3 Hal Penting yang Perlu Diingat Saat Berbisnis "Online"
Modal kecil dan waktu yang sedikit tak menghalangi wanita untuk dapat berbisnis menambah penghasilan. Media sosial seperti Instagram, saat ini dapat menjadi salah satu pilihan yang membantu lancarnya jalan bisnis sampingan Anda. Pasalnya, media yang mengedepankan sisi visual ini sekarang menjadi yang paling efektif serta efisien untuk menjajakan sebuah produk. Namun, tak dapat dipungkiri, dengan menjamurnya online store di media sosial, kompetisi usaha kian meningkat pula. Selain harga tentunya ada beberapa strategi lain yang perlu dilakukan agar sebuah online store dapat terus diminati dan ramai konsumen.
Windy Riswatyo, seorang wanita karier sekaligus founder dari bisnis scarf yang dipasarkan lewat Instagram, Choronicles Indonesia, dalam talkshow "Momspreneur by Astra Life" yang diselenggarakan oleh blibli.com di Grand Indonesia (23/5/2015), mengungkapkan adanya beberapa hal penting yang patut diperhatikan untuk memulai sebuah usaha online. Berikut uraiannya:
1. "Cara paling mudah pertama kali, adalah memastikan kalau visualnya bagus dengan estetika yang menarik," ujar Windy. Penataan, pencahayaan, sudut, komposisi warna, termasuk logo menjadi hal penting saat menjajakan produk di media sosial seperti Instagram. Windy juga menambahkan, bahwa sangat penting foto yang diunggah tidak jauh berbeda seperti produk aslinya.
2. Yang tak kalah penting menurut Windy adalah bahasa yang digunakan. "Bahasa yang baik penting agar brand yang dipasarkan terlihat profesional," ujarnya. Lebih lanjutnya, sarana promosi dengan spamming atau berkomentar promosi pada akun yang memiliki banyak followers, sebenarnya malah menurunkan pamor brand.
Windy menyarankan, ada baiknya promosi dilakukan dengan cara endorsement ketimbang spamming. "Tip berikutnya adalah originalitas. Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh para kompetitor, karena konsumen saat ini sangat pintar, hingga akhirnya terjadi perbandingan dan yang menonjolkan sisi originalitas-lah yang diminati" ujar Windy.
3. Sarana promosi yang menurut Windy sangat efektif adalah dengan menggunakan hashtag atau tanda tagar yang spesifik. "Semakin spesifik hashtag makan akan membuat foto produk kita terus berada di atas dan memudahkan siapapun untuk mencarinya," ujar Windy yang produk scarf-nya banyak dikenakan oleh selebriti papan atas.
Sumber :
http://female.kompas.com/read/2015/05/26/140000020/3.Hal.Penting.yang.Perlu.Diingat.Saat.Berbisnis.Online.
Thursday, June 4, 2015
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Dari Ide Sederhana Menjadi Raksasa Air Minum Nasional Ketika berbicara tentang air minum dalam kemasan di Indonesia, nama Aqua hampir selal...
-
Job Hugging: Ketika Pekerjaan Menjadi Pelukan Nyaman yang Menjebak Dalam dunia kerja modern, banyak orang merasa aman ketika sudah memiliki ...
-
Ada lima hal yang menandakan Anda telah bersikap profesional dalam berargumentasi. 1. Hargai perbedaan pendapat Ada banyak orang yang ...
-
Dalam kehidupan sehari-hari, individu dapat dikelompokkan ke dalam tiga tipe berdasarkan cara mereka menghadapi tantangan dan tugas: Critic ...
-
Dalam pemasaran, sebuah produk tidak hanya sekadar barang atau jasa yang dijual, tetapi memiliki nilai yang lebih dalam bagi pelanggan. Kons...
No comments:
Post a Comment