Thursday, January 14, 2021

Sejarah Indomaret

Siapa Pemilik Indomaret Saat Ini? (Sejarah Indomaret)


Siapa Pemilik Indomaret Saat Ini?

Pastinya nama Indomaret sudah tidak asing di negeri ini. Indomaret adalah jaringan minimarket (menerapkan sistem waralaba) yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, diantaranya ada di Sulawesi, Kalimantan, Bali, Lombok, Madura, Jawa dan Sumatera.

Walaupun gerainya tidak terlalu luas, namun Indomaret terbilang cukup lengkap menyediakan produk kebutuhan sehari-sehari. Mulai dari bahan makanan, minuman, produk kecantikan, alat tulis, obat-obatan dan berbagai jenis produk lainnya. 

Selain itu, indomaret juga menyediakan berbagai pelayanan jasa seperti, pembelian tiket, pembayaran listrik, pembayaran untuk belanja online, BPJS dan masih banyak yang lainnya.

Nah, sebelum kita membahas mengenai pemilik indomaret, tidak ada salahnya jika kita mengulik lebih dalam terkait minimarket ini. Silahkan disimak.


Sejarah Berdirinya Indomaret

Pada awal berdirinya di tahun 1988, Indomaret hanya sebuah toko biasa yang menyediakan keperluan sehari-hari khusus untuk karyawan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan gaya hidup masyarakat yang lebih mengutamakan kualitas, kenyamanan dan keefisienan dalam berbelanja, maka terbentuklah jaringan minimarket Indomaret.

Indomaret menjadi waralaba mulai tahun 1997. Adanya sistem waralaba bisa menciptakan peluang kepada masyarakat untuk bekerja sama dan memiliki andil keuntungan dari minimarket tersebut. 

Sekarang ini, jaringan Indomaret berkembang sangat pesat, terbukti dengan berdirinya lebih dari 10.000 gerai atau toko Indomaret di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Kurang lebih 32% dari gerai tersebut adalah waralaba (franchise) dan sisanya 68% adalah milik perusahaan PT. Indomarco Prismatama.


Waralaba Indomaret

Waralaba/franchise adalah perjanjian dimana ada pihak yang mendapatkan hak pakai atau manfaat dari pihak lain dalam pengadaan dan penjualan barang maupun jasa. 

Indomaret adalah pelopor konsep waralaba atau franchise dalam bidang usaha minimarket khususnya di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan gelar sebagai Perusahaan Waralaba Nasional 2003 pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri.

Untuk memiliki hak waralaba Indomaret ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya adalah :

  1. WNI (warga negara Indonesia)
  2. Mengeluarkan biaya waralaba dan biaya lainnya untuk peralatan di dalam toko.
  3. Memiliki lokasi usaha berupa ruang atau bangunan yang disewa atau dimiliki sendiri
  4. Memiliki beberapa dokumen seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan dokumen lain yang disyaratkan untuk kelengkapan perizinan. 

Namun dalam operasionalnya, Indomaret akan tetap membantu dalam hal:

  1. Membantu mencari dan menentukan lokasi gerai atau toko Indomaret.
  2. Membantu membuat penganggaran biaya.
  3. Hal – hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari perekrutan sampai pembinaannya.
  4. Sistem promosi dan iklan.
  5. Mengatur sistem operasional dan keuangan (termasuk penggajian).
  6. Penataan ruangan dan pembelian peralatannya.


Siapa Pemilik Indomaret Sekarang

Siapa sosok dibalik lahirnya dan keberhasilan Indomaret? Indomaret merupakan jaringan ritel minimarket yang dikelolah PT. Indomarco Prismatama, anak perusahaan dari PT. Indoritel Makmur International Tbk (Bagian dari Salim Group) yang didirikan oleh Sudono Salim.

Kemudian dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Anthoni Salim. Nah, sekarang sudah tahu kan siapa pemilik Indomaret saat ini.


Struktur Organisasi di Indomaret (Gerai atau Toko)

Di setiap gerai atau toko Indomaret terdiri dari beberapa karyawan yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Minimal ada lima karyawan dalam satu toko. Mereka adalah kepala toko, wakil kepala toko, bagian stock, kasir, dan pramuniaga.

Adanya pemberian wewenang atau tanggu jawab yang jelas membuat setiap karyawan sadar akan tugasnya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Kepala toko bertugas mengurus administrasi, penjadwalan, membuat laporan termasuk mengawasi tugas sehari-hari karyawan. Sehingga seorang kepala toko harus pintar dan memiliki kemampuan dalam memimpin dan mengarahkan karyawannya agar selalu disiplin dalam bekerja.

Dalam hal tersebut wakil kepala toko bertugas membantu kepala toko dalam hal pengawasan dan sebagainya.


Tips Sukses Indomaret yang Bisa Kita Tiru

Menjamurnya toko indomaret hampir di seluruh Indonesia tentu saja tidak muncul begitu saja. Terdapat beberapa kiat khusus yang harus dijalankan Indomaret dalam mencapai kesuksesan tersebut.


Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor utama: Lokasi

Toko Indomaret terletak di lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau masyarakat. Misalnya, di sekitar area perkantoran, dekat kampus/sekolah, sekitar perumahan atau pinggir jalan poros.


2. Pelayanan yang baik

Hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan dalam sebuah bisnis adalah pelayanan konsumen. Salah satu kunci sukses Indomaret adalah sistem pelayanan yang sangat baik.

Contohnya adalah ucapan selamat datang dan selamat berbelanja yang diucapkan pada saat kita memasuki toko (walaupun hal tersebut terkadang membuat kita kaget dengan suara karyawaan yang bersamaan).

Pelayanan seperti itu mungkin saja terbilang sederhana tapi efeknya sangat positif. Konsumen merasa ada penghargaan kepada dirinya yang akan menimbulkan keinginan untuk kembali berbelanja.

Untuk mengoptimalkan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggannya, Indomaret memasang sistem check out dengan scanner pada bagian kasir. Dengan ada sistem tersebut, maka akan mempercepat transaksi.


3. Promosi dan iklan

Pemberian hadiah atau diskon yang merupakan bagian promosi juga sangat penting dalam sebuah bisnis. Indomaret biasanya memberikan diskon kepada pelanggan untuk produk tertentu.

Selain itu, Indomaret juga memberikan hadiah produk untuk pembelanjaan dengan jumlah tertentu atau menggunakan sistem poin. Semakin sering belanja, semakin banyak poinnya dan hadiah yang bisa didapatkan juga lebih bervariasi.

Hal seperti itu tentu saja menambah daya tarik pelanggan untuk berbelanja di indomaret, khusus kaum wanita yang sangat senang jika memperoleh diskon dan hadiah.


4. Efisiensi waktu belanja

Waktu adalah uang. Banyak yang menganut motto tersebut termasuk Indomaret, sehingga menerapkan sistem pelayanan yang cepat. Jika kita berbelanja di Indomaret hampir tidak pernah mengantri, kalapupun mengantri hanya beberapa menit dan sangat jarang.

Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang yang memilih berbelanja di Indomaret.


Sumber :

https://www.anakdagang.com/siapa-pemilik-indomaret-saat-ini/

No comments:

Post a Comment

Related Posts