Friday, October 10, 2014

Tips Kuliah Sambil Bekerja


Mendapatkan tambahan uang saku di saat-saat masih studi adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Keuntungan yang didapat tidak hanya finansial tetapi juga pengalaman. Namun juga perlu diingat jika memiliki pekerjaan sampingan di saat menjalankan studi juga memiliki resiko yang tinggi.

Salah satu akibatnya ialah tidak sedikit mahasiswa yang lebih tergiur dengan pendapatan kerja sampingan sehingga justru menjadikan kuliahnya sebagai pekerjaan sampingan. Karena studi telah menjadi nomor dua maka tidak sedikit pula yang justru tidak berhasil menyelesaikan studinya atau bahkan memutuskan untuk keluar. Sesuatu hal yang sungguh sangat disayangkan.

Berikut ini tips supaya pekerjaan sampingan tidak mengganggu studi.

1. Selalu fokus dengan tujuan awal

Doktrin pikiran kita jika kuliah adalah tujuan utama. Selama tujuan dipegang teguh maka tidak akan ada masalah yang signifikan yang timbul akibat pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan akan menjadi sebuah faktor yang mendorong motivasi untuk segera menyelesaikan studi lebih cepat.

2. Pengaturan waktu yang baik

Biasakan untuk memiliki pengaturan (time management) yang baik untuk mengatur kapan harus bekerja dan studi. Berikan proporsi yang seimbang antara bekerja dan belajar, akan lebih baik jika proporsi diberikan lebih banyak untuk belajar.

3. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu

Pilihlah pekerjaan yang seirama dengan bidang ilmu karena pengalaman bekerja selama kuliah akan memberikan dampak yang positif di saat melamar pekerjaan kelak.

4. Selalu berinteraksi dengan lingkungan kampus

Jangan putuskan komunikasi dengan lingkungan kampus meskipun memiliki tambahan kesibukan pekerjaan tambahan di luar. Komunikasi dengan lingkungan kampus secara psikologis akan mampu menjadi alat untuk menyadarkan diri jika masih berstatus mahasiswa. Selalu update dengan perkembangan kampus supaya tidak menjadi korban akibat tertinggal informasi yang penting berkaitan dengan perkuliahan.


Sumber :
http://tipsdansolusi.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts