Tuesday, July 7, 2020

Bagaimana Memulai Bisnis Konsultasi

Bagaimana Memulai Bisnis Konsultasi - Dengan Penghasilan Tinggi


Apakah Anda ingin tahu bagaimana memulai bisnis konsultasi? Bagi banyak profesional, jasa konsultasi terdengar seperti pilihan karir yang menarik. Ada banyak fleksibilitas dalam bekerja dan bisa jadi dengan gaji tinggi. Dalam beberapa kasus, ada juga banyak perjalanan yang terlibat.

Tapi apa artinya menjadi konsultan, dan bagaimana Anda tahu apakah itu tepat untuk Anda? Panduan ini memberikan gambaran umum tentang konsultasi, pro dan kontra, Pilihan jalur karier Anda sebagai konsultan, dan apa yang diperlukan untuk menjadi konsultan berpenghasilan tinggi.

Start a Consulting Business

Apa yang Konsultan Lakukan?
Umumnya, konsultan adalah penasihat yang dipekerjakan oleh bisnis sehingga mereka dapat mencapai tujuan tertentu. Karena apa yang berada dalam ranah "konsultan" tidak jelas, konsultan dapat membantu bisnis dalam hampir semua aspek operasi mereka, apakah itu efisiensi, keuntungan, atau penjualan.

Mereka bahkan dapat membantu dalam area yang kurang berorientasi bisnis seperti desain, moral, pengembangan pribadi karyawan, kreativitas, dan keragaman perusahaan. Besarnya peluang dibidang konsultasi mungkin adalah salah satu alasan mengapa ini adalah pilihan karir yang menarik bagi banyak profesional. Di Amerika Serikat, untuk konsultasi manajemen saja, ada lebih dari 700.000 pekerjaan, sebuah angka yang diproyeksikan tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada kebanyakan pekerjaan.

Meluncurkan bisnis konsultasi memiliki keuntungan yang adil. Konsultan sering memiliki otonomi untuk memilih proyek dan klien mereka sendiri, sehingga memungkinkan mereka mengatasi masalah dan tantangan yang mereka anggap paling menarik. Margin keuntungan juga bisa tinggi, karena Anda akan menyediakan keahlian yang tidak dimiliki klien Anda di rumah, ditambah biaya operasional bisa rendah jika Anda tidak memerlukan terlalu banyak staf tambahan atau peralatan.

Tapi ada beberapa biaya yang harus dibayar untuk keuntungan ini. Karena konsultasi bisa menarik begitu banyak orang, dan ini bisa sangat kompetitif. Ini akan membutuhkan banyak usaha untuk bisa menonjol dari konsultan lain dengan layanan serupa. Ini artinya akan sulit mendapatkan arus klien yang konsisten.

Selain itu, sama seperti bisnis lainnya yang anda memulai sendiri, pada awalnya Anda harus melakukan banyak kerja keras diluar dari pekerjaan itu sendiri. Bersiaplah untuk menjawab telepon, jadilah satu-satunya tenaga penjual, berikan dukungan klien, dan jadilah Kepala Pemasaran juga. Bersiaplah untuk menginvestasikan waktu berjam-jam, paling tidak selama awal bisnis konsultasi Anda.


Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Konsultan
Ada beberapa persyaratan khusus untuk menjadi konsultan, tapi Anda akan melihat bahwa kebanyakan dari syarat tersebut bersifat informal atau dapat dicapai dengan beberapa pelatihan. Berikut adalah beberapa kualifikasi dan keterampilan yang Anda perlukan sebelum memulai:

Keahlian yang berharga. Karena Anda akan memanfaatkan keahlian Anda, pasti ada sesuatu di latar belakang dan pengalaman Anda yang membuktikan nilai yang akan Anda berikan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi konsultan keragaman perusahaan, apakah Anda memiliki latar belakang sosiologi atau antropologi atau, paling tidak, apakah Anda memiliki pengalaman dalam program keragaman? Jika Anda berencana untuk bekerja sebagai konsultan penjualan, apakah Anda memimpin tim penjualan dan apakah Anda memiliki pengalaman dalam meningkatkan penjualaan hingga mencapai angka yang signifikan? Apakah Anda menulis buku tentang masalah yang klien anda miliki? Meskipun Anda tidak perlu memiliki gelar tertentu untuk sebagian besar pekerjaan konsultasi, Anda harus memiliki setidaknya beberapa bukti bahwa Anda memiliki keahlian untuk menyumbangkan sesuatu yang berharga bagi klien Anda.

Pengetahuan tentang praktik bisnis. Bahkan jika Anda berencana untuk mengerjakan proyek yang tidak berdampak langsung pada operasi bisnis, memahami bagaimana bisnis tertentu bekerja memungkinkan Anda mengarahkan kebutuhan klien Anda dengan lebih seksama. Anda akan mengerti bagaimana berbagai departemen bekerja satu sama lain, bagaimana hierarki biasanya berinteraksi, dan memperkirakan potensi masalah yang akan mengganggu usaha Anda.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan untuk berkomunikasi dengan klien Anda. Anda akan mengelola harapan mereka, membujuk mereka untuk menerima solusi Anda, dan berinteraksi dengan banyak individu dan departemen yang berbeda. Kesalahpahaman tunggal dapat menyebabkan banyak kerusakan, tidak hanya untuk proyek Anda, tapi juga untuk bisnis klien Anda. Karena itu, konsultan perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama kemampuan menyesuaikan gaya komunikasi mereka tergantung konteks dan mediumnya.

Soft skill. Keterampilan lainnya diperlukan untuk menjalankan bisnis konsultasi dan bekerja dengan klien Anda, termasuk negosiasi, kolaborasi, dan organisasi. Anda akan memanfaatkan keterampilan ini secara teratur sepanjang perjalanan karir Anda.

Sertifikasi yang relevan. Beberapa konsultan memerlukan kredensial formal, baik sebagai persyaratan atau cara opsional untuk membuktikan keahlian mereka. Misalnya, konsultan manajemen bisa mendapatkan kualifikasi Konsultan Manajemen Bersertifikat, jika memenuhi kriteria seperti memiliki setidaknya lima rekomendasi klien, gelar sarjana, dan lulus tes tertulis dan lisan tertentu. Sewaktu Anda merencanakan bisnis konsultasi Anda, buat catatan tentang kredensial formal yang akan Anda perlukan saat Anda memulai bisnis.


Cara Memulai Konsultasi
Sekarang setelah Anda lebih mengenal bagaimana bisnis konsultasi bekerja, inilah langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk memulai begitu Anda memutuskan bahwa konsultasi adalah jalan yang tepat untuk Anda.

1. Pilih pangsa pasar yang sesuai untuk anda
Ketika Anda pertama kali mempertimbangkan untuk memulai bisnis konsultasi, Anda mungkin sudah memiliki beberapa target posisi dalam benak anda. Pangsa pasar ini akan menjadi industri tempat Anda bekerja, termasuk jenis layanan yang akan Anda tawarkan dan klien yang akan Anda miliki. Biasanya, sebaiknya mulai dengan layanan yang sudah Anda ketahui dan alami, sehingga Anda bisa mulai bekerja sesegera mungkin. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki di industri pilihan Anda, semakin cepat Anda bisa memulai.

Jika Anda memerlukan beberapa gagasan tambahan, berikut beberapa bidang konsultasi yang bisa Anda masuki:

Konsultasi manajemen
Penjualan
Teknologi informasi, web, dan komputer
Hubungan masyarakat dan pemasaran
Keuangan dan akuntansi
Sumber daya manusia
Bisnis intelijen dan data
Konsultan proses bisnis
Seperti untuk memilih target klien Anda, cobalah untuk membuat persona pembeli yang menggambarkan karakteristik pembuat keputusan yang Anda rencanakan untuk menjual layanan Anda. Dokumen ini akan mengarahkan langkah selanjutnya, karena ini akan memberi Anda gagasan bagus tentang siapa target klien Anda dan apa potensi kebutuhan mereka.


2. Rencanakan Penawaran dan Harga Penawaran Anda
Setelah memilih target industri, Anda dapat mempersempit layanan yang akan Anda berikan, jenis masalah yang ingin Anda selesaikan untuk klien, dan sasaran yang akan Anda bantu mereka capai. Anda kemudian dapat membuat penawaran layanan yang menguraikan jenis tugas atau proyek yang dapat Anda lakukan untuk klien target Anda.

Sedangkan untuk penetapan harga, lebih dari sekedar menghitung jumlah yang akan Anda bayar, Anda juga perlu mengetahui model yang akan digunakan, entah itu berdasarkan proyek, tugas, jam, pengikut, atau kombinasi dari lebih dari satu model biaya. Untuk mengetahui tingkat awal dan model yang dapat Anda gunakan, ada banyak sumber harga di sini di Envato Tuts+, yang memberi Anda kiat untuk mengusulkan dan menegosiasikan harga Anda.


3. Dapatkan Klien Pertama Anda
Berusaha memikirkan kebutuhan semua klien target pada langkah awal akan menjadi tidak efektif. Karena itu, pada awal karir konsultasi Anda, fokus hanya untuk mendapatkan dua atau tiga klien pertama Anda.

Dengan berfokus pada mendapatkan beberapa klien pertama, usaha dan waktu Anda akan diinvestasikan untuk menghasilkan penjualan dan membangun hubungan pertama Anda dengan pelanggan. Ini akan mencegah Anda dari terlalu banyak memiliki focus pekerjaan yang sering menjadi kecenderungan umum bagi pengusaha yang mencoba untuk mendapatkan usaha baru dari lapangan.


Sumber :
https://business.tutsplus.com/id/tutorials/how-to-start-a-consulting-business-with-high-earnings--cms-26523

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

Related Posts